internasional

14 Bahasa Ini Digunakan Sebagai Bahasa Internasional, Ada Bahasa Indonesia Juga?

Ternyata Ini 14 Bahasa yang Sering Digunakan Sebagai Bahasa Internasional, Kamu Bisa Pasti Menguasainya!

Halo Sobat Meddy! Apakah kamu sedang ingin pergi ke luar negeri, tapi bingung harus menguasai bahasa apa saja? Nah, di Artikel kali ini kita akan membahas tentang 14 bahasa yang digunakan sebagai Bahasa Internasional. Kamu bisa mempelajari bahasa-bahasa ini dalam rangka mempersiapkan diri kamu ketika kamu ingin memperjuangkan beasiswa kuliah kamu. Apa saja bahasa internasional yag bisa kamu kuasai? Cek informasi selengkapnya di bawah ini ya.

14 Bahasa Internasional Ini Kunci Kamu Menguasai Dunia loh!

Sobat Meddy, mungkin kamu sering mendengar bunyi slogan “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing”. Nah, dari kalimat ini kita bisa mehamai kalau Sobat Meddy ingin bergaul di kancah Internasional, maka kuasailah satu bahasa internasional. Tapi, setelah menguasai bahasa Asing, kamu juga harus tetap mengutamakan Bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah mu, dengan begitu cakrawala berbahasa kamu akan semakin luas.

Berikut Daftar 14 Bahasa yang Sering Digunakan Sebagai Bahasa Internasional

Untuk Sobat Meddy yang sudah penasaran untuk mengetahui 10 Bahasa yang digunakan sebagai Bahasa Internasional, Yuk bareng Meddy kita simak pengetahuan ini untuk menambah motivasi diri. Apa saja 10 Bahasa tersebut? Berikut Daftarnya:

1. Bahasa Inggris

internasional

Sobat Meddy, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bahasa Inggris. 60 negara di berbagai belahan dunia bahasa resminya adalah bahasa Inggris. Tentu keberhasilan bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional atau Bahasa Dunia ini dampak dari sejarah, yaitu Inggris menginvasi banyak negara di dunia.

2. Bahasa Mandarin

internasional

Selain Inggris, ternyata keberadaan Republik Rakyat Tiongkok atau Cina yang besar dan massive dalam kegiatan ekonomi, mampu membawa Bahasa Mandirin menjadi Bahasa Internasional. Bahasa Mandarin merupakan Dialek Bahasa Tionghoa yang dituturkan di sepanjang utara dan barat daya negeri tersebut. Secara wilayah, Bahasa Mandarin ini dimengerti secara luas di sebagian besar bagian Utara dan Barat Daya Tiongkok.

3. Bahasa Rusia

internasional

Nah, kalau sebelumnya Meddy mengira kalau alfabet Rusia ini cukup membuat Meddy rumit, ternyata menurut beberapa informasi, ada sekitar 235 juta orang di dunia bisa berbicara bahasa Russa. Dan teryata bahasa Rusia juga menjadi bahasa resmi di negara-negara yang dulunya berada di Uni Soviet, diantaranya Ukraina, Armenia, Kazakhstan, Latvia, Uzbekistan dan Lithuania.

4. Bahasa Hindi

internasional

Ketiga adalah Bahasa Hindi atau Bahasa India, bahasa ini menjadi bahasa ketiga yang paling banyak penuturnya, sekitar 615 jutaan orang. Dinegaranya sendiri, bahasa resminya adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Hindi itu sendiri. Menjadi penutur yang terbanyak karena India juga merupakan salah satu negara yang jumlah populasinya terbesar di dunia.

5. Bahasa Spanyol

internasional

Negara yang memiliki julukan negara matador ini mempunyai Bahasa Spanyol yang ternyata masuk ke bahasa resmi di beberapa negara seperti Meksiko, El Salvador, Chile dan Argentina. Fakta menariknya, Bahasa Spanyol lahir karena interaksi antara orang Celtic yang berbahasa Celtic dengan orang Romawi yang berbahasa Latin. Ternyata kurang lebih ada 420 juta orang di dunia yang menyukai berbicara Spanyol loh. Kamu termasuk?

