universitas di malaysia

5 Kampus Terbaik Untuk Kuliah Di Malaysia, Yang Mana Favoritmu?

Sistem pendidikan tinggi berkualitas yang dimiliki oleh sebuah negara menjadi pertimbangan pelajar Indonesia dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Hal ini juga didukung oleh banyaknya universitas luar negeri yang memberi beasiswa bagi para siswa internasional. Salah satu negara favorit tujuan pelajar Indonesia yaitu Malaysia. Malaysia merupakan sebuah negara monarki konstitusional federal yang terletak di Asia Tenggara. Kepala Negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong yang digilirkan setiap lima tahun di antara sembilan Sultan Negeri Melayu. Berdasarkan Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021 terdapat 8.440 mahasiswa Indonesia yang memilih universitas di Malaysia.

Kuliah di Malaysia

Berikut ini berbagai universitas terbaik di Malaysia. Yuk disimak!

A. Kenapa kuliah di Malaysia

Berikut ini 5 alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan untuk kuliah di Malaysia.

  1. Malaysia memiliki sistem pendidikan yang terus meningkat. Hal ini karena dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Malaysia banyak berinvestasi di sektor pendidikan tinggi negara tersebut dengan visi untuk menjadikannya sebagai pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara dan di seluruh dunia.
  2. Dibandingkan dengan AS dan Inggris, kuliah di Malaysia masih merupakan pilihan yang terjangkau bagi para siswa internasional. Bahkan menurut peringkat QS Best Student Cities, Kuala Lumpur dinobatkan sebagai kota paling terjangkau kedua di dunia untuk siswa dua tahun berturut-turut.
  3. Banyak universitas Malaysia menawarkan program gelar eksklusif berbahasa Inggris. Beberapa universitas juga menawarkan kursus bahasa Inggris singkat bagi yang ingin mengembangkan keterampilan berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan mereka. Sobat Meddy juga bisa belajar bahasa Melayu karena bahasa yang satu ini dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling mudah dipelajari di dunia.
  4. Menurut Indeks Perdamaian Global 2020, Malaysia berada di peringkat ke-20 sebagai negara teraman di dunia dan teraman kelima di kawasan Asia-Pasifik.
  5. Bagi sobat Meddy yang tertarik dengan wisata alam, Malaysia memiliki banyak hutan hujan dan taman nasional yang juga merupakan rumah bagi beberapa margasatwa paling luar biasa di dunia. Rangkong badak yang terkenal karena paruhnya yang cerah dan melengkung panjang serta rentang sayapnya yang besar merupakan burung nasional Malaysia, sedangkan harimau Melayu, gajah Asia, dan tapir Melayu semuanya berasal dari hutan Semenanjung Malaysia.

B. Syarat Umum untuk Kuliah di Universitas Malaysia

Sebelum sobat Meddy memenuhi syarat untuk kuliah di Malaysia, kamu harus mengajukan Student Pass yang berfungsi sebagai visa pelajar. Berikut ini merupakan syarat umum untuk mendapatkan Student Pass antara lain:

  • Foto paspor
  • Satu salinan paspor
  • Salinan surat penawaran universitas
  • Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai
  • Laporan pemeriksaan kesehatan sebelum kedatangan
  • Bukti asuransi
  • Bukti bahwa sobat Meddy memiliki dana yang cukup untuk biaya kursus dan biaya hidup

Syarat khusus lainnya bisa sobat Meddy temukan di situs resmi universitas. Biasanya, syarat antara satu universitas dan yang lainnya akan berbeda. Begitu pun dengan syarat program yang akan sobat Meddy tuju.

C. Universitas terbaik 

Berikut ini merupakan daftar universitas terbaik di Malaysia berdasarkan QS World University Rankings 2022.

1. University of Malaya

Web: www.um.edu.my

Berada di urutan ke-65, University of Malaya merupakan sebuah universitas riset publik di Kuala Lumpur. Universitas ini juga merupakan universitas tertua di Malaysia dan didirikan pada tahun 1905. Saat ini UM terletak 12 km dari pusat kota Kuala Lumpur dan mencakup kolam renang berukuran Olimpiade serta danau. Saat ini, UM memiliki lebih dari 2.500 anggota fakultas. Pada tahun 2012, UM diberikan status otonomi oleh Departemen Pendidikan Tinggi. Universitas ini dibagi menjadi 12 fakultas, 2 akademi dan 3 Pusat, yaitu:

  • Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Lingkungan Binaan, Fakultas Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Sains, Fakultas Bahasa dan Linguistik, Fakultas Seni dan Ilmu Sosial, serta Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
  • Akademi Studi Melayu
  • Akademi Studi Islam
  • Pusat Kebudayaan
  • Pusat Olahraga
  • Pusat Studi Dasar

2. University of Putra Malaysia

Web: www.upm.edu.my

University Putra Malaysia (UPM) merupakan salah satu universitas ternama di Malaysia yang pada berdiri tahun 1931. UPM berada di urutan ke-143 menurut QS Ranking tahun 2022. Kampus ini berfokus pada Ilmu Agrikultur dan Sains. UPM terletak di Serdang, Selangor, Malaysia. Berikut ini 10 fakultas yang dapat sobat Meddy temukan di University of Putra Malaysia.

