Universitas di Australia

Menilik 3 Universitas Terbaik & Tertua di Australia

Tahun 2022, QS World University Rankings 2022 melaporkan bahwa terdapat 9 universitas dari benua Australia yang berada dalam peringkat 150 universitas terbaik di dunia. Berdasarkan data dari kemdikbud, di tahun 2022 terdapat kurang lebih 11 ribu mahasiswa Indonesia yang memilih kuliah di Australia. Negeri kanguru menjadi salah satu tujuan karena memiliki sistem pendidikan yang telah diakui secara internasional, memiliki hukum yang melindungi siswa internasional, memiliki keberagaman budaya yang hidup dalam keharmonisan, memberi kesempatan kepada para siswanya agar dapat kuliah sambil bekerja, serta adanya Temporary Graduate Visa yang menawarkan para siswa internasional untuk tinggal dan bekerja di Australia setelah lulus. Buat sahabat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Australia, yuk simak ulasan tentang 3 universitas terbaik dan tertua di benua Australia!

Universitas Tertua dan Terbaik di Benua Australia

Berikut ini rekomendasi universitas tertua dan terbaik di Australia.

1. The University of Melbourne di Benua Australia

Lokasi: Melbourne, Australia

A. Tentang University of Melbourne

Berdiri pada tahun 1853, University of Melbourne menjadi universitas kedua tertua di Australia. University of Melbourne tadinya hanya sekelompok bangungan yang terletak di pinggiran kota dengan empat professor dan 16 mahasiswa, kini memiliki lebih dari 8000 staf akademik dan profesional serta lebih dari 48.000 mahasiswa. Universitas ini memiliki 7 kampus dimana 4 diantaranya terletak di sebelah utara pusat kota, yaitu Kampus Parkville, Burnley, Southbank, dan Werribee. Sementara 3 kampus lainnya terletak di luar kota, yaitu Kampus Creswick, Dookie, dan Shepparton.

University of Melbourne menyediakan beberapa akomodasi bagi para mahasiswa. Pertama, asrama sekolah. Kedua, Hostel Bursary. University of Melbourne menawarkan Hostel Busary kepada siswa kurang mampu yang telah lolos kriteria. Ketiga, akomodasi siswa terkelola seperti perumahan atau apartemen yang berada di dekat kampus. Keempat, homestay. 

B. Jurusan di University of Melbourne

Di University of Melbourne, jurusan yang paling terkenal yaitu jurusan teknik. Selain teknik, University of Melbourne juga menyediakan banyak jurusan lain, antara lain:

  1. Pertanian
  2. Seni
  3. Biomedis
  4. Perdagangan
  5. Desain
  6. Seni Rupa
  7. Musik
  8. Kesehatan Mulut
  9. Sains
  10. Ilmu Kedokteran Hewan dan Pertanian
  11. Humaniora dan Ilmu Sosial
  12. Bisnis
  13. Musik
  14. Hukum
  15. Medis
  16. Ilmu Biomedis

C. Layanan di University of Melbourne

University of Melbourne menyediakan beberapa layanan yang dapat digunakan oleh para mahasiswanya, antara lain:

  • Bank.
  • Automated teller machines (ATMs).
  • Academic dress shop.
  • Toko Buku Melbourne University.
  • Agen Koran.
  • Kantor Pos dan Kotak Pesan.
  • Persediaan computer.
  • Kafe.
  • Penata Rambut.
  • Farmasi.
  • Bioskop dan teater.
  • Agen perjalanan.

2. The University of Sydney

Lokasi: Sydney, Australia

A. Tentang University of Sydney di Benua Australia

University of Sydney berdiri pada tahun 1850 dan menjadi universitas tertua di Australia. Universitas yang satu ini memiliki beberapa nama panggilan seperti Sydney University, Usyd, dan Sydney. Selain sebagai universitas tertua di Australia, University of Sydney juga berada di urutan ke-58 sebagai universitas terbaik di dunia menurut Times Higher Education. Universitas ini juga merupakan salah satu anggota dari Group of Eight Australia. Bagi sahabat Meddy yang belum tahu, Group of Eight Australia merupakan grup yang berisi 8 Universitas unggul di Australia.

B. Fakultas di University of Sydney

Sebagai salah satu Universitas bergengsi dan tertua di Australia, Universitas yang satu ini menawarkan 16 Fakultas yang dapat dipilih oleh para siswa, antara lain:

  1. Pertanian dan Lingkungan
  2. Arsitektur, Desain dan Perencanaan
  3. Seni dan Ilmu Sosial
  4. Sekolah Bisnis
  5. Kedokteran gigi
  6. Pendidikan dan Pekerjaan Sosial
  7.  Teknologi dan Informasi
  8. Ilmu Kesehatan
  9. Hukum
  10. Farmasi
  11. Keperawatan dan Kebidanan
  12. Apotek
  13. Sains
  14. Perguruan Tinggi Seni Sydney
  15. Konservatorium Musik Sydney
  16. Ilmu Kedokteran Hewan

C. Fasilitas di University of Sydney

University of Sydney memiliki berbagai fasilitas menarik yang akan mendukung para mahasiswanya, antara lain:

