keindahan kota di Argentina, amerika selatan

5 Kota di Argentina, Wajib Masuk Bucket List Travelling Kamu Nih!

Argentina adalah negara Amerika Latin yang terletak di sebelah selatan Amerika Selatan. Hal ini menyebabkan kota dengan keindahan yang memukai ini dikenal sebagai negara paling selatan. Argentina merupakan negara terbesar ke-8 di dunia. Negara dengan ibu kota di Buenos Aires ini merupakan salah satu kota metropolitan terpadat di dunia. Dalam hal pendidikan, masyarakat Argentina memiliki kemampuan baca-tulis yang lebih tinggi dibandingkan negara lain di Amerika Selatan. Bahkan negara ini memiliki tiga pemenang Nobel dalam bidang sains yaitu Luis F. Leloir, Bernardo Houssay, dan César Milstein.  Dalam hal budaya, Argentina dikenal sebagai negara yang unik karena orang Eropa diterima dan tidak merasa dipinggirkan. Hal ini terjadi karena kuatnya pengaruh budaya Spanyol dan Italia. Kali ini Meddy ingin mengajak sobat Meddy mengenal lebih dalam mengenai 5 kota di Argentina. Yuk, disimak!

Keindahan Kota Di Argentina, Amerika Selatan

Berikut ini 5 rekomendasi kota di Argentina yang wajib Sobat Meddy kunjungi.

1. San Juan, Amerika Selatan

San Juan berada di Argentina bagian barat. Kota San Juan didirikan pada tahun 1562 oleh Juan Jufré y Montesa yang seorang gubernur kapten jenderal Cuyo. Kota ini kemudian dipindahkan pada tahun 1593 ke lokasi saat ini, 2 mil (3 km) selatan, karena banjir. Pengolahan daging, anggur, buah-buahan, serta biji-bijian adalah kegiatan ekonomi utama di kota ini. San Juan juga merupakan kota tempat kelahiran Domingo Faustino Sarmiento (pendidik dan presiden Argentina dari tahun 1868 hingga 1874). Dan rumahnya kemudian dinyatakan sebagai monumen nasional pada tahun 1910.

San Juan dikenal sebagai kota yang cukup ramai dan padat. Hal ini dikarenakan San Juan memiliki beragam tempat wisata menarik yang membuat para wisatawan betah berlama-lama disini. Beberapa di antaranya yaitu wisata alam Valle de la Luna yang menawarkan keindahan pemandangan luar biasa. Sobat Meddy juga bisa menyantap lezatnya hidangan lokal sambil menikmati pesona alam yang asri di Bodega Merced del Estero. Dan jika ingin membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga Sobat Meddy bisa mengunjungi Espacio San Juan.

2. Mendoza, Argentina, Amerika Selatan

Masih di Argentina sebelah barat. Di urutan selanjutnya ada kota Mendoza yang letaknya di Argentina sebelah barat. Secara spesifik, kota ini terletak di kaki pegunungan Andes, Argentina, dan mendapat julukan sebagai ‘The Land of Sun and Wine‘ atau yang diterjemahkan berarti ‘Keindahan Kota Matahari dan Anggur’. Mendoza dibangun pada 2 Maret 1561 oleh Pedro del Castillo. Ia menetapkan nama resmi untuk kota ini adalah Ciudad de Mendoza del Nueuuo Valle de La Rioja. 

Saat berada disini, Sobat Meddy dapat dengan mudah menemukan berbagai keindahan arsitektur kota, wisata alam, serta pusat perbelanjaan yang bisa membuat Sobat Meddy kalap. Beberapa tempat yang wajib Sobat Meddy kunjungi saat berada di Mendoza, antara lain taman Fuente de los Continentes yang mengagumkan, taman Portones del Parque San Martin, serta Parque Provincial Aconcagua.

3. Ushuaia

Kota selanjutnya yaitu Ushuaia. Kota ini terletak di sebelah selatan Argentina. Karena terletak di ujung selatan Amerika Selatan, maka Ushuaia diberi label “kota paling selatan di dunia”. Setiap tahunnya Ushuaia menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak. Sebelum populer seperti saat ini, Ