Universitas terbaik di dunia ini jadi tempat lokasi film

Viral! 5 Kampus di Dunia Tempat Syuting Film Legendaris, Ada Harry Potter?

Pasti diantara kamu menyukai film. Ya, Film adalah sebuah gambar bergerak. Kenapa disebut demikian? Karena dulu ketika menyiapkan sebuah film untuk ditonton bersama, orang zaman dulu menggunakan beberapa bagian gambar lalu digulung dan diputar. Sehingga pembentukan film pada zaman dulu sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, hanya orang-orang yang memiliki dana lebih lah yang bisa menonton film. Film juga dijadikan sebagai hadiah pada zaman dulu lho! Nah, Dalam sebuah alur cerita sebuah film, kerap kali menyajikan berbagai adegan yang berlokasikan di sebuah universitas terbaik di dunia.

Universitas Terbaik di Dunia : Inggris

Khususnya bagi film yang dilatar belakangi cerita para pelajar di usia remaja dewasa. Banyak pembuat film yang memilih lokasi shooting di kampus sehingga membuat lokasi tersebut menjadi tempat yang populer. Terdapat beberapa kampus atau universitas yang terkenal berkat digunakan sebagai lokasi shooting. Di samping kepopuleran dan keberhasilannya sebuah film, ikon tempat dan lokasi jelas telah menarik berbagai perhatian publik. Secara tidak langsung membuat lokasi tersebut menjadi sebuah destinasi wisata yang populer baik bagi para mahasiswa kampus atau publik masyarakat. Berikut Meddy berikan info mengenai universitas mana saja yang pernah menjadi lokasi shooting film hollywood:

Universitas Oxford

univeristas terbaik di dunia

kampus dunia yang pertama adalah Oxford University. Selain menjadi salah satu universitas terbaik di dunia dan telah melahirkan berbagai lulusan yang berprestasi dan terkenal, Oxford University merupakan kampus yang memiliki bangunan dengan arsitektur bertemakan abad pertengahan yang sangat cocok untuk lokasi film bergenre action ataupun film fantasi. Adapun film terkenal yang pernah berlokasikan disini salah satunya yaitu Harry Potter (Hogwarts).

University of  British Columbia

Universitas terbaik di dunia
Source by detik.com

Bagi pecinta film dengan genre fiksi atau action pasti familiar dengan lokasi ini. University of British Columbia adalah salah satu kampus yang digunakan untuk berbagai syuting film yang sangat terkenal pada masanya bahkan hingga saat ini.

Film-Film yang Pernah Berlokasi di Universitas Columbia

Adapun beberapa film tersebut yakni:

  • X-Men Origins: Wolverine
  • Tomorrowland
  • Fifty Shades of Grey

Universitas terbaik di Dunia: Asia

Tidak hanya di Inggris, ternyata universitas di Asia ini juga pernah menjadi lokasi shooting film, Pasti dari kamu sudah menyadari kampus-kampus ternama ini, Apa saja sih?

Keimyung University

universitas terbaik di dunia
Daegu, South Korea – 6 April, 2019: Classic building at Keimyung University in Daegu, South Korea. Keimyung University was founded in 1954 by an American missionary.

Buat kamu pecinta drama Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kampus yang satu ini. Universitas Keimyung yang satu ini kerap kali digunakan untuk shooting film bergenre drama atau romantic. Bagi kalian yang gemar dan menyukai drama korea pasti tau betul dengan beberapa film yang syuting di lokasi ini. Mulai dari Shinwa High School di drama Boys Before Flowers, kampus Seo In Ha dan Kim Yoon Hee di drama Love Rain, sampai MV Seventeen yang berjudul “Don’t Wanna Cry”. Universitas Daemyung tepatnya di Kampus Keimyung merupakan kampus swasta yang berlokasikan di Daegu, Korea. Arsitektur dari universitas Keimyung ini dianggap memiliki ciri khas kampus korea yang kental. Selain itu beberapa kru film pun juga lulusan Keimyung University ini, jadi tidak heran kalau mereka memutuskan membuat film di sana.

Universitas Terbaik di Dunia: Universitas Indonesia

Pict originally by antaranews.com

Ada juga loh yang dari Indonesia! Siapa yang tidak tahu dengan universitas terbaik di Indonesia ini. Selain merupakan perguruan tinggi berprestasi dan telah melahirkan banyak lulusan hebat dan berprestasi, universitas yang identik dengan almamater kuning ini juga kerap kali digunakan sebagai lokasi syuting film-film hebat di Indonesia.

Film-Film yang pernah berlokasi di Universitas Indonesia

  •  5cm
  • Kambing Jantan
  • Gemilang

Jurusan Perfilman di Indonesia

Setelah kalian mengetahui beberapa universitas yang menjadi lokasi shooting film ternama, apakah kamu berniat ingin menjadi producer film ? Jurusan perfilman merupakan salah satu jurusan yang mempelajari teknik dan pengetahuan dalam proses pembuatan film serta program siaran. Dijurusan ini kamu akan diajarkan bagaimana sebuah film terbentuk. Seperti cara membuat sebuah naskah cerita, penataan kamera, lightning atau cahaya saat syuting film, dan masih banyak lagi.

Biasanya, untuk membuat sebuah film memakan waktu tahunan lho! Jika ingin masuk ke jurusan ini, kamu bisa memilih fakultas seni media rekam atau jurusan film. Ada banyak lho universitas atau institut di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Diharapkan mahasiswa lulusan prodi perfilman dapat menciptakan karya anak bangsa yang bisa diperlihatkan kepada orang banyak, bahkan bisa bersanding di kancah internasional.

Mata pelajaran yang akan dipelajari

  • Film literacy
  • Cinema and Social Studies
  • World Film History
  • Photography
  • Audio visual creator
  • FIlm analyst
  • Public Speaking

Sedangkan untuk Universitas yang bisa kalian pilih untuk jurusan perfilman ini adalah:

  • Institut kesenian jakarta
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  • Institut seni dan Budaya Indonesia Bandung

Layanan Mediamaz Scholar

Nah setelah kalian melihat informasi diatas, apakah kamu berminat untuk mengambil jurusan ini? Bagi para pelajar atau mahasiswa yang berminat untuk mengunjungi lokasi shooting tersebut bisa dilakukan dengan cara mencari beasiswa untuk studi internasional yang ditawarkan kampus-kampus tersebut. Namun dengan catatan, kalian harus memenuhi kebutuhan dokumen sesuai persyaratan. Jika kamu masih bingung perihal dokumen persiapan untuk mendaftar beasiswa seperti CV Beasiswa, motivation letter dan lain sebagainya. Tenang! kamu bisa dapatkan layanan konsultasi gratis loh, yuk hubungi tim kami di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top