Budaya Jepang

Simak! Berikut Ini 5 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Jepang

Kamu memiliki rencana kuliah ke luar negeri namun belum menemukan destinasi negaranya? Zaman sekarang, jarak sudah bukan lagi menjadi penghambat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, termasuk Jepang. Banyak anak bangsa yang berjuang di negeri orang untuk memperdalam ilmu pengetahuan serta meningkatkan keahlian. Jepang merupakan salah satu negara yang bisa menjadi destinasi studi sobat Meddy, berikut 5 alasan kuliah di Jepang selain karena budaya Jepang!

Budaya Jepang sebagai Salah Satu Alasan Kuliah di Jepang

Berikut ini 5 alasan kenapa sobat Meddy harus kuliah di Jepang. Yuk, disimak!

1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Jepang memiliki universitas – universitas terbaik di dunia, lima di antaranya masuk dalam peringkat top 100 di dunia oleh QS World University Rankings. Jepang juga berfokus kuat pada pendidikan, jadi mahasiswa internasional yang mencari pendidikan yang menantang dan berpengaruh tidak perlu meragukan kualitas pendidikan Jepang. Kebanyakan program studi diajarkan sebagian atau sepenuhnya dalam Bahasa Inggris, jadi mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Jepang tidak perlu khawatir dalam mengikuti pelajaran. Dengan semakin banyak program internasional yang tersedia, kamu tidak akan kesulitan menemukan program studi yang cocok buat kamu di Jepang.

2. Program Studi Internasional, Jepang

Pada tahun 2008, Jepang menerbitkan “300,000 International Students Plan” untuk menjadikan Jepang lebih terbuka bagi mahasiswa internasional. Rencana ini bertujuan untuk menerima sekitar 300,000 mahasiswa internasional sebelum tahun 2020. Jadi, Jepang menyambut kedatangan lebih dari 100,000 mahasiswa internasional dalam waktu 5 tahun ke depan. Jika sobat Meddy sedang mencari waktu yang tepat untuk mendaftar ke Jepang, sekarang saatnya! Menanggapi rencana ini, Jepang terus menambah dan mengembangkan program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa internasional. Singkat kata, Jepang ingin mahasiswa internasional berkuliah di negara mereka, dan membantu mereka untuk diterima di universitas Jepang!

3. Melihat Dunia dan Pengembangan Diri

Belajar di luar negeri memberi kamu kesempatan untuk belajar tidak hanya tentang dunia akademik, tetapi juga tentang budaya yang berbeda. Sobat Meddy akan dapat belajar tentang orang – orang – orang, budaya, sejarah dan bahasa dari salah satu budaya paling unik di dunia. Tinggal di luar negeri akan membantu sobat Meddy berkembang sebagai pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Kuliah di negeri juga akan membantu kamu untuk melihat hal – hal dari perspektif baru, dan menghargai perbedaan antar budaya, sambil melihat kesamaan yang mendalam di antara orang – orang.

Baca juga: 4 Rekomendasi Akomodasi Di Jepang Untuk Pelajar Internasional

4. Kesempatan Kerja

Seiring dengan usaha untuk menarik mahasiswa internasional ke Jepang, perusahaan-perusahaan di Jepang juga akan mempekerjakan mahasiswa internasional setelah mereka lulus kuliah. Bidang-bidang yang menyediakan banyak lowongan kerja adalah teknik, TI, investasi perbankan, dan pendidikan. Selain itu, karena Jepang ingin lebih kuat dalam pasar global, semakin banyak kesempatan diberikan bagi mereka yang ingin tinggal dan bekerja di perusahaan jepang di negara lain. Pemerintah Jepang mengumumkan kebijakan untuk membantu mahasiswa internasional mencari pekerjaan, dengan memberikan universitas informasi magang dan lowongan kerja yang dikhususkan bagi mahasiswa internasional. Jadi saat ini, terdapat banyak kesempatan kerja bagi mahasiswa internasional di Jepang!

5. Budaya Jepang yang Penuh Keteladanan

Orang-orang Jepang terkenal dengan karakter positif dan budaya baik yang menjadi teladan bagi bangsa negara lain. Salah satu budaya Jepang juga terkenal yaitu budaya malu. Budaya malu yang mereka miliki sering kali membentuk mereka menjadi pribadi yang pekerja keras dan tak kenal menyerah. Mereka tak ingin gagal dalam mencapai suatu tujuan yang mereka impikan. Mereka terkenal dengan sifat sabar dan fokus dalam menjalani kehidupan. 

Budaya Jepang memperlihatkan bahwa kadang mereka rela menghabiskan waktu lebih lama di laboratorium untuk mengerjakan suatu penelitian dengan efisiensi yang tetap bagus. Jika gagal, hal itu tidak akan membuat mereka putus asa dan akan dicoba lagi hingga berhasil. Mereka juga sangat menghargai waktu dan disiplin dalam menjalani rutinitas hidup. Budaya dan karakter yang seperti ini membentuk lingkungan positif dan  tentu sangat baik untuk membantu sobat Meddy mengantarkan kesuksesan belajar.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi singkat mengenai 5 alasan kuliah di Jepang. Pasti tertarik dong buat kuliah di negeri Sakura tersebut, yuk persiapkan sebaik mungkin untuk kamu kuliah di sana! Jangan khawatir, kamu bisa konsultasikan mengenai persiapan dokumen dan lainnya dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi tim kami di sini.  Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di Jepang ya. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top