4 Universitas Luar Negeri dengan Ujian Masuk Tersulit

4 Universitas Luar Negeri dengan Ujian Masuk Tersulit

Universitas favorit di luar negeri memiliki kuota mahasiswa terbatas. Sementara jumlah dari calon mahasiswa yang ingin masuk dipastikan cukup banyak. Tak heran apabila pihak universitas menerapkan seleksi ujian sangat ketat untuk menyaring calon mahasiswa yang benar-benar berkualitas. Berdasarkan QS World University, universitas stanford dan deretan kampus ini merupakan kampus dengan tes masuk tersulit. Maka dari itu pada artikel ini kita akan kupas tuntas mengenai universitas-universitas dengan tes masuk yang paling sulit selain Stanford, Siap?

Tidak hanya Universitas Stanford

Mungkin sebagian orang sudah tahu deretan universitas terbaik di dunia, namun apakah sebenarnya kita sudah mengetahui negara yang memiliki universitas terbaik tersebut? atau hanya mengenal dari nama universitasnya saja seperti universitas stanford, oxford, dan lain lain.

QS World University Rankings merupakan lembaga penentu peringkat universitas terbaik di dunia yang paling banyak dibaca. Adapun poin-poin yang menjadi pertimbangan antara lain reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio pelajar dan staf dan lain sebagainya.

Dilansir dari QS World University Rankings tersebut Top 10 Universitas terbaik di dunia berada di negara Amerika Serikat, Inggris dan Swiss. Namun diantara 3 negara tersebut Amerika Serikat dan Inggris yang banyak menduduki Top 10 tersebut.

Baca Juga: Inilah 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2023 Versi QS, Mana Favoritmu?

Universitas Universitas dengan Seleksi Tersulit

Berikut Universitas London yang memiliki seleksi ketat di dunia:

1. Universitas Harvard

Dengan memiliki tingkat penerimaan mahasiswa 5,2%, rata-rata mahasiswa yang diterima sekitar 1.430 – 1.600 orang. Universitas yang didirikan pada 8 September 1936 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Pendidikan di Harvard menjanjikan kualitas dengan tenaga pengajar yang ahli di bidangnya.

Dalam proses penerimaan mahasiswa, Harvard mempertimbangkan berbagai faktor dari calon pelamar. Hal ini dilakukan sebagai langkah tegas untuk menciptakan lulusan berkualitas.

Intinya, gelar berkuliah di Harvard sangat sulit di dunia. Diantara alumni yang sangat mengesankan adalah co-creator Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft Bill Gates walaupun keduanya drop out di tengah jalan.

2. Universitas Stanford

Memiliki tingkat penerimaan mahasiswa 4,65% dengan rata – rata mahasiswa yang diterima adalah 1.380 – 1.580 orang.

Universitas Stanford merupakan sebuah universitas swasta yang terletak kira – kira 60 km di tenggara San Fransisco dan kira – kira 30 km di timur laut San Jose.

3. University Yale

Persentase tingkat penerimaan mahasiswa sebesar 6,9% dengan rata – rata mahasiswa yang diterima sejumlah 1.420 – 1.600.

Yale University merupakan universitas tertua ketiga di Amerika Serikat, universitas ini juga menarik banyak pelamar untuk bergabung dan belajar di kampus tersebut. Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut yang berdiri pada Tahun 1701.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Dan yang terakhir, Universitas MIT memiliki persentase tingkat penerimaan mahasiswa sebesar 7,1% dengan rata – rata mahasiswa yang diterima 1.460 – 1.590 orang.

Massachusetts Institute of Technology merupakan institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat.

Proses penerimaan di universitas ini cukup ketat dilakukan oleh pihak MIT dengan cara melihat nilai ujian masuk dari peserta. 

Baca Juga: Komunitas Pelajar Indonesia di Amerika Serikat? Simak Keadaan Sebenarnya!

Mengapa Universitas Stanford dan 3 Kampus Tersebut Bisa Sangat Sulit?

Ketika kita mengetahui deretan universitas dengan memiliki tingkat seleksi yang ketat alhasil mendapatkan predikat universitas tersulit untuk ditembus oleh calon mahasiswa, namun apakah kamu sudah tahu mengapa dikatakan sulit?

Banyak pelajar di luar negeri salah satunya Amerika Serikat berlomba-lomba setelah lulus dari bangku sekolah dapat melanjutkan studinya di universitas Harvard, Universitas Stanford dan Yale.

Menurut survei yang dilakukan oleh Princeton Review, ketiga universitas tersebut tergolong sulit karena memiliki tingkat kompetisi yang tinggi dilihat dari banyaknya peminat yang ingin mendaftar serta banyak para calon mahasiswa dan orang tua percaya bahwa dengan mereka bisa kuliah di sana dapat menambah kreativitas dan tantangan dalam memahami dunia. Dan mereka sudah pasti akan menemukan passionnya dan menjadi penduduk dunia yang intelek.

Tips Mendaftar Universitas

Untuk kamu yang mungkin memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah di Stanford dan termasuk universitas yang telah disebutkan di atas, kamu harus memiliki ekstra persiapan lho! Apalagi universitas tersebut tergolong memiliki tingkat seleksi yang ketat. Pertama, kamu harus mengenali dulu potensi yang ada dalam diri kamu. Sehingga kamu bisa menilai dan tidak salah langkah dengan dibarengi dengan belajar dengan rajin juga ya!

Kemudian, perhatikan pencapaian akademik dan non-akademik. Yang mana kamu harus sangat memperhatikan nilai-nilai kamu selama sekolah ataupun kuliah. Para selektor akan melihat hasil ujian kamu, dan akan dijadikan acuan utama dalam menentukan diterima atau tidaknya.

Dengan kita memiliki tekad yang kuat untuk menggapai cita-cita dapat kuliah di 4 universitas tersebut, mungkin akan menjadi kebanggaan untuk diri sendiri hingga keluarga. Namun, ternyata masih banyak yang masih bingung dalam pengurusan dokumen-dokumen untuk pendaftaran.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi tentang 4 universitas luar negeri dengan seleksi masuk tersulit di dunia. Wah sudah pasti kamu harus mempersiapkan semua dokumen dengan matang! Agara kamu tidak kebingungan kira-kira dokumen apa yang harus dipersiapkan, Yuk konsultasikan kebutuhan kamu untuk persiapan dokumen tersebut dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top