4 Kota Terbaik Asia untuk Tujuan Study Abroad

Rekomendasi Universitas dari Singapura Hingga Korea Selatan

Ingin kuliah di luar negeri tapi tidak ingin terlalu jauh dari keluarga? Ada kabar baik untukmu. Saat ini, sudah banyak negara Asia Pasifik yang menjadi destinasi kuliah populer lho! Dengan kualitas hidup yang baik dan tentu memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi Study Abroad dari universitas negeri terbaik di Asia, khusus untuk sobat Meddy.

Alasan Mengapa Memilih Negara Asia Untuk Study Abroad?

Negara-negara di Benua Asia terkenal dengan adat ketimurannya, yaitu sopan santun dan ramah-tamah serta religiusnya. Meski tidak setenar negara-negara di Eropa, namun negara di Asia kini mulai dilirik sebagai destinasi bisnis tingkat dunia, jika kamu lihat beberapa film terkenal dan luar biasa mulai menggandeng perusahaan perfilman yang ada di beberapa negara Asia, dengan alasan untuk mendongkrak penjualan merek.

Bahkan tidak sedikit orang-orang yang pintar yang berada di kawasan Asia, bahkan perusahaan-perusahaan elektronik terkemuka berasal dari kawasan negara Asia. Untuk masalah pendidikan pun negara di Asia juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan beberapa negara di benua lainnya. Kualitas pendidikan di Asia juga semakin berkembang dengan bermunculannya universitas berstandar dunia.

Alasan mengapa memilih negara Asia sebagai tujuan kuliahmu yang lain juga karena biaya yang terjangkau. Tentu juga kamu akan merasakan kebudayaan dan bahasa yang baru juga lho. Berikut deretan kota terbaik di Asia untuk kuliah.

 

Study Abroad di Singapura

Rekomendasi kota terbaik pertama, yaitu Singapura merupakan negara tetangga Indonesia yang berkembang pesat meninggalkan negara tetangganya. Singapura kini berkembang menjadi kota industri maju, baik dari segi teknologi, pariwisata, hingga jasa keuangan. Negara ini memiliki luas sangat kecil, namun Singapura termasuk negara yang unggul di bidang pendidikan.

Singapura pun menjadi kota dan negara yang paling banyak diisi oleh pendatang. Mereka dikenal dengan negara yang bersih dan aman. Tingkat kejahatan dan pengangguran yang rendah membuat Singapura super kondusif. Transportasi di sana pun terintegrasi dengan baik, sehingga mahasiswa asing pun bisa bepergian dengan mudah. Kampus di Singapura juga masuk ke dalam kandidat kampus terbersih di Asia, mengingat betapa ketatnya aturan kebersihan di Singapura.

Universitas unggulan di Singapura

Berikut adalah universitas negeri unggulan di Singapura:

  1. Universitas Nasional Singapura (NUS),
  2. PSB Academy
  3. Curtin Singapore
  4. Singapore Institute of Management, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliah di Negara Singa tersebut berbeda-beda tergantung universitas yang dipilih dan gelar yang diambil. Untuk gelar diploma, biasanya perlu biaya sekitar 60 juta hingga 180 juta/tahun. Kuliah sarjana sekitar 300 juta hingga 600 juta/tahun. Program magister sekitar 300 juta hingga 500 juta/tahun untuk jurusan nonmedis dan 500 juta hingga 900 juta untuk jurusan medis.

 

Study Abroad: Tokyo, Jepang

Ibukota dari negara Jepang ini adalah kota yang memiliki beberapa tempat kuliah atau universitas unggulan Top 10 di QS World University Rankings. Tokyo juga merupakan kota terkemuka di Asia, terbaik di dunia setelah London. Banyak tempat yang bisa dieksplorasi di kota ini, dari mulai festival hingga keindahan Gunung Fuji. Selain itu Tokyo, Jepang ini juga terkenal dengan kecanggihan robot-robot yang telah diciptakan oleh anak kecil yang masih sekolah. 

