bea

3 Universitas Jerman Terpopuler dan Jurusan Unggulannya

Selama ini Amerika Serikat, Australia, Singapura, Jepang dan Malaysia selalu menjadi tujuan sebagian besar orang Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Namun akhir – akhir ini tren tersebut mulai bergeser. Ternyata saat ini banyak calon mahasiswa asal Indonesia memilih benua Eropa sebagai tujuannya, seperti Inggris, Prancis, dan Jerman. Dari ketiga tersebut, sebagian besar calon mahasiswa Indonesia memilih Jerman sebagai tujuan favoritnya. Yuk, kita kenalan sama 3 universitas di Jerman.

Kenapa Memilih Kuliah di Jerman?

Sebelum memilih universitas, tentu timbul pertanyaan “Mengapa memilih Jerman sebagai destinasi kuliah?”. Jerman merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mendapatkan ilmu dan gelar. Berikut ini beberapa alasan kenapa sobat Meddy wajib memilih kuliah di Jerman.

  • Jerman telah menikmati ekonomi yang sangat luar biasa dan standar hidup yang hampir tidak ada duanya. Selain itu, negara ini memiliki institusi pendidikan yang berkualitas serta fasilitas yang canggih.
  • Kemudian, beberapa universitas di Jerman pun banyak sekali menawarkan kuliah secara gratis, sehingga kamu bisa mengalokasikan biaya lebih ke biaya hidup seperti akomodasi,  materi pelajaran, bersosialisasi dan travelling. Tidak jarang, mahasiswa internasional setelah lulus diizinkan untuk tinggal selama 18 bulan di Jerman untuk mencari pekerjaan. Dengan adanya kebijakan ini tentu sangat membantu mahasiswa internasional. 
  • Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Jerman, sementara bahasa asingnya adalah bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Di bidang pendidikan, terdapat lebih dari 99% penduduk Jerman usia 15 tahun ke atas diperkirakan bisa membaca dan menulis. Pendidikan di Jerman diurus oleh negara bagian masing-masing.
  • Universitas di Jerman juga termasuk kedalam jajaran universitas tertua di dunia, seperti Universitas Heidelberg adalah yang tertua (berdiri 1386), kemudian diikuti Universitas Leipzig (berdiri 1409), Universitas Rostock (berdiri 1419), Universitas Greifswald (berdiri 1456), Universitas Freiburg (berdiri 1457), LMU Munich (berdiri 1472), serta Universitas Tübingen (berdiri 1477).
  • Di bidang kebudayaan, Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak kebudayaan. Banyak sekali institusi budaya di negara yang satu ini. Terdapat 240 teater yang disubsidi pemerintah, ratusan simfoni orkestra, ribuan museum, dan lebih dari 25.000 perpustakaan tersebar di negara ini.
  • Pengunjung dan penikmatnya pun juga banyak yaitu lebih dari 91 juta pengunjung museum tiap tahunnya, 20 juta pengunjung teater dan opera, dan 3,6 juta pengunjung orkestra simfoni. Jerman secara keseluruhan terkenal juga sebagai negara yang bersih. Sobat Meddy akan kesulitan menemukan sampah yang berserakan di Jerman.

Rekomendasi 3 Universitas Terpopuler di Jerman

Berikut ini merupakan 3 rekomendasi universitas terpopuler di Jerman yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy. Yuk, disimak!

1. Universitas Freie Universität Berlin

Berdiri pada tahun 1948, Freie Universität Berlin (Free University of Berlin) adalah institusi pendidikan tinggi nirlaba yang terletak di pinggiran Kota Berlin. Universitas ini merupakan universitas besar yang menawarkan berbagai program gelar seperti S1, S2, dan S3 untuk berbagai studi. FUB menerima mahasiswa internasional dan menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, fasilitas atau aktivitas olahraga, kesempatan studi ke luar negeri dan pertukaran mahasiswa, program online dan kuliah jarak jauh.

Jurusan unggulan di kampus ini antara lain:

  1. Biology.
  2. Psychology.
  3. Geosains.

2. Universitas Ludwig Maximilians University (LMU) Munich

Berdiri pada tahun 1427, LMU adalah institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Kota München, Bavaria. LMU merupakan universitas besar yang telah berumur 545 tahun dan menawarkan beragam program gelar seperti S1, S2, dan S3 untuk berbagai bidang studi. Universitas ini menerima mahasiswa internasional yang berhasil lolos ujian masuk dan menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, fasilitas olahraga, kesempatan studi ke luar negeri dan pertukaran mahasiswa.

Jurusan unggulan di universitas ini antara lain:

  1. Business and Economics.
  2. Psychology.
  3. Computer Science.

3. Universitas Technical University of Munich

Universitas ini berdiri pada tahun 1868, Technische Universität München (Technical University of Munich/TUM)adalah institusi pendidikan tinggi nirlaba yang terletak di pinggiran kota München, Bavaria. TUM merupakan universitas besar yang menawarkan berbagai kualifikasi persiapan kuliah seperti sertifikat, diploma, associate degree atau foundation, serta berbagai program gelar seperti S1, S2, dan S3 untuk berbagai bidang studi. 

Jurusan unggulan di universitas ini antara lain:

  1. Astronomy.
  2. Architecture.
  3. Electric & Electronic Engineering.

Itulah 3 universitas terpopuler di Jerman beserta jurusan unggulannya. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa ya.

Baca juga: Beasiswa S2 dan S3 di Jerman, Segara Daftarkan Diri Anda!

Layanan Mediamaz Scholar

Nah, itulah 3 universitas terbaik yang ada di Jerman. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Jerman, nggak perlu khawatir mengenai persiapan dokumen loh. Kamu bisa konsultasi secara gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar! Kami juga memiliki layanan lainnya, yang pasti menguntungkan buat kamu, lebih lanjut hubungi kami di sini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top