Jurusan jurnalisme Favorit di Kanada

5 Jurusan Favorit di Kanada 2022, Mulai dari Bisnis Hingga Jurnalisme

Kuliah sesuai dengan jurusan favorit merupakan keinginan banyak orang. Kali ini Meddy ingin mengajak sahabat Meddy untuk berkenalan dengan jurusan-jurusan favorit dari Kanada. Termasuk jurusan jurnalisme dan bisnis. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kenapa Jurusan Jurnalisme dan Bisnis Salah Satu Jurusan Terbaik di Kanada?

Terkenal sebagai negara dengan dua bahasa resmi (Inggris dan Perancis). Kanada menjadi salah satu negara favorit bagi para pelajar internasional. Tahun 2022, Kanada memiliki beberapa institusi pendidikan tinggi Kanada yang masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik versi Times Higher Education.

Alasan

Negara yang terkenal dengan daun maple di benderanya ini memberikan beberapa alasan kenapa sahabat Meddy harus mempertimbangkan Kanada sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Apalagi mengambil jurusan jurnalisme dan bisnis.

  • Kanada merupakan negara dengan tingkat kriminalitas yang rendah.
  • Pendidikan di Kanada berfokus pada penelitian. Pemerintah Kanada bahkan memberikan dukungan dalam jumlah besar untuk penelitian dalam disiplin kedokteran, telekomunikasi, pertanian, ilmu lingkungan dan teknologi.
  • Biaya kuliah di Kanada jauh lebih terjangkau daripada di AS dan Inggris.
  • Masyarakatnya ramah dan berasal dari berbagai macam budaya. Disini juga terdapat berbagai festival yang dapat sahabat Meddy nikmati, antara lain festival jazz internasional, NHL hockey, calgary stampede, poutine week, serta just for laughs comedy di Montreal.
  • Memiliki mutu pendidikan yang tinggi dan telah diakui secara internasional.
  • Memiliki keindahan alam yang beragam yang bisa sahabat Meddy eksplor ketika berada di Kanada.
  • Semua sista internasional yang belajar di Kanada harus memiliki asuransi kesehatan. Layanan medis dasar dan preventif, serta perawatan darurat, dicakup oleh sistem perawatan kesehatan provinsi di Kanada. 
  • Adanya kesempatan bekerja full time setelah lulus selama tiga tahun bagi siswa internasional.

Jurusan Favorit Di Kanada

Bagi sahabat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan studi di Kanada, berikut ini lima jurusan favorit yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Jurusan Jurnalisme Bisnis

Adanya jaminan karir yang jelas membuat jurusan jurnalisme bisnis diminati di berbagai negara, salah satunya Kanada. Salah satu keuntungan yang akan para siswa internasional dapatkan setelah lulus yaitu adanya izin untuk tinggal dan bekerja penuh waktu di Kanada selama tiga tahun. Jurusan bisnis di Kanada menekankan pada teori dan praktek. Selain itu, jurusan bisnis di Kanada menyadari pentingnya multiple skills dan wawasan global dalam kemakmuran pasar kerja. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sekolah bisnis yang mendorong para siswa untuk memperoleh double degree dengan cara menggabungkan kuliah jurusan perdagangan dengan jurusan bisnis. Dari segi biaya, jurusan bisnis memiliki harga yang berbeda dari provinsi ke provinsi. Berikut ini tiga kampus yang bisa sahabat Meddy pertimbangkan jika  tertarik belajar bisnis di Kanada:

UBC Sauder School of Business, University of British Columbia

Selain berada di urutan pertama dalam jurusan bisnis, University of British Columbia juga masuk kedalam QS World University Rankings by Subject dan berada di urutan ke-40 di dunia. Di UBC, sahabat Meddy tidak hanya akan belajar teori saja tapi juga akan mendapatkan kolaborasi proyek hingga perjalanan internasional. Kamu juga dituntut menjadi seorang jurnalis disini.

UBC juga memiliki jejaring alumni yang kuat sehingga mampu membantu sahabat Meddy dalam menghadapi dunia kerja. Terletak di Vancouver, UBC akan memberikan pemandangan gedung-gedung perkotaan serta  barisan Gunung Seymour, Grouse, dan Cypress secara bersamaan. Jika sahabat Meddy tidak tertarik dengan pegunungan, maka kamu dapat berenang, berjemur, serta bersepeda di sepanjang garis pantai. Vancouver memiliki banyak pantai mulai dari Pantai Kitsilano, Pantai Spanish, Pantai Jericho, pantai Anjing di mana anjing bisa bebas berkeliaran, Pantai Sunset, English Bay, Second Beach, dan Third Beach.