  • Area studi yang beberapa diantaranya buka 24 jam
  • Terdapat 6000 komputer yang dapat digunakan. Fasilitas komputer ini dapat ditemukan di perpustakaan serta ruang belajar khusus.
  • Memiliki berbagai fasilitas penelitian, diantaranya fasilitas astronomi, penelitian mikroskopi dan mikroanalisis, fabrikasi nasional, laboratorium biologi molekuler, dan sistem pengamatan laut terpadu.
  • Sydney Uni Sport & Fitness
  • Berbagai fasilitas makan, seperti cafe, kedai kopi, bar, hingga restoran.
  • Berbagai fasilitas belanja, antara lain USYD Store, University of Sydney Union, dan SRC Book Exchange.
  • Terdapat dua Pusat Kesehatan Universitas di kampus Camperdown dan Darlington.
  • Berbagai fasilitas perbankan.

3. The University of Adelaide di Benua Australia

Lokasi: Adelaide

A. Tentang University of Adelaide di Benua Australia

University of Adelaide atau yang biasa disingkat UoA didirikan pada tahun 1874Terdapat beberapa pilihan akomodasi jika sahabat Meddy memilih University of Adelaide sebagai tujuan. Pertama, the University of Adelaide Village. The Village berada di Kawasan strategis karena hanya butuh lima menit berjalan kaki ke pasar untuk belanja buah, sayur, daging, dan seafood. Selain The Village, terdapat Mattanya Student Residences.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain yaitu dapur lengkap peralatan memasak, ruang tamu dilengkapi AC dan televisi, kamar tidur beserta isinya, sebuah mesin cuci, konektivitas internet nirkabel tanpa batas, akses ke ruang rekreasi yang dilengkapi dengan televisi, halaman luar ruangan dan unit BBQ, parkir mobil gratis yang tersedia dengan aplikasi. Ketiga, terdapat Roseworthy Residential College sebagai pilihan akomodasi lainnya jika sahabat Meddy tertarik belajar di universitas ini.  Roseworthy Residential College memiliki beberapa fasilitas yaitu ruang belajar dan ruang komputer, dapur umum, ruang televisi, ruang billiard, binatu, serta area hiburan BBQ luar ruangan.

B. Fakultas yang terdapat di University of Adelaide

Beberapa fakultas yang tersedia di University of Adelaide, antara lain:

  1. Fakultas Teknik, Ilmu komputer, dan Matematika
  2. Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran
  3. Fakultas Seni
  4. Fakultas Sains
  5. Fakultas Profesi.

C. Fasilitas di University of Adelaide di Benua Australia

University of Adelaide menyediakan beberapa fasilitas yang akan membantu para mahasiswanya belajar, sehat, serta terlibat dalam kehidupan kampus. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Terdapat 4 pusat mahasiswa yang bisa digunakan untuk bertemu, belajar, bertukar ide, atau sekedar menambah koneksi. Beberapa pusat mahasiswa yang disediakan antara lain Hub Central, AHMS Hub, Roseworthy Hub, dan Waite Hub.
  • Terdapat layanan disabilitas. Layanan ini dapat dilihat di lift, jalur landai, toilet, serta ruang parkir. Bagi mahasiswa disabilitas diharapkan untuk menghubungi para petugas beberapa minggu sebelum perkuliahan.
  • Perpustakaan serta situs web perpustakaan.
  • Fasilitas parkir sepeda. Fasilitas ini memberikan ruang khusus bagi para siswa untuk menyegarkan diri, menyimpan barang-barang pribadi, memperbaiki sepeda, maupun mengganti pakaian. Untuk menghindari pencurian sepeda, sebaiknya kunci sepeda di tempat yang terang, jangan bersepeda di malam hari, ukir sepeda dengan SAPOL untuk memudahkan pelacakan saat sepeda dicuri, segera laporkan jika terjadi pencurian sepeda, dan yang terakhir jika sepeda ditinggalkan selama lebih dari 30 hari maka sepeda tersebut akan diberikan kepada organisasi nirlaba.
  • Ruang ganti dan kamar mandi. Kamar mandi buka pada hari kerja antara pukul 08.00 dan 18.00 waktu setempat.
  •  Adelaide University Sport di Adelaide CBD.
  • Taman.
  • Fasilitas ecoversity yang bertujuan menghargai, mengarahkan, mengembangkan, serta menerapkan praktik berkelanjutan.
  • Terdapat layanan kesehatan universitas yang disediakan bagi para mahasiswa universitas, staf dan keluarga mereka, serta masyarakat umum.

Baca juga: 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 

Mediamaz Scholar

Apakah Sahabat Meddy Tertarik Belajar di Benua Australia?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai universitas terbaik dan tertua di Australia, kira-kira apakah sahabat Meddy tertarik untuk melanjutkan pendidikan dengan mengambil beasiswa ke Australia? Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan di bidang pendidikan serta memiliki berbagai tempat wisata, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu negara tujuan bagi para mahasiswa maupun wisatawan dari negara lain.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana serta bagaimana cara mengurusnya. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan disini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top