5 Jurusan Kuliah yang Dapat Membantu Selamatkan Dunia

5 Mata Kuliah yang Dapat Membantu Selamatkan Dunia

Akhir-akhir ini kita sering banget menemukan berbagai berita bencana alam. Mulai dari banjir, kabut asap dari kebakaran hutan, longsor, dan lainnya. Memang ada beberapa bencana yang di luar kendali manusia, tapi kita sebagai manusia bisa loh menjadikan bumi ini lebih baik dengan mempelajari plus melakukan berbagai tindakan preventif dan tindakan-tindakan yang tepat dalam mengatasi bencana. Artikel ini akan membahas mengenai 5 mata kuliah yang dapat membantu selamatkan bumi!

Mata Kuliah yang Dapat Membantu Selamatkan Dunia

Berikut ini rekomendasi 5 mata kuliah yang bisa membantu selamatkan dunia. Yuk, disimak!

1. Mata Kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota/ Planologi

Jurusan kuliah yang pertama, Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dikenal juga dengan mana jurusan teknik planologi. Bidang ini mempelajari kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik. Program studi ini juga akan mempelajari dasar – dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Mulai dari bidang konstruksi dan bangunan, pemetaan, arsitektur, hingga perencanaan kota dan juga wilayah.

Berikut ini contoh pekerjaan menarik untuk lulusan jurusan planologi:

  1. Arsitek.
  2. Konsultan arsitek.
  3. Ahli peta geografi.
  4. Ahli perencanaan wilayah dan kota.
  5. Konsultan bangunan dan proyek.
  6. Manajer atau surveyor pembangunan.

2. Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan kuliah yang kedua adalah teknik lingkungan, merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Dulu teknik lingkungan bernama teknik penyehatan, ilmu yang dipelajari pun berkaitan erat dengan kesehatan. Dengan semakin populernya praktik Go Green, peluang kerja para lulusan teknik lingkungan pun semakin baik.

Adapun deretan peluang kerja untuk Jurusan Teknik Lingkungan, sebagai berikut:

  1. Ilmuwan lingkungan hidup (environmental scientist).
  2. Manajer/ Pengelola lingkungan (environmental manager).
  3. Environmental engineer.
  4. Zoologist.
  5. Hydrologist.

3. Mata Kuliah Manajemen Bencana

Jurusan manajemen bencana merupakan sebuah jurusan kuliah yang mempelajari rumusan dan penerapan kebijakan tata kelola kebencanaan dan kaitannya dengan perkembangan lingkungan strategis, serta mampu berperan sebagai analisis, akademis, dan praktisi pertahanan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Program studi yang satu ini merupakan salah satu jurusan kuliah yang sepi peminat tapi memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Lulusan dari jurusan manajemen bencana ini biasanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang keselamatan, yang bisa menjadi ketrampilan menyelamatkan nyawa dalam banyak situasi. Selanjutnya, para mahasiswa ini belajar bagaimana mengatur kelompok besar orang, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Lulusan manajemen bencana memiliki prospek kerja sebagai:

  • Pengamanan negara (TNI, POLRI, TARUNA).
  • Analisis tata kelola kebencanaan.
  • Konsultan kebencanaan.
  • Peneliti tentang kebencanaan.
  • Lembaga swadaya masyarakat bidang kebencanaan.
  • Ahli kebencanaan pada instansi kebencanaan (Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan lain-lain).
  • Ahli kebencanaan di instansi terkait (instansi kesehatan, sosial, pendidikan, dan lain-lain).

4. Jurusan Oseanografi

Jurusan kuliah selanjutnya, oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang – bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Walau demikian, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas. Betapa tidak, fakta menunjukkan bahwa lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga lautan.

Prospek kerja lulusan oceanografi yaitu:

  • Marine environmental scientist.
  • Teknik kelautan.
  • Marine seismic navigator atau offshore navigator.
  • Peneliti atmosfer dan luar angkasa.
  • Oceanographer.
  • Spesialis konservasi alam.
  • Hydrographic surveyor.

5. Jurusan Kehutanan

Mata kuliah yang terakhir adalah kehutanan, merupakan ilmu yang secara komprehensif mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan seperti keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan lain sebagainya. Ilmu kehutanan juga termasuk tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Prospek kerja lulusan jurusan kuliah kehutanan yaitu:

  • Pegawa Negeri Sipil (PNS).
  • Pengrajin mebel.
  • Dosen.
  • Peneliti bioteknologi.
  • Teknisi konservasi lingkungan.
  • Ekonom.
  • Wirausaha.
  • Chocolatier.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Unik di Dunia, dari The Simpsons hingga Meme!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai 5 jurusan kuliah yang dapat membantu selamatkan dunia! Sebagai partner dalam mewujudkan cita – cita, Meddy siap banget membantu kamu dalam mencari solusi pengurusan dokumen – dokumen untuk kuliahmu lho! Apalagi kalau kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, jangan khawatir! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan lainnya, seperti kelas bahasa asing, TOEFL/IELTS Preparation Test, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, hubungi kami disini. Setelah membaca artikel diatas semoga sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk melanjutkan pendidikan menggunakan beasiswa ya. 

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top