5 Jurusan Kuliah Unik di Dunia, dari The Simpsons hingga Meme!

5 Jurusan Kuliah Unik di Dunia, dari The Simpsons hingga Meme Kucing!

Ketika memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang lanjutan, tentunya memilih jurusan akan membawa kerumitan dan kebingungan tersendiri. Banyaknya jurusan yang ada di tiap perguruan tinggi menjadi opsi yang terlalu banyak. Dengan banyaknya jurusan yang ditawarkan, pasti pernah merasa aneh dengan 5 jurusan kuliah yang sangat unik, seperti The Simpsons dan Belajar membuat Meme atau Meme Kucing. Lalu, timbulah pertanyaan, untuk apa sih disiplin ilmu seperti itu?

Kenapa Ada Kuliah Jurusan Unik, Seperti The Simpsons dan Studi Membuat Meme Kucing?

Sobat Meddy, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa ada jurusan kuliah seunik ini. Padahal dari umumnya yang sering kita temui kalau jurusan atau program studi yang biasa kita ambil adalah berbentuk mata kuliah formal, sedangkan di artikel ini ditemui Jurusan Unik di dunia, Bahkan sampai ada jurusan The Simpsons dan Studi membuat Meme. Wah terbayang dong kalau aa mata kuliah membuat Meme Kucing?

meme-kucing
By Pixabay

1. Bidang Ilmu Sains Pemakaman di Universitas Distrik Columbia

Dari nama jurusannya, sudah membuat kesan aneh dan seram. Mungkin tak banyak orang yang mengetahui tentang jurusan satu ini. Karena selama ini, pemakaman dilakukan dengan lancar tanpa adanya pihak ahli yang benar – benar menempuh disiplin ilmu. Padahal, pemakaman itu sendiri sangat membutuhkan keterampilan. Berikut fakta menariknya:

  • Pernah Ada Aktris Hollywood

Jika kalian pernah melihat aktris Hollywood Kim Kardashian melakukan kursus tentang bagaimana menangani mayat atau jenazah maka ada ilmu yang khusus mempelajari tentang mengurus jenazah. Mulai dari memandikan, merias jenazah, hingga di kremasi atau di masukan ke dalam peti jenazah.

  • Tersedia di Univ Dunia

Salah satu universitas di dunia, yaitu University of the District of Columbia Community College menawarkan jurusan yang cukup menantang ini. Dibutuhkan pengetahuan khusus dalam penanganan jenazah. Lulusan jurusan ini bisa menjadi tenaga profesional untuk pengurusan jenazah.

  • Bersinggungan dengan Kedokteran

Mata kuliahnya sendiri sedikit bersinggungan dengan kedokteran, seperti anatomi, fisiologi, dan patologi, namun mereka juga belajar orientasi layanan pemakaman (Funeral Service Orientation), sejarah dan sosiologi proses pemakaman (History & Sociology of Funeral Service), hingga hukum proses pemakaman (Funeral Service Law). Prospek kerjanya pun, para lulusan jurusan ini bisa bekerja di rumah sakit, klinik, bidang kesehatan, hingga koroner.

Baca juga: Ada Kanibalisme, Berikut 10 Daftar Matkul Teraneh di Dunia 

2. Jurusan Pendidikan Petualangan, Plymouth State University

Siapa yang menyangka jika ingin menjadi seorang petualang harus menempuh kuliah jurusan Adventure Education? Mungkin, bagi kebanyakan orang untuk menjadi seorang petualang hanya perlu sebuah keberanian dan tekad, maka saat berada di alam luar secara naluriah tubuh akan beradaptasi.

Salah satu universitas di Inggris, Plymouth South University  menawarkan jurusan Adventure Education. Di jurusan ini para mahasiswa akan memperdalam ilmu mengenai dasar – dasar kegiatan outdoor, mendaki yang baik dan aman, terapi petualangan, dan akan diajarkan mengenai cara menggunakan lokasi luar ruangan (outdoor) terhadap anak – anak maupun orang dewasa agar dapat mendorong pertumbuhan diri.

Mata kuliah yang diajarkan juga tidak kalah asyik. Mahasiswa bisa mengambil kelas panjat tebing (Rock Climbing Fundamentals), mendayung kuno (Canoe Paddling Fundamentals), dan ekspedisi alam liar (Wilderness Expedition). Seru bukan?