Tokyo adalah rumah bagi 11 universitas yang diakui dunia tahun ini, dengan Universitas Tokyo yang mengambil posisi teratas, yaitu peringkat ke-24 di QS World University Rankings 2021. Selain Universitas Tokyo, universitas jepang terbaik lainnya di Tokyo adalah Tokyo Institute of Technology, Tokyo University the Arts and Tokyo Denki University. Untuk rata-rata biaya kuliah di sana pun sebesar USD 7.700/tahunnya.

Seperti kampus di Singapura, kampus Jepang juga menyandang predikat sebagai kampus terbersih, Lho! Tentunya bagi sobat Meddy yang memiliki keinginan untuk berkuliah di Negeri Sakura ini wajib belajar bahasa jepang, ya! Dengan belajar bahasa jepang sehari-hari, kamu bisa explore kosakata baru. Kamu bisa cari beberapa tips dan trik belajar bahasa jepang dari nol secara daring atau luring.

 Baca juga : 10 Kota pelajar Terbaik Di dunia Menurut QS World | Mediamaz Scholarship.

Seoul, Korea Selatan

Rekomendasi Study Abroad terbaik di Asia selanjutnya adalah kota impian para fangirl dan pecinta drakor. Seoul yang terus menjadi salah satu perwakilan terkuat di Asia sebagai tujuan pelajar yang sedang naik daun. Kota yang dikenal dengan arti K-Popnya, bahkan mungkin kebanyakan orang yang ingin kuliah di sana hanya karena ingin bertemu K-Pop idola mereka. Namun, juga tidak semuanya seperti itu. Selain terkenal dengan K-Popnya, Budaya di kota Seoul sangat menarik untuk dipelajari.

Kota ini juga memiliki kehidupan malam yang patut dicoba lho. Tidak kurang dari 16 universitas di Seoul ditampilkan dalam QS World University Rankings, dengan peringkat tertinggi adalah Universitas Nasional Seoul, pada peringkat ke-37. Kemudian ada Universitas Hanyang dan Universitas Yonsei. 

Biaya kuliah untuk program sarjana per semester di Universitas Negeri dan Nasional sebesar IDR 29 – 64 juta. Biaya kuliah tahunan rata-rata di universitas Korea Selatan yang masuk peringkat internasional yaitu sekitar IDR 96 juta. Untuk jenjang S2 kisaran biaya yang harus kamu siapkan adalah IDR 33 – 70 juta.

 

Hongkong, China

Hongkong merupakan kota di negara China yang terkenal dengan basis pemasaran produk di daerah Asia. Kota ini terbilang sangat modern yang memiliki banyak gedung pencakar langit. Hongkong juga memiliki kekayaan budaya, makanan yang lezat, serta pemandangan alam yang menakjubkan. Mereka menawarkan pandangan dan internasional vibrant culture.

Institusi Terkemuka di Kota Hongkong, China

Beberapa universitas di China yang sangat bergengsi yaitu University of Hong Kong, Hong Kong University of Science and Technology (HKUST), Chinese University of Hong Kong, City University of Hong Kong dan Hong Kong Design Institute (HKDI).

Untuk biaya kuliah di Hong Kong, tentunya akan berbeda untuk masing-masing universitas yang ditempuh untuk menyelesaikan studi. Program studi S1, secara umum, bisa diperkirakan biaya pertahun yang berkisar di antara HKD 70,000 – HKD 140,000 dengan program durasi 4 tahun. Dengan konversi kurs Rupiah saat ini, maka ekuivalensinya jatuh pada IDR 136 – 270 juta.

 

Layanan Mediamaz Scholar

Nah, bagaimana rekomendasi 4 kota terbaik Asia untuk study abroad yang kami sajikan? Yuk, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen untuk pendaftaran beasiswa luar negeri. Kamu bisa konsultasikan secara gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top