  1. Fakultas Pertanian
  2. Fakultas Kehutanan
  3. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  4. Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Studi Pendidikan
  7. Fakultas Sains
  8. Fakultas Ekologi Manusia
  9. Fakultas Bahasa Modern
  10. Fakultas Bioteknologi

3. National University of Malaysia

Web: www.ukm.my

National university of Malaysia atau Universiti Kebangsaan Malaysia berada di urutan ke-144. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) didirikan pada tanggal 18 Mei 1970. UKM merupakan salah satu universitas di Malaysia yang menerima status Universitas Riset (RU) yang telah berhasil menarik mahasiswa dari seluruh dunia.

Salah satu yang menarik dari UKM adalah tersedianya banyak pilihan program untuk para mahasiswa internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Bidang yang ditawarkan pun beragam mulai dari sains dan teknologi sampai sosial humaniora. Pilihan bidang yang bisa sobat Meddy ambil antara lain:

  1. Ilmu sosial dan humaniora
  2. Ekonomi dan manajemen
  3. Studi islam
  4. Hukum
  5. Pendidikan
  6. Teknologi informasi
  7. Teknik dan lingkungan binaan
  8. Sains dan teknologi
  9. Kedokteran
  10. Farmasi
  11. Kedokteran gigi
  12. Ilmu kesehatan

4. University of Science, Malaysia

Web: www.usm.my

University of science Malaysia atau yang biasa disingkat USM berada diurutan ke-144. University of Science Malaysia adalah universitas yang didirikan pada 10 Juni 1969 dan menjadi universitas kedua di negara ini. Kampus ini merupakan salah satu institut pendidikan tinggi tertua di Malaysia Utara. USM menawarkan peluang bagus dalam hal penelitian, inovasi dan pendidikan untuk sarjana dan pascasarjana bagi para siswa lokal dan asing. Berikut ini beberapa fakultas di USM yang bisa sobat Meddy pilih, antara lain:

  1. Ilmu Pengetahuan Terapan: 
  • School of Housing, Building and Planning
  • School of Industrial Technology
  • School of Pharmaceutical Sciences
  • School of Computer Sciences
  1. Seni Terapan:
  • School of Educational Studies
  • School of Management
  • School of Housing, Building and Planning
  • School of Communication
  • School of the Arts
  1. Seni Murni:
  • School of Languages, Literacies and Translation
  • School of Humanities
  • School of Social Sciences
  1. Ilmu Pengetahuan Murni:
  • School of Biological Sciences
  • School of Chemical Sciences
  • School of Mathematical Sciences
  • School of Physics
  1. Kesehatan:
  • School of Health Sciences
  1. Kedokteran:
  • School of Medical Sciences
  1. Kedokteran Gigi:
  • School of Dental Sciences
  1. Teknik:
  • School of Electrical and Electronic Engineering
  • School of Materials and Mineral Resources Engineering
  • School of Aerospace Engineering
  • School of Chemical Engineering
  • School of Civil Engineering
  • School of Mechanical Engineering

5. University of Technology, Malaysia

Web: www.utm.my

Universitas selanjutnya yaitu University of technology Malaysia yang berada di peringkat ke-191. University teknologi Malaysia adalah universitas riset publik yang berfokus pada teknik, sains, dan teknologi. Pada awalnya UTM dibuka 1904 sebagai sekolah teknik dan kemudian menjadi universitas pada tahun 1970-an. Berikut ini 13 fakultas yang dapat sobat Meddy pilih di UTM:

  1. Fakultas Built Environment
  2. Fakultas Teknik Sipil
  3. Fakultas Biosains & Teknik Kedokteran
  4. Fakultas Computing
  5. Fakultas Peradaban Islam 
  6. Fakultas Teknik Elektro
  7. Fakultas Teknik Kimia
  8. Fakultas Teknik Mesin
  9. Fakultas Geoinformation dan Real Estate
  10. Fakultas Pendidikan
  11. Fakultas Manajemen 
  12. Fakultas Sains
  13. Fakultas Teknik Perminyakan dan Energi 

Baca juga: Mengintip 10 Gaya Hidup Mahasiswa Internasional di Malaysia, dari Makanan hingga Olahraga

Mediamaz Scholar

Apakah sobat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai universitas-universitas terbaik di Malaysia, kira-kira sobat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Malaysia? Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top