3. Jurusan Video Game Design Program, University of Central Florida, USA 

5 jurusan kuliah unik selanjutnya, ini cocok untuk para penyuka game. Tiap hari yang dipelajari hanya tentang game seperti bagaimana sebuah game bisa jadi bisnis dengan penghasilan besar, belajar teknik permainan, dan bagaimana membuat grafis video game. Berikut fakta menarik Jurusan Kuliah Video Game :

  • Menjadi Peruntungan Tersendiri

Video game memang bisa menjadi hal yang cukup serius belakangan ini. Bagaimana sebuah permainan bisa jadi sebuah bisnis dengan penghasilan besar seperti layaknya production house untuk film – film. Di university of Central Florida ada jurusan khusus dalam pembuatan video game.

  • Harus Punya Basic Ilmu Komputer

Jika kamu mengambil kuliah S1 di jurusan ini, kamu akan diajak untuk memantapkan ilmu komputer, dan juga mempelajari cara membuat game, mulai dari desain visual, animasi komputer, programming video game, arsitektur perangkat keras, kemudian memasuki pengenalan game design dan dilanjutkan dengan games design tahap menengah.

  • Ada Bidang Khusus Mendalam

Jika di jenjang S2 akan membahas lebih dalam lagi tentang beberapa bidang studi utama berikut: Seni Kreatif dan Desain, Ilmu Komputer, Sistem dan Teknologi, Pengembangan Desain Produk, Bisnis dan Kewirausahaan. Program kuliah S2 pada umumnya berdurasi 2 tahun, termasuk kesempatan magang di perusahaan animasi/game, dan juga tugas akhir membuat klip game sebagai portofolio.

jurusan-kuliah-unik
By Pixabay

4. Jurusan the Simpsons and Philosophy, University of California

The Simpsons memang dikenal sebagai serial animasi dengan muatan dewasa yang kental. Berbagai lelucon dan celetukannya kadang terlalu berat tetapi tetap dapat dinikmati semua kalangan. Pantas jika The Simpsons menjadi salah satu serial animasi terbaik sepanjang sejarah.

University of California di Berkeley membuka sebuah jurusan buat orang – orang yang menggilai The Simpson loh. Kelas ini mengkaji serial kartun The Simpsons dari perspektif berbagai filsuf dunia seperti Nietzsche, Karl Marx, Immanuel Kant dan Plato. 

jurusan-kuliah-terunik
By Pixabay

5. Jurusan Meme Studies, Benarkah Membuat Meme Kucing?

Meme bagi kita mungkin hanya sebuah hiburan semata. Namun berbeda dengan di Northwestern University, ada jurusan yang khusus mempelajari tentang meme. Bahkan banyak mahasiswa yang setelah belajar ilmu meme disini jadi lebih lucu dan jago ngelawak. Ini fakta menariknya:

  • Berlatar belakang Internet Sentris

Dilatar belakangi oleh internet sentris yang saat ini melanda anak muda, jurusan khusus yang mempelajari sejarah hingga bagaimana meme bisa viral. Nama jurusan kuliahnya saja Internet Memeology. Sobat Meddy pasti membayangkan kalau ada studi yang bisa membedah bagaimana ada meme lucu seperti meme kucing, meme anak kecil, meme spongebob dan lain sebagainya. 

  • Studi Meme Kucing Punya Prospek yang Cukup Baik

Jurusan ini memiliki prospek yang cukup baik karena internet yang terus berkembang. Pengguna internet yang masih muda cenderung menyukai konten – konten lucu seperti meme. Maka, ahli meme dapat dipekerjakan di berbagai perusahaan teknologi atau bidang lainnya. Tugasnya mereka yaitu memproduksi meme untuk hiburan atau iklan. Jumlah tayangan dan tanggapan dari masyarakat akan mengalirkan uang pada perusahaan.

Ternyata jurusan kuliah itu nggak harus itu – itu aja loh. Nggak harus ilmu matematika, ilmu sains, teknik maupun ilmu sosial. Ada seperti 5 jurusan kuliah yang rasanya lebih bisa dibilang practical dan dinamis mengingat zaman yang sudah mulai menciptakan budaya baru. Kalau, 5  jurusan kuliah tersebut ada di Indonesia apakah kamu mau mempelajarinya?

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi 5 jurusan kuliah unik di dunia! Untuk kamu yang masih bingung dengan persiapan dokumen pendaftaran beasiswa atau kuliah di luar negeri, kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top