5 Beasiswa Luar Negeri yang Dapat Didaftar Sebelum Lulus!

5 Beasiswa Luar Negeri yang Dapat Didaftar Sebelum Lulus!

Program beasiswa luar negeri mungkin menjadi salah satu hal yang ditunggu – tunggu untuk kalangan calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah lulus untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi entah itu di universitas dalam maupun luar negeri. Nah, inilah kesempatan kamu untuk mempersiapkan diri karena ada 5 beasiswa yang bisa kamu ikuti meskipun kamu belum lulus loh! Dan deadlinenya pun dari bulan Maret sampai Juni.

Berikut 5 Beasiswa Luar Negeri, Tersedia di Tahun 2021

Sobat Meddy, diartikel sebelumnya sudah dibahas bagiamana pentingnya dan manaatnya beasiswa luar negeri untuk pendidikan kamu. Dengan beasiswa yang tersedia ini kamu bisa lebih mempersiapkan persyaratan dan mengenalinya lebih jauh lagi. Cek 5 Beasiswa Luar Negeri yang tersedia tahun 2021 untuk kamu!

beasiswa-luar-negeri
By Google

1. Beasiswa Luar Negeri, Invest Your Talent in Italy

Italia merupakan salah satu negara populer sebagai destinasi studi pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan kualitas pendidikan yang tinggi dan konsisten, kesempatan untuk mendapatkan pelatihan kerja di perusahaan – perusahaan besar Italia, dan negaranya yang indah adalah beberapa alasan utama yang membuat Italia banyak dipilih oleh pelajar internasional.

Melihat besarnya potensi yang dimiliki mahasiswa internasional sebagai instrumen dalam menambah nilai globalisasi di negaranya, The Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation bekerja sama dengan ITA (Italian Trade Agency) dan Uni Italia memprakarsai Invest Your Talent in Italy (IYT) – Program beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional terbaik untuk melanjutkan studi jenjang S2 atau postgraduate studie di salah satu universitas di Italia. Beasiswa IYT sudah terbuka untuk mahasiswa Indonesia sejak tahun 2017. Adapun tunjangan yang diberikan dari beasiswa ini adalah:

  • Tunjungan Hidup

Tunjangan hidup sebesar €900,00 per bulan (Tunjangan akan didistribusikan setiap 3 bulan)

  • Tidak Ada Biaya Kuliah

Penghapusan biaya perkuliahan secara total atau parsial

  • Dimahirkan Bahasa Italia

Kamu juga akan mendapat kursus bahasa Italia

  • Berbahasa Inggris

Mata kuliah dalam bahasa Inggris

  • Tersedia Program Magang

Praktik Kerja di perusahaan Italia

  • Akomodasi gratis

Dukungan untuk akomodasi, aktivitas integrasi di Italia dan lain sebagainya

Untuk info beasiswa lebih lanjut mengenai dokumen yang diperlukan, kunjungi laman resmi di IYT Scholarship ya. Deadline untuk pendaftaran beasiswa ini hingga 26 Maret 2021.

Baca juga: Beasiswa Jepang, Nippon Foundation Fellowship 2021

2. Chinese Government Scholarship, University Track

Chinese Government Scholarship (CGS) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah China kepada para pelajar internasional (bukan hanya warga negara China) untuk menempuh studi S1/S2/S3 atau yang ingin melakukan penelitian di Negeri Tirai Bambu tersebut. Dalam skema CGS terdapat berbagai macam beasiswa yang disediakan, baik yang sifatnya full atau beasiswa penuh maupun parsial, tergantung bagaimana mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa yang membawamu untuk berkuliah di China ini mensyaratkan sertifikat bahasa HSK/IELTS/TOEFL. Di samping itu, batasan usia untuk pendaftar beasiswa ini, maksimal usia 35 tahun untuk S2 dan maksimal usia 40 tahun untuk S3. Beberapa kampus yang masih membuka pendaftaran untuk beasiswa ini adalah:

1. Nanjing University (deadline 31 Maret)

2. Jiamusi University (deadline 30 Maret)

3. Guangxi University (deadline 30 April)

4. Yangtze University (deadline 1 April)

5. College of International Education, ECUST (deadline 30 Juni)

Tidak hanya sebatas Beasiswa Pemerintah biasa, ternyata tersedia juga banyak fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas yang ditawarkan ketika mendapatkan beasiswa ini, sebagai berikut:

  • Biaya Kuliah

Biaya kuliah (Registrasi dan SPP)

  • Akomodasi

Tanggungan akomodasi (berupa asrama di dalam kampus), jika universitas memberikan izin tinggal diluar asrama makan akan diberikan stipend untuk program S2 700 RMB/ bulan dan program S3 1000 RMB/ bulan.

  • Tunjangan Hidup

Tunjangan hidup. Untuk program S2 3000 RMB/ bulan, dan S3 3500 RMB/ bulan.

  • Asuransi Kesehatan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan kunjungi laman resmi CGS ini ya dan deadline Maret – Juni 2021 tergantung universitas masing – masing.