Rotman School of Management, University of Toronto

Di urutan kedua terdapat Roman yang merupakan bagian dari University of Toronto. Rotman merupakan sekolah bisnis yang terletak di Toronto dan didirikan dengan tujuan mengubah bisnis dan masyarakat menjadi lebih baik. Para siswa yang datang kesini akan mendapatkan pengetahuan serta kepercayaan diri dalam menghadapi dunia kerja. Dengan memilih Rotman, maka sahabat Meddy akan belajar mengenai pemecahan suatu masalah serta pengambilan keputusan yang efektif. Hal ini dibuat dengan tujuan menjadikan para alumninya sebagai pemimpin, pengusaha, serta agen perubahan. 

Desautels Faculty of Management, McGill University

Desautels Faculty of Management dari McGill University telah menjadi salah satu sekolah bisnis terkemuka di dunia. Didirikan pada tahun 1906, kampus yang satu ini masuk ke dalam 100 besar universitas di dunia versi QS. Dengan memilih Desautels Faculty of Management, sahabat Meddy akan mendapatkan pusat penelitian yang inovatif dan bersejarah. pembelajaran di Desautels menggabungkan antara penelitian, praktik, dan pengajaran. Di McGill University terdapat komunitas pelajar yang beragam dan berasal dari berbagai negara. Jangan lupakan letak kampus ini yang berada di Montreal dan merupakan kota pelajar pelajar terbaik di Amerika Utara menurut QS Best Student Cities.

Baca juga: Kuliah di Kanada, 5 Universitasnya Recomended untuk Kamu Loh!

2. Jurusan Keperawatan, Jurusan Favorit Selain Jurnalisme

Bagi sahabat Meddy yang ingin bekerja di dunia kesehatan namun tidak mau menjadi dokter, maka jurusan keperawatan bisa jadi alternatif buat kalian. Selain jurusan bisnis, keperawatan juga menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Saat memilih jurusan keperawatan, sahabat Meddy akan belajar mengenai teori dan teknologi terbaru untuk merawat serta mengembalikan kesehatan mental dan fisik seseorang yang mengidap suatu penyakit dan penyandang disabilitas. Di jurusan favorit yang satu ini, sahabat Meddy akan belajar mengenai teori keperawatan, jalur fisiologi, anatomi manusia dan fisiologi, psikologi dan pendidikan umum. Ketika lulus nanti, para alumninya dapat bekerja sebagai Spesialis Perawat Klinis, Bidan Perawat Anestesi, Perawat Forensik, Editor atau Penulis Medis, Penjualan Farmasi atau  Medis, serta Perawat Penelitian.

Berikut adalah universitas dengan jurusan keperawatan terbaik di Kanada, yaitu University of Toronto, University of British Columbia, serta McGill University.

Keuntungan Jurusan Keperawatan

Sahabat Meddy juga akan mendapatkan berbagai keuntungan jika memilih jurusan keperawatan di Kanada, antara lain:

  1. Mendapatkan gelar yang diakui secara internasional.
  2. Memiliki berbagai program mulai dari program pelatihan hingga pascasarjana.
  3. Masyarakat yang ramah dan beragam, hal ini memberikan kesempatan bagi siswa internasional untuk berinteraksi dengan orang lain yang memiliki budaya serta latar belakang yang berbeda.
  4. Tersedia program magang dan kesempatan bekerja di Kanada selama tiga tahun setelah lulus.

3. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan selanjutnya yang memiliki prospek kerja menjanjikan yaitu jurusan ilmu komputer. Kanada merupakan salah satu negara industri teknologi, hal ini menjadikan perkembangan jurusan ilmu komputer mendapatkan prioritas tersendiri. Saat memilih jurusan ilmu komputer, sahabat Meddy akan belajar mengenai manajemen proyek, pengembangan perangkat lunak, analisis data, hingga keamanan informasi. 

