4 Beasiswa Magang di Luar Negeri Untuk Pelajar Indonesia

4 Beasiswa Magang di Luar Negeri Untuk Pelajar Indonesia

Dalam memenuhi tuntutan dunia pekerjaan saat ini, semakin banyak perguruan tinggi yang menyarankan para mahasiswanya untuk mengikuti program magang. Program magang sendiri bertujuan untuk menyiapkan para lulusan akademis agar siap kerja serta memiliki keahlian – keahlian yang diperlukan di dunia kerja yang nyata. Yuk, kita bahas mengenai manfaat serta 4 beasiswa magang di luar negeri.

Manfaat Magang di Luar Negeri

Walaupun magang sebetulnya bukan program yang diwajibkan. Terlebih, program magang juga tidak selalu mendapatkan bayaran. Oleh karena itu, ada sebagian mahasiswa yang memilih untuk tidak mengambil program magang. Atau mereka mengambil program magang, namun di dalam negeri. 

Padahal jika di kulik dari segi manfaat, magang dapat menguntungkan mahasiswa dari berbagai aspek. Selain mendapatkan pengetahuan akan dunia kerja, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman kerja yang dapat dicantumkan pada Curriculum Vitae (CV) pada saat melamar kerja nantinya. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan dari magang di luar negeri?

1. Pengalaman kerja Internasional

Dengan semakin ketatnya persaingan kerja, lulusan perguruan tinggi pun semakin banyak dan tidak jarang mereka yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian, tentu kalian harus dapat menunjukkan kelebihan yang dimiliki pada pihak perusahaan. Oleh karena itu, jika kalian memiliki pengalaman magang di luar negeri, perusahaan pun akan lebih mempertimbangkan diri kalian karena hal tersebut akan sangat membantu perusahaan.

2. Belajar untuk menerima tantangan

Dengan mengikuti program magang di luar negeri, membuat kalian “dipaksa” untuk keluar dari zona nyaman. Adaptasi dengan lingkungan baru, etika kerja, kebiasaan rekan kerja di lingkungan profesional akan sangat berguna untuk melatih mental. Sehingga, kamu akan terbentuk menjadi pribadi yang memiliki pola pikir kritis, cepat tanggap, dan mampu mengasah keahlian  yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Mengenal kebudayaan negara lain

Kebudayaan dari negara mana yang kamu sukai? Cara lebih baik dalam mengenal suatu kebudayaan adalah terjun langsung ke masyarakat tersebut. Dengan magang di luar negeri, kalian akan mendapatkan pengalaman baru bersama teman – teman, bahasa baru, dan mempelajari kebudayaan setempat.

Beasiswa Magang Luar Negeri

Berikut ini rekomendasi untuk sobat Meddy.

1. Program Magang Harvard Stem Cell Institute, AS

4 beasiswa internship di luar negeri yang pertama, Program Harvard Stem Cell Institute Internship ini memberikan pengalaman untuk meneliti di laboratorium yang berfokus pada Stem Cell. Program ini terdiri dari seminar Stem Cell, Career Pathways Presentation, dan A Weekly Stem Cell Companion Course. Program ini terbuka untuk mahasiswa S1 tingkat 2, 3 dan tingkat akhir yang memiliki minat pada bidang Stem Cell Biology, alias untuk mahasiswa berasal dari program studi FMIPA dan Teknik bio medik.

Pendaftaran untuk program magang ini dibuka 1 Desember 2021 – 1 Januari 2022, untuk informasi selengkapnya kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi: hsci.harvard.edu

2. OIST Research Internship Program, Jepang 

Program magang kedua, Program OIST merupakan program magang yang akan dilaksanakan di Jepang selama 10 sampai 12 minggu. Program magang ini didanai penuh di Jepang, OIST program di Jepang akan diadakan di Institut Sains dan Teknologi Okinawa. Semua biaya akan ditanggung termasuk akomodasi dan perjalanan. Poin plus dari program ini adalah IELTS/ TOEFL tidak wajib.

Kemudian, program ini memberikan kesempatan magang bagi siswa dan mahasiswa S1, S2, dan S3 yang dari bidang Physics, Chemistry, Biology, Neuroscience, Mathematics, Computational Science, Environmental, Ecological and Marine Sciences, Science, Engineering dan Medical. Untuk program ini tidak ada perpanjangan mahasiswa dari seluruh dunia berhak melamar program magang di Jepang. Deadline untuk program ini sampai 15 April 2021 (Round 1) dan 15 Oktober 2021 (Round 2). Informasi selengkapnya bisa ditemukan di: admissions.oist.jp.

3. TIGP International Internship Program, Taiwan

Program internship ketiga, Taiwan International Graduate Program merupakan program yang didukung oleh Academia Sinica, yaitu institusi penelitian bergengsi di Taiwan. Bekerja sama dengan universitas riset lokal, program ini pun mengundang para sarjana yang menonjol dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam membangun jaringan intelektual dengan orang – orang dari berbagai latar belakang etnis dan budaya.

Program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, TIGP – IIP adalah program pelatihan penelitian pra – doktoral intensif yang mempersiapkan peserta magang dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk penelitian masa depan atau pengembangan karier melalui pelatihan yang ketat.

Program internship ini berjalan selama 2 bulan dan terdapat 12 program yang ditawarkan oleh TIGP-IIP yaitu: 

  1. Chemical Biology and Molecular Biophysics
  2. Molecular Science and Technology
  3. Molecular and Biological Agricultural Sciences
  4. Bioinformatics
  5. Molecular and Cell Biology
  6. Nano Science and Technology
  7. Molecular Medicine
  8. Earth System Science
  9. Biodiversity
  10. Interdisciplinary Neuroscience
  11. Sustainable Chemical Science and Technology
  12. Social Networks and Human-Centered Computing

Deadline: 30 April, untuk informasi selengkapnya kunjungi laman resminya di: tigsip.apps.sinica.edu.tw 

4. Community College Initiative Program, AS

Program internship keempat, Program CCI atau Community College Initiative merupakan suatu program akademik non – gelar untuk menempuh bidang studi tertentu pada institusi penyelenggara di Amerika Serikat, dengan tujuan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris. Program ini juga memberikan kesempatan untuk melakukan intern profesional, layanan pembelajaran, dan keterlibatan dalam masyarakat.

Nantinya peserta akan menempuh satu tahun akademik di Amerika Serikat dan mendapatkan sertifikat akademik dari bidang yang dipilih. Diharapkan setelah masa program berakhir, peserta kembali ke negara asal dengan keterampilan dan keahlian yang telah didapatkan untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan negara asal.

Baca juga: Kamu Seorang Researcher? Ini Beasiswa Ph.D Denmark yang Cocok Buat Kamu

Layanan Mediamaz Scholar

Bagaimana kamu, tertarik untuk mengikuti salah satu dari 4 beasiswa magang di luar negeri? Jangan lupa untuk selalu pantau mengenai informasi masing-masing program ya! Nggak usah khawatir mengenai dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa negara tujuan. Kamu siap membantu kamu dalam waktu 24 jam loh, langsung hubungi kami di sini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top