logo-hardiknas2022-warna

4 Fakta Unik, Alasan Hari Pendidikan Nasional Diperingati 13 Mei 2022

Halo Sobat Meddy, Sebelumnya Meddy hari ini ingin mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional yaa, khususnya untuk kamu pembaca blog setia Mediamaz Scholar, media masa kini penyaji informasi beasiswa luar negeri. Nah, kemudian apa yang unik dari perayaan HARDIKNAS tahun 2022 ini? bukankah HARDIKNAS seharusnya ada di tanggal 2 Mei? Jadi untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan dibawah ini ya.

Mengenal Hari Pendidikan Nasional, Ada Riwayat Ki Hajar Dewantara

ki-hajar-dewantara

Sobat Meddy, tahukah kamu kalau adanya momen ini, tidak terlepas dari unsur sejarah yang terekam di Era Kolonialisme dan berdampak sampai sekarang. Lebih tepatnya, kala itu Ki Hajar Dewantara (Tokoh Pendidikan Nasional) merupakan sosok yang berani untuk mengkritik dan menentang kebijakan penerapan sistem pendidikan yang tidak adil, yang dilakukan oleh Pemerintahan Hindia-Belanda, karena hanya anak keturunan Belanda dan anak orang kaya saja yang dapat menikmati bangku pendidikan. Keberanian Beliau membuat ia diasingkan ke Belanda, namun akhirnya kembali ke Indonesia dan melakukan cara baru untuk perubahan sistem pendidikan tersebut yang dianggapnya tidak adil. Lebih Lanjut, Ki Hajar Dewantara berhasil mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bertahan sampai Indonesia Merdeka, bernama National Onderwijs Institut Taman Siswa’ yang berdiri pada 3 Juli 1922 dan membuat banyak rakyat dapat merasakan bagaimana bangku pendidikan itu ada. Dan setelah Kemerdekaan, Tokoh yang mempunyai filosofi ‘tut wuri handayani’ ini dijadikan sebagai Menteri Pendidikan Indonesia, serta untuk menghormati segala jasanya atas kiprahnya di  Dunia Pendidikan Nasional, pada tanggal 16 Desember tahun 1959 Pemerintah Indonesia mengeluarkan Keppres No. 316 Tahun 1995 yang berisikan penetapan hari lahir Ki Hajar Dewantara (2 Mei) sebagai peringatan hari Pendidikan Nasional. 

Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Baru Diperingati 13 Mei 2022

Nah, setelah kita mengetahui sejarah singkat mengapa tanggal 2 Mei ini dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional, maka otomatis di tanggal tersebut dilakukan perayaan khusus untuk melakukan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Namun, ada yang berbeda di tahun ini, dimana ‘HARDIKNAS’ baru dirayakan atau diperingati pada hari ini, Jum’at 13 Mei 2022. Mengapa demikian dan apa saja yang bisa kita lakukan untuk merayakan ‘HARDIKNAS’ 2022 ini? berikut penjelasan yang berhasil Meddy lansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan!

1. Hari Pendidikan Nasional Tertunda, Karena Idul Fitri Dan Cuti Bersama

Menteri Nadiem Anwar Makarim, melalui Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 menyampaikan secara jelas, faktor utama mengapa perayaan ‘HARDIKNAS’ ini baru dilaksanakan pada 13 Mei 2022 adalah karena berbarengan dengan Idulfitri dan Cuti Bersama. Tentu alasan ini cukup logis, karena mengingat mayoritas masyarakat Indonesia pasti merayakan Idul fitri serta menikmati liburan dalam waktu yang cukup lama ini, serta baru bisa kembali normal beraktivitas di tanggal 11 Mei 2022.

2. Meski Agak Lewat, Tetap Bisa Merayakan Dengan Upacara Bendera

Sobat Meddy, salah satu kebiasaan negara Indonesia dalam rangka memperingati dan merayakan hari besar nasional (termasuk hari pendidikan nasional) adalah dengan melakukan kegiatan semi militer atau dalam hal ini Upacara Bendera. Kita ketahui, di pusat ibu kota Indonesia telah dilaksanakan ucpara bendera peringatan HARDIKNAS, yang dibina langsung oleh Menter Nadiem Anwar. Upacara HARDIKNAS tahun ini juga menampilkan beberapa kekayaan Indonesia seperti budaya tenun, minuman dari rempah yang biasa dikenal dengan nama jamu, tempe yang telah dibudayakan masyarakat Jawa sejak abad ke-16 Masehi sampai ke pertunjukan seni Reog Ponorogo dari Paguyuban Reog Ponorogo Jabodetabek. Sebagai informasi, kalau peserta disana menggunakan pakaian adat khas daerah, yang tentu kalau kamu melihatnya, ini membuat kamu semakin bangga.

hardiknas

3. Melakukan Ragam Aktivitas Yang Kreatif

Bagi kamu yang tidak bisa upacara ataupun mengikuti live streaming upacara peringatan HARDIKNAS tersebut, kamu masih tetap bisa melakukan kegiatan non formal lainnya yang bersifat kreatif dan membangun semangat pendidikan nasional. Contohnya, kamu bisa membuat pagelaran pertunjukkan seni, membuat FGD berskala kecil, bertukar cerita tentang pendidikan yang selama ini kamu jalani dan lain sebagainya. Yang terpenting dari ragam aktivitas semacam ini adalah kemuan dan niat kamu untuk berkreatifitas dalam merayakan HARDIKNAS.

4. Tema Dan Logo Yang Unik Di Era Pesatnya IPTEK

Menarik, tema HARDIKNAS kali ini adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Hal itu bisa kita artikan sebagai semangat untuk merealisasikan harapan kita untuk menuju keadaan yang pulih dan normal serta terus bergerak untuk mewujudkan merdeka belajar sebagai konsep pendidikan saat ini. Kamu bisa unduh logo resmi HARDIKNAS 2022 disini. 

Nah, itulah informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang Hari Pendidikan Nasional akan membuat Sobat Meddy bertambah semangat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya dengan kemampuan terbaik yang kamu punya dan semoga kamu bisa melanjutkan mimpi kamu berkuliah di luar negeri tercapai yaa. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu tuju.

Mediamaz Scholar
Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top