Kenapa Belajar Ilmu Komputer di Kanada

Berikut ini beberapa alasan kenapa sahabat Meddy harus memilih Kanada jika memilih jurusan ilmu komputer:

  • Kanada memiliki universitas yang terkenal secara internasional.
  • Jurusan ilmu komputer di Kanada lebih menekankan pada memberikan pengalaman langsung dalam konsep teknis lanjutan, manajemen proyek, serta memecahkan masalah teknis yang kompleks.
  • Profesional TI telah menjadi salah satu dari 10 pekerjaan paling laris di Kanada pada tahun 2018.
  • Kanada memiliki permintaan tinggi untuk para ahli IT yang berkualitas. Selain itu, berbagai perusahaan IT berbasis di Toronto, waterloo dan montreal.

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Komputer di Kanada

Berikut ini rekomendasi universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik di Kanada:

  • University of British Columbia
  • University of Ontario Institute of Technology
  • Dalhousie University
  • Simon Fraser University
  • Western University
  • Ryerson University
  • University of Toronto

Baca juga: Mau Kerja di Dunia Musik? Ini Dia 5 Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Amerika Serikat

4. Jurusan Ilmu Bumi

Isu perubahan iklim yang semakin parah menyebabkan lulusan ilmu bumi dibutuhkan dimana saja. Kanada merupakan salah satu negara yang tertarik dengan isu lingkungan, hal ini menjadikan Kanada sebagai tempat yang tepat jika sahabat Meddy tertarik untuk belajar mengenai ilmu bumi. Saat memilih jurusan favorit yang ini, sahabat Meddy akan belajar mengenai struktur bumi, sifat, proses, dan empat setengah miliar tahun evolusi biotik. Nantinya pengetahuan yang dimiliki oleh para ilmuwan bumi dapat membantu masyarakat dalam mengatasi banyak hal mengenai lingkungan. 

  • Pengetahuan mengenai struktur, stratigrafi, dan komposisi kimia kerak bumi membantu masyarakat menemukan sumber daya yang menopang dan memajukan kualitas hidup.
  • Memahami kekuatan di kerak, dan proses alami di permukaan memungkinkan kita untuk mengantisipasi bencana alam seperti gunung berapi serta gempa bumi.
  • Dan yang terakhir, pemahaman mengenai fisika yang dimiliki para ilmuwan bumi dapat memungkinkan masyarakat untuk mengantisipasi perubahan besar dalam kondisi lingkungan global serta mampu membuat masyarakat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. 

Rekomendasi Universitas

Berikut ini beberapa universitas yang bisa sahabat Meddy pertimbangkan saat memilih jurusan ilmu bumi di Kanada:

  1. Dalhousie University
  2. University of Calgary
  3. University of Victoria (UVic)
  4. Memorial University of Newfoundland
  5. Universite du Quebec

5. Jurusan Media dan Jurnalisme

Perkembangan teknologi menyebabkan informasi menjadi cepat tersebar. Hal ini menyebabkan lulusan dari jurusan media dan jurnalisme banyak dicari. Setelah lulus, para siswanya diharapkan dapat:

  1. Melaporkan berita secara rinci, akurat, profesional, dan tepat waktu.
  2. Mampu menerapkan keterampilan komputer untuk fungsi produksi dalam jurnalisme.
  3. Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim sebagai editorial ataupun produksi.
  4. Memiliki kemampuan menganalisis berita terkini.
  5. Mematuhi kode etik jurnalisme.
  6. Menulis, mengedit, serta mempublikasikan konten sesuai dengan platform yang sudah ditentukan.

Rekomendasi Universitas

Berikut ini beberapa universitas yang dapat sahabat Meddy pertimbangkan jika memilih kuliah jurusan media dan jurnalisme di Kanada:

  1. McGill University
  2. Universite de Montreal
  3. York University
  4. Simon Fraser University
  5. Concordia University

Setelah lulus, para siswanya dapat bekerja di koran dan majalah, penyiaran radio maupun televisi, firma hukum, perusahaan konsultan, editor buku, layanan penelitian opini publik, universitas, penulis independen, maupun kelompok advokasi sosial.

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai jurusan paling favorit di Kanada, kira-kira sahabat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Kanada? Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan jika memilih studi di Kanada serta gabungan dari perkotaan dan pemandangan alam yang bisa dilihat setiap hari, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top