Beasiswa-sebelum-lulus
By Google

3. Padua International Excellence Scholarship Programme

5 beasiswa berikutnya, Universitas Padua, di wilayah Veneto dan organisasi lain tengah menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional. University of Padua menawarkan beasiswa kepada calon mahasiswa yang sangat berbakat yang ingin mengejar gelar Sarjana (S1) ataupun Magister (S2).

Program ini sepenuhnya diselenggarakan dalam bahasa Inggris di Padua. Program beasiswa ini merupakan salah satu program yang sangat selektif. Hanya kandidat yang menunjukkan prestasi tertinggi yang akan menerima beasiswa tersebut. 

Program ini merupakan beasiswa fully funded yang terbuka bagi seluruh pelajar internasional dari berbagai negara. Beasiswa ini dikhususkan untuk para pelajar yang mengambil program kuliah dalam bahasa Inggris.

Adapun, fasilitas yang disediakan untuk para calon penerima beasiswa ini adalah biaya kuliah dan tunjangan sebesar €8,000 per tahun akademik. Untuk informasi selengkapnya mengenai persyaratan hingga dokumen yang diperlukan, kamu dapat mengunjungi laman disini ya. Deadline untuk beasiswa ini hingga 2 Juni 2021.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Unik di Dunia

4. Ireland GOI – IES

Irlandia bisa menjadi salah satu tujuan studi kamu di Benua Biru, Eropa. Meskipun pendidikan negara ini tidak sepopuler negara Eropa lainnya, seperti Jerman, Prancis, atau Belanda. Namun, kualitas pendidikan di Irlandia tidak diragukan. 

Irlandia memiliki sejumlah kampus terbaik yang bisa menjadi tujuan studi kamu. Seperti misalnya Royal College of Surgeons dan university College Dublin. Yang menari, Pemerintah Irlandia juga menawarkan program beasiswa internasional yang bisa dilamar oleh calon mahasiswa dari negara – negara Uni Eropa, seperti Indonesia. Salah satu beasiswanya yaitu Government of Ireland – International Education Scholarship (GOI – IES)

Kemudian, Beasiswa GOI – IES yang ditawarkan melalui The Higher Education Authority (HEA) Irlandia sedang membuka pendaftaran beasiswanya untuk pelajar internasional yang ingin menempuh studi S1, S2, dan S3 di Irlandia. Ada puluhan universitas yang dapat dilamar melalui program beasiswa GOI – IES ini. Dan pada tahun ini pun terdapat 60 kuota beasiswa yang tersedia. Cakupan beasiswa yang akan kamu peroleh adalah:

1. 10 Ribu Euro untuk satu tahun

  1. Beasiswa sebesar €10.000 yang diberikan untuk satu tahun studi dapat digunakan untuk keperluan mahasiswa dan juga biaya hidup selama satu tahun di Irlandia

2. Free Biaya Pendaftaran

Bebas biaya pendaftaran lainnya di pendidikan tinggi Irlandia

Untuk informasi selengkapnya mengenai prosedur dan persyaratan pendaftaran beasiswa tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi laman resminya Eurireland Deadline untuk program beasiswa ini sampai 26 Maret 2021.

5. Global Korea Scholarship, University Track

Dan 5 beasiswa terakhir, Global Korea Scholarship (GKS) atau yang biasa disebut dengan KGSP adalah program beasiswa dari pemerintah Korea Selatan. Setelah menawarkan beasiswa S1, Pemerintah Korea kembali menyedia untuk program S2 dan S3 di tahun 2021. 

Melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP), pelamar internasional termasuk Indonesia diberi kesempatan untuk melanjutkan studi di Korea dengan biaya penuh dari Pemerintah Korea. Beasiswa ini memiliki kuota total 1.278 kursi untuk 145 negara. Indonesia mendapat bagian sekitar 65 kursi beasiswa pada 2021 – 2022.

Beasiswa GKS University Track mewajibkan kandidatnya untuk mendaftar langsung ke kampus tujuan. Tahun ini terdapat slot 39 awardee dari Indonesia loh! Beberapa kampus yang masih buka, yaitu:

  • Tiket PP

  • Tunjangan kedatangan

  • Tunjangan biaya hidup

  • Asuransi Kesehatan

  • Pelatihan Bahasa

  • Tunjangan riset

  • Tunjangan printing tesis

  • Degree Completion Grants

  • Korean Proficiency Grants

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran hingga persyaratan yang dibutuhkan mendaftar program beasiswa ini, kunjungi laman resminya. Dan deadline dari bulan Februari – April 2021 (Tegantung universitas).

Itulah informasi singkat mengenai 5 beasiswa yang dibuka tanpa harus menunggu kamu lulus, dengan deadline dari bulan Maret – Juni 2021. Tunggu apalagi sahabat Meddy, segera kunjungi laman resmi di masing-masing program beasiswa. Dan persiapkan segala dokumen dengan baik, siapa kamu adalah salah satu dari sekian banyaknya orang yang terpilih di salah satu program beasiswa tersebut.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi tentang 5 beasiswa yang dapat didaftar sebelum lulus S1! Temukan informasi perihal beasiswa lainnya, di laman kami. Kamu pun juga bisa konsultasi perihal persiapan dokumen beasiswa dengan tim expert study aboard dari Mediamaz Scholar loh! Informasi lengkapnya, hubungi kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top