fellowship- jalan-jalan

10 Tempat Wisata Bersejarah di Kanada, Negara yang Punya UFO Landing Pad

Pernahkan kamu terlintas untuk jalan-jalan ke Kanada? Kanada merupakan negara terluas di dunia setelah Rusia dan berada di sebelah utara benua Amerika. Negara dengan nama asli Dominion Canada ini merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya. Kanada berdiri pada tahun 1867 dan beribu kota di Ottawa. Negara yang terkenal karena memiliki UFO landing pad ini memiliki dua bahasa resmi yaitu Inggris dan Perancis.

Sebagian besar (sebanyak 75 persen) penduduk Kanada yang menggunakan bahasa Perancis tinggal di provinsi Quebec, di bagian timur Kanada, namun hal ini tidak pasti karena masih banyak masyarakat yang berbicara bahasa Perancis dimana-mana. Menurut PBB dan Unit Inteligen Ekonomi (Economist Intelligence Unit), Kanada dinyatakan sebagai salah satu dari 10 tempat terbaik di dunia untuk tinggal sejak tahun 1994.

Kanada secara khusus mendapatkan nilai tinggi, hal ini dapat dilihat dari akses pendidikan, harapan hidup yang lebih tinggi (karena sistem Universal Health Care), serta tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah. Selain itu, kota-kota terbesar Kanada seperti Vancouver, Toronto, dan Montreal telah diakui sebagai kota-kota kelas dunia untuk hidup dan bekerja. Kali ini Meddy ingin mengajak kalian melihat 10 tempat wisata di Kanada.

Baca juga: Tertarik Belajar Di Qatar? Yuk, Simak 7 Fakta Unik Mengenai Negara Qatar!

Tempat jalan-jalan Di Kanada Ini Miliki Nilai Sejarah

Kanada merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki banyak keindahan alam. Penduduk Kanada yang selalu ramah kepada orang lain membuat para wisatawan merasa nyaman berkunjung ke negara ini. Bagi sahabat Meddy yang tertarik dengan tempat-tempat bersejarah di Kanada, ada baiknya simak artikel berikut ini.

1. Ninstints

SG̱ang Gwaay Llanagaay atau yang biasa disebut Ninstints merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di Kepulauan Haida Gwaii, Provinsi British Columbia. Ninstints berasal dari bahasa Inggris yang artinya perkampungan Suku Haida. Suku Haida sendiri merupakan suku asli dari menempati area antara Alaska dan Bristish Columbia. Di tempat wisata yang satu ini, sahabat Meddy dapat melihat berbagai Totem Poles dari Suku Haida. 

2. Fairmont Le Chateau Frontenac

Fairmont Le Château Frontenac sering disebut sebagai Château Frontenac adalah sebuah hotel bersejarah yang berada di Quebec City, Quebec, Kanada. Hotel yang terletak di Old Quebec ini didirikan oleh perusahaan Canadian Pacific Railway dan dikelola oleh Fairmont Hotels and Resorts. Tempat wisata yang satu ini dibuka pada tahun 1893. Château Frontenac memiliki 611 kamar dan suite. Delapan suite memiliki tema khusus seperti Trudeau-Trudeau Suite yang berasal dari nama dua Perdana Menteri Kanada, Pierre Elliott Trudeau dan Justin Trudeau. Selanjutnya terdapat Churchill Suite serta Roosevelt Suite yang merupakan dua suite yang dinamai berdasarkan peserta Konferensi Quebec Pertama dan Kedua yaitu Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt.

Salah satu hal yang menarik yaitu hotel ini memiliki program Bee Sustainable. Château Frontenac memiliki sarang empat lebah madu ratu di taman atap hotel. Madu tersebut dipanen tiga kali setahun dan digunakan oleh restoran hotel. Hotel ini bahkan memiliki hampir 70.000 lebah madu yang mampu memproduksi 295 kilogram (650 lb) madu per tahun. 

Baca juga: 3 Universitas Terbaik Dan Tertua Di Australia, Rekomendasi Pelajar Indonesia

3. Benteng Quebec

Benteng Quebec atau yang nama lainnya La Citadelle dibangun pada 1800-an oleh seorang insinyur militer Inggris. Bangunan ini terletak di dekat Dataran Abraham dan menjadi National Historic Site of Canada. Benteng Quebec juga masuk ke dalam daftar Québec National Historic Site of Canada. Mewakili benteng militer terbesar di Kanada, saat berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini sahabat Meddy akan dengan mudah mengingat masa lalu militer kota yang kaya. Situs ini menerima sekitar 200.000 pengunjung setiap tahunnya.

4. Parliament Hill

Salah satu tempat wisata bersejarah yang tidak boleh sahabat Meddy lewatkan saat berada di Kanada yaitu Parliament Hill. Parliament Hill atau yang dalam biasa dikenal sebagai The Hill merupakan sebuah gedung yang berdiri pada tahun abad ke-19 dengan gaya Neo-Gothic. Saat ini gedung tersebut dipakai sebagai gedung pemerintahan Kanada dan sebagai pusat politik, budaya, dan negara tersebut.

Gedung Parliament Hill memiliki bentuk yang klasik dan megah, hal ini tentu saja menarik minat para wisatawan untuk datang dan melihat langsung. Awalnya gedung ini dipakai sebagai pusat kegiatan militer pada abad ke-18 yang kemudian pada tahun 1859 berubah fungsi menjadi tempat kegiatan pemerintahan.

Keindahan The Hill

Bagian kanan dan kiri The Hill diapit oleh dua bangunan yang dipakai sebagai kantor. Kedua bangunan tersebut memiliki bentuk yang sama. Di depannya terdapat halaman yang biasa dipakai sebagai tempat berkumpul para warga. Di halaman tersebut juga terdapat sebuah kolam kecil yang dapat mengeluarkan api di bagian tengahnya. Api tersebut dikelilingi oleh lambang dari ke-13 provinsi di Kanada. Saat berkunjung ke Parliament Hill, sahabat Meddy juga dapat menyaksikan keindahan Ottawa River karena tempat wisata sejarah yang satu ini letaknya berdekatan dengan Ottawa River.

5. Jalan-jalan ke Old Quebec

Selanjutnya ada Old Quebec masuk ke dalam daftar UNESCO sejak tahun 1968 dan menjadi salah satu tempat bersejarah di Kanada. Kota tua yang berlokasi di Quebec ini menjadi saksi dalam peradaban Perancis di Amerika Utara, dengan banyaknya bangunan-bangunan tua cantik Perancis, abad ke 17. Tempat ini dibagi menjadi dua area, yakni Upper Town dan Lower Town.

Struktur bangunan

Lower Town diisi oleh bangunan-bangunan dengan gaya Perancis abad ke-17 dan abad ke-18 yang terletak di sepanjang Sungai St. Lawrence adalah kota bersejarah dan rumah bagi Fairmont Le Château Frontenac yang megah. Sementara itu, Upper Town berisi berbagai bangunan abad ke-19 dan bertengger di tebing setinggi 100 meter. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Benteng, Dataran Abraham, Place d’Armes, serta Parque Historique de l’Artillerie. Old Quebec adalah salah satu kawasan bersejarah paling populer di Kanada dan memiliki industri pariwisata yang berkembang pesat. Cocok sebagai destinasi jalan-jalan mu!

6. Chambly Canal

Chambly Canal adalah tempat wisata bersejarah selanjutnya yang tidak boleh sahabat Meddy lewatkan saat sedang jalan-jalan di Kanada. Tempat ini merupakan Jalur air yang membentang di sepanjang Sungai Richelieu di Quebec. Pembangunan Chambly Canal dimulai pada tahun 1831, namun lokasi wisata ini baru mulai dibuka tahun 1843. Kanal Chambly dulunya merupakan rute perdagangan komersial yang utama antara Kanada dan AS, namun setelah Perang Dunia I menyusut dan perdagangan juga mulai berkurang, tempat ini sebagian besar diubah menjadi lokasi wisata. 

7. Jalan-jalan ke Dataran Abraham

Dataran Abraham merupakan sebuah area bersejarah yang terletak di Quebec, Kanada. Area ini merupakan lokasi pertempuran Plains of Abraham yang terjadi pada 13 September 1759. Pertempuran Dataran Abraham juga dikenal sebagai Pertempuran Quebec. Pertempuran ini berlangsung selama tujuh tahun dan menjadi bagian dari Seven Years Perang. Hal utama dari pertempuran ini yaitu perebutan keunggulan global antara Inggris dan Prancis di abad ke-18. Disini sahabat Meddy dapat berkunjung ke Museum Dataran Abraham. Museum Dataran Abraham memiliki pameran dari pertempuran, khususnya dari pertempuran tahun 1759 dan 1760. Museum ini bertugas sebagai pintu gerbang untuk menemukan salah satu taman kota bergengsi dan bersejarah di Kota Quebec. 

8. Kanal Rideau, Destinasi Jalan-jalan Yang Indah

Kanal Rideau juga dikenal dengan nama Rideau Waterway. Lokasi wisata yang diambil dari bahasa Perancis ini memiliki panjang 202 kilometer dan menghubungkan ibu kota Kanada Ottawa, ke Danau Ontario dan Sungai Saint Lawrence di Kingston.

Sejarah nama ‘Rideu’

Nama Rideau sendiri berasal dari bahasa Perancis untuk “tirai”, alasannya yaitu karena penampilan Kanal Rideau yang seperti tirai air terjun kembar. Kanal Rideau dibuka pada tahun 1832. Pembuatan Kanal Rideau pada masa itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Kanal Rideau memiliki peran militer dimana kanal ini juga berfungsi sebagai pertahanan terhadap kemungkinan serangan musuh. Setelah Perang Dunia Pertama selesai, lalu lintas komersial yang berada di Rideau menjadi hilang. Lokasi ini menjadi tidak lagi berfungsi sebagai tujuan militer. 

Namun, sebelum lalu lintas di Rideau sepenuhnya turun sebuah peran baru bagi tempat ini sudah muncul. Dengan adanya keindahan alam membuat tempat ini mulai berkembang menjadi lokasi wisata. Cocok untuk tempat jalan-jalan. Pada akhir abad ke-19, hotel dan pondok pribadi mulai dibangun di sepanjang kanal. Selanjutnya, kanal Rideau dinyatakan sebagai national historic oleh Historic Sites and Monuments Board of Canada dan berhasil menarik pengunjung setiap tahunnya.

9. Fort Henry

Fort Henry masuk  kedalam situs budaya UNESCO sejak tahun 2007. Bangunan ini berlokasi di Kingston, Ontario. Fort Henry berada di percabangan antara Sungai St. Lawrence dan Cataraqui yang menghadap ke Danau Ontario. Fort Henry aslinya dibangun di atas Point Henry selama Perang dari tahun 1812 sampai tahun 1814. Perang ini merupakan sebuah konflik yang terjadi antara Britania Raya (Kanada menjadi koloni Inggris pada saat itu) dan Amerika Serikat. Tujuan dari dibuatnya Bangunan ini yaitu untuk melindungi galangan kapal Inggris dari kemungkinan serangan Amerika Serikat usai Revolusi Amerika. Selain itu, benteng ini juga berfungsi untuk mengontrol perjalanan kapal dari Danau Ontario ke Sungai St. Lawrence. 

10. Old Town Lunenburg

Selain Old Quebec, Old Town Lunenburg juga menjadi salah satu lokasi wisata di Kanada yang wajib sahabat Meddy kunjungi. Dibangun pada tahun 1753, kota tua yang satu ini berhasil masuk ke dalam daftar Situs Budaya UNESCO. Penduduk sekitar telah menjaga identitas kota selama berabad-abad dengan melestarikan arsitektur kayu rumah-rumah dan bangunan umum, beberapa di antaranya berasal bahkan dari abad ke-18 dan merupakan contoh yang sangat baik dari tradisi arsitektur yang berkelanjutan. Saat berkunjung ke Old Town Lunenburg, sahabat Meddy akan diperlihatkan dengan berbagai desain arsitektur yang sangat unik. 

Baca juga: Sering Menang Penghargaan Kuliner! Intip 10 Masakan Khas Peru Berikut Ini

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai tempat wisata bersejarah di Kanada, kira-kira sahabat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Kanada? Dengan banyaknya fakta unik mengenai negara Kanada serta gabungan dari perkotaan dan pemandangan alam yang bisa dilihat setiap hari, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top