Program studi di Jepang yang Harus Diketahui dan Kuasai Pelajar Internasional

3 Program Studi di Jepang yang Banyak Diminati Pelajar Internasional

Banyak pendatang yang pergi ke Jepang karena kebudayaannya yang menarik, tingkat keamanan yang tinggi dan makanan yang lezat. Jepang juga merupakan salah satu negara yang paling maju di dunia dalam hal teknologi. Selain itu mereka juga dikenal akan bisnis yang inovatif, teknologi, penelitian, serta tingkat aksara yang tinggi. Fokus negara ini terhadap pendidikan tidak hanya membuat negara tersebut sukses secara global, tetapi juga menawarkan kesempatan tak terhingga bagi mereka yang ingin kuliah ke Jepang. Berikut ini hanyalah 3 program studi di Jepang yang harus diketahui mahasiswa internasional.

Alasan Kuliah di Jepang

Berikut ini beberapa alasan kenapa sobat Meddy wajib mempertimbangkan Jepang sebagai negara tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Jepang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas. Hal ini terlihat karena universitas – universitas terbaik di dunia, lima di antaranya masuk dalam peringkat top 100 di dunia oleh QS World University Rankings.
  2. Tahun 2008, Jepang menerbitkan “300,000 International Students Plan” untuk menjadikan Jepang lebih terbuka bagi mahasiswa internasional dengan cara mengembangkan program studi internasional.
  3. Jepang merupakan negara yang kaya akan budaya. Hal ini tidak akan membuat sobat Meddy bosan.
  4. Pemerintah Jepang mengumumkan kebijakan untuk membantu mahasiswa internasional mencari pekerjaan dengan cara memberikan universitas informasi magang dan lowongan kerja yang dikhususkan bagi para mahasiswa internasional.

Pilihan Akomodasi di Jepang

Sobat Meddy tertarik kuliah di Jepang tapi bingung mau tinggal dimana? Meddy bisa bantu kamu. Jika sobat Meddy memilih kuliah di Jepang, maka berikut ini merupakan beberapa akomodasi yang bisa kamu pilih.

  • Asrama merupakan pilihan pertama. Dengan memilih asrama, maka sobat Meddy dapat menghemat uang dan waktu saat kuliah di Jepang.
  • Gaijin House Japan. Gaijin house menawarkan kamar dan fasilitas dapur dan kamar mandi bersama. Saat ini, apartemen single juga semakin populer.
  • Homestay. Beberapa universitas menawarkan pilihan homestay dengan keluarga Jepang, supaya mahasiswa berkesempatan untuk mengasah keahlian berbahasa Jepang, dan berbaur dengan kebudayaan Jepang, serta memiliki ‘keluarga Jepang’.
  • Menyewa rumah. Sekitar 70% mahasiswa tinggal di luar kampus. Biasanya mahasiswa tahun kedua atau yang membawa keluarga lebih memilih opsi ini. Hanya saja biasanya pihak penyewa tidak menyediakan peralatan dan perlengkapan. Biaya sewa juga tidak termasuk biaya air, listrik dan lain-lain.

Rekomendasi 3 Program Studi yang Banyak Dibutuhkan di Jepang

Berikut ini rekomendasi berbagai program studi yang bisa sobat Meddy pilih saat kuliah di Jepang.

1. Program Studi Pendidikan Jepang

Guru di Jepang, terutama mereka yang bisa mengajarkan Bahasa Inggris, adalah salah satu golongan guru dengan bayaran tertinggi di dunia. Sekolah dan universitas swasta membayarkan gaji tertinggi. Bayaran yang tinggi ini, dengan banyaknya lowongan guru bahasa Inggris jika dibandingkan dengan negara lain, menjadikan negara satu ini menjadi tujuan favorit dari para guru bahasa Inggris. University of Tokyo adalah salah satu universitas terbaik di negeri Sakura bagi mereka yang ingin mengejar gelar dalam bidang pendidikan.

2. Program Studi Bisnis

Jika kamu ingin mengejar gelar Master bidang bisnis, Jepang adalah tempatnya! Banyak yang menggunakan gelar MBA dari negeri Sakura satu ini untuk mendapatkan pekerjaan, karena banyak perusahaan di sana yang mencari mahasiswa internasional yang mengerti kebudayaan di sana. Program-program MBA lebih banyak dihadiri oleh mahasiswa, yang juga mempengaruhi proses mempekerjakan karyawan di perusahaan-perusahaan besar.

Karier dalam bidang bisnis di Jepang juga memberikan kesempatan untuk bekerja di negara lain, karena Jepang sedang memperluas jangkauan global. Tergantung perusahaan dan pekerjaan, kamu bahkan mungkin berkesempatan untuk meniti karier global dengan perusahaan Jepang.

3. Program Studi Teknik

Semua bidang usaha di negara ini membutuhkan insinyur; terutama yang berkeahlian dan bisa berbahasa Jepang. Karena jepang sangat maju dalam hal teknologi, perusahaan-perusahaan seperti Toyota, Sony, Nintendo, dan lainnya menawarkan banyak kesempatan bagi lulusan baru untuk memasuki organisasi mereka (dengan bayaran yang tinggi) secara langsung.

Sementara banyak lowongan tersedia bagi teknisi robotik dan komputer, ahli teknik yang berspesialisasi dalam gempa bumi juga sangat dibutuhkan. Jepang adalah negara yang rentan gempa bumi, sehingga diperlukan para ahli teknik yang bisa menciptakan solusi dan pencegahan, ataupun meminimalisir kerusakan akibat gempa. University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, dan Kyoto University semua menawarkan program – program teknik yang unggul loh! 

Baca juga: Rekomendasi 5 Universitas Terbaik buat Kamu yang ingin Kuliah di Kyushu, Jepang

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi singkat mengenai 3 bidang yang harus kamu pelajari dan kuasai di Jepang! Gimana sahabat guys, tertarikkan pasti untuk melanjutkan studi ke negeri Sakura? Jangan khawatir perihal persiapan hingga pengurusan dokumen, kamu bisa menggunakan layanan layanan konsultasi gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar loh!

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top