6. Bahasa Jerman

internasional

Siapa yang nggak kenal dengan istilah Deutschland, yang artinya merujuk kesuatu negara yaitu Jerman. Bahasa Jerman juga merupakan anggota Bahasa Jermanik Barat yang digunakan sebagai bahasa pengantar di Kawasan Eropa Tengah. Bahasa ini selain populer di dunia, juga menjadi bahasa resmi di Swiss, Belgia, Austria, Liechtenstein dan Luksemburg.

7. Bahasa Prancis

internasional

Prancis, apa yang langsung Sobat Meddy bayangkan? kalau Meddy membayangkan Pasta dan Effeil dan sambil mahir berbahasa Prancis. Bahasa Prancis atau la langue français le juga merupakan bahasa paling penting dari rumpun bahasa Roman setelah Bahasa Spanyol dan Portugis. Tertarik bisa Bahasa Prancis?

8. Bahasa Portugis

intenasional

Selanjutnya, ada Bahasa Portugis. Berdasarkan informasi yang ada, terdapat 235 juta yang bisa bicara bahasa Portugis, tetapi dahulunya mampu dalam Bahasa Romawi. Bahasa ini menjadi bahasa resmi di negara Portugal, Brazil, Timor Leste, Angola dan beberapa negara disekitarnya.

9. Bahasa Korea

intenasional

Nah, yang ke-9 adalah Bahasa Korea. Menurut Meddy ini adalah hal wajar, mengingat banyaknya orang yang menyukai budaya Korea atau hal-hal lain yang menyangkut Korea. Meksipun, Meddy rasa untuk melafalkan Bahasa Korea ini cukup sulit, tapi banyak juga Bahasa Korea di ucapkan denga baik di Korut maupun Korsel, bahkan sampai ke China, Jepang, Amerika dan Rusia.

10. Bahasa Urdu

intenasional

Apakah kamu pernah mendengar Bahasa Urdu? Bahasa ini merupakan bahasa termuda dari cabang Indo-Arya. Bahasa ini juga dikenal dengan sebutan Urdu Zabaan yang berasal dari bahas Turki “Ordu” yang berarti camp atau tenda. Diperkirakan akar bahasa Urdu ini dari bahasa Khari Boli yang ditutur oleh penduduk Kota New Delhi yang diakui sebagai bahasa minoritas Uni Emirat Arab.

11. Bahasa Arab (Standar)

intenasional

Apa yang dimaksud dengan Bahasa Arab Standar? yaitu Bahasa Arab yang lebih ke baku modern, tulisannya modern. Bahasa Arab yang Standar adalah merujuk pada varietas baku, sehingga dalam Kesastraan Bahasa Arab ini berkembang di awal abad 20.

12. Bahasa Indonesia

indonesia

Taraa! ternyata Bahasa Indonesia juga termasuk Bahasa Internasional. Dengan penutur 260 Juta, Bahasa Indonesia mulai dipelajari oleh orang-orang sekitar Tanah Air kita dan dipelajari oleh bangsa lainnya. Jadi, Mari gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ya!

13. Bahasa Bengali

intenasional

Nah, kalau bahasa yang ini merupakan bahasa yang sering banget diucapkan di India. Ada 233 juta orang berkomunikasi dengan Bahasa Bengali yang menjadi bahasa resminya negara Bangladesh, Sierra Leone, Amerika dan Timur Tengah.

14. Bahasa Jepang

internasional

Sebagai negara maju, Jepang sudah banyak yang beropini kalau Bahasa Jepang menjadi Bahasa Internasional berikutnya. Ternya penutur Nihongo ini lumayan banyak loh! Juga sering digunakan oleh imigran Taiwan, China, Filipina, Brazil dan Korea. Yuk, buat kamu pecinta negeri Sakura ini perdalam lagi kemampuan kamu ya!

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan tentang 14 Bahasa yang sering digunakan sebagai Bahasa Internasional. Semoga Sobat Meddy dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan sekaligus mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa internasional ya. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu mau. Semangat!

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar, khususnya tentang Info Beasiswa Terkini, Terupdate dan Terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Mediamaz Scholar yaa. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top