kesempatan-kerja

4 Jurusan Kuliah Cocok untuk Para Pecinta Alam dan Lingkungan

Mengeksplorasi alam memang menjadi kegemaran bagi para anak muda. Tidak jarang, pada saat SMA atau kuliah kegiatan yang berbau pecinta alam semakin diminati oleh para pelajar. Kegiatan yang biasa dipilih, seperti mendaki gunung, menyelam atau diving, jelajah hutan, dan lain sebagainya. Bagi sahabat Meddy yang menyukai petualangan, Meddy akan kasih rekomendasi  jurusan Kuliah Cocok untuk Para Pecinta Alam dan Lingkungan.

 

Jurusan Kuliah Geodesi dan Teknik Geomatika

Geodesi dan Geomatika adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang kebumian yang berkaitan erat dengan lingkungan fisik bumi. Jurusan ini termasuk ke dalam ilmu kebumian paling tua. Pada dasarnya, Geodesi adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan ukuran bumi serta benda-benda langit lainnya, Geodesi ini juga adalah salah satu cabang ilmu matematika terapan. Karena pada jurusan Geodesi, kamu akan menentukan ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi. Sedangkan, Geomatika adalah ilmu yang merupakan gabungan antara Geodesi dan Informatika. Secara umum, Geomatika mempelajari mengenai pemetaan data spasial, pemodelan dengan dukungan teknologi informasi yang komprehensif. Jadi, Jurusan Geodesi dan Geomatika ini berhubungan dengan masalah-masalah kebumian dan kelautan, termasuk di dalamnya tata guna lahan, penataan ruang, hingga lingkungan dan sosial ekonomi.

Di jurusan ini kamu akan banyak melakukan survei dan pemetaan. Pada saat ini, pembelajaran mengenai penentuan posisi telah berkembang menjadi lebih terpadu mulai dari pengukuran, analisis, pengelolaan, penyimpanan, hingga penyajian deskripsi dan lokasi dan data berbasis muka bumi.

Dengan kamu mempelajari ilmu ini, memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena hampir semua lapangan kerja dan industri menggunakan peran insting spasial geodesi, contohnya perminyakan, pertambangan, dan teknologi informasi.

Rekomendasi universitas di dunia dengan jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika terbaik: 

  1. University of Illinois
  2. Newyork University
  3. Technical University of Munich

Kampus dengan Jurusan Geodesi dan Geomatika Terbaik di Indonesia Adalah:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Diponegoro

Oseanografi dan Teknik Pantai

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena laut yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang. Seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Seperti yang kita ketahui perilaku laut memang susah untuk  diprediksi, gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan sebagainya. Dengan adanya seseorang yang memiliki kemampuan di bidang ilmu kelautan, bencana alam yang terjadi di laut akan lebih mudah dideteksi. Ilmu Oseanografi juga memiliki peranan untuk meneliti sumber daya yang terdapat di laut, suhu, dan salinitas perairan. Sedangkan Coastal Sience atau Teknik Pantai adalah salah satu cabang jurusan Oseanografi dan Teknik Sipil. Ilmu ini mempelajari mengenai konstruksi di wilayah pesisir. Pada ilmu Oseanografi, kamu akan menganalisa pengaruh ombak, pasang surut air laut, dan gelombang badai terhadap material atau konstruksi di pantai.

Dengan kamu mempelajari ilmu ini, kamu akan memiliki pengetahuan dan keahlian yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Karena faktanya, sekitar 70% permukaan bumi adalah laut. Cuaca atau iklim yang terjadi di darat dipengaruhi oleh apa yang terjadi di laut. Oleh karena itu, lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan meskipun belum terlalu populer.

Perubahan iklim dan dinamika situasi laut masih mempunyai peluang untuk dipelajari. Tempat untuk para lulusan oseanografi pun masih tetap terbuka. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai coastal modeler, oceanographic, surveyor, metocean engineer dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan laut.

Rekomendasi Universitas Internasional untuk Jurusan Kuliah Ini:

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. University of California, Berkeley (UCB)
  3. University of Miami

Kampus dengan Jurusan Oseanografi Terbaik di Indonesia Adalah:

  1. Universitas Brawijaya
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Padjadjaran

Jurusan Kehutanan

Forestry Engineering atau Jurusan Kehutanan adalah interdisiplin dari jurusan Teknik yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis bioproses serta biosistem untuk menjaga kelestarian hutan, memanipulasi hutan agar pemanfaatannya berkelanjutan, dan membangun atau mengkonstruksi hutan-hutan baru. Ilmu kehutanan juga mempelajari segala sesuatu tentang fisiologi tumbuhan, satwa, managemen hasil hutan, dan ilmu tanah.

Pendidikan dalam jurusan kuliah Kehutanan mengutamakan cara pandang holistik yang menempatkan hutan sebagai ekosistem yang harus dipelajari dalam konteks keterkaitannya dengan berbagai aspek lingkungan, ekonomi dan sosial-masyarakat. Dengan kamu memilih jurusan ini, kamu bisa membantu dalam menjaga kelestarian hutan lho!

Terlebih di Indonesia, hutan merupakan sumber daya hayati yang paling berharga dalam menyediakan berbagai produk hutan, baik kayu maupun nonkayu, serta jasa lingkungan. Hutan pun juga harus dilindungi, kebutuhan tenaga kerja bidang kehutanan didasarkan pada identifikasi bidang-bidang yang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) bidang kehutanan. Sobat Meddy juga bisa berkarier melalui lembaga-lembaga nonprofit seperti Lembaga Swadaya Masyarakat, perusahaan tambang, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi universitas Internasional untuk Jurusan Kuliah Ini:

  1. University of Canterbury
  2. University of New BrunswickState
  3. University of New York College of Environmental Science and Forestry

Rekomendasi Universitas di Indonesia dengan Jurusan Kehutanan:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  3. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  4. Universitas Sumatera Utara (USU)
  5. Universitas Brawijaya (UB)
  6. Universitas Lampung (UNILA)

Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup dan mempelajari studi yang sistematis mengenai lingkungan hidup dan kedudukan manusia yang pantas di dalamnya. Dalam Ilmu Lingkungan ini, kamu akan mempelajari perpaduan konsep dan berbagai ilmu seperti, ekologi, biokimia, biologi, oseanografi, geografi, dan sebagainya.

Pembelajaran tersebut bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah yang menyangkut hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.  Dalam jurusan ini kamu juga akan mempelajari berbagai ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dengan lingkungannya, mulai dari aspek sosial, ekonomi, dan kesehatan.

Dengan kamu memilih jurusan ini, tentu kamu ikut membantu dalam pelestarian lingkungan dalam segi apapun. Karena pembelajaran tersebut dapat dikatakan sebagai suatu konsep ilmu yang saling terkait satu sama lain untuk mengatasi masalah hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Rekomendasi universitas di dunia untuk jurusan ini:

  1. University of Oxford
  2. Stanford University
  3. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Kampus dengan jurusan Ilmu Kehutanan di Indonesia adalah:

  1. Institut teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Diponegoro

Layanan Mediamaz

Setelah kamu lulus SMA, pasti akan memikirkan tujuan studi untuk selanjutnya. Terlebih jika kamu tertarik dengan ilmu–ilmu tentang bumi. Kamu bisa memilih 4 jurusan kuliah yang sudah Meddy ulas sedikit diatas dengan rekomendasi universitas–universitas di dunia.

Bagi kamu yang masih bingung perihal persiapan dokumen pendaftaran untuk beasiswa luar negeri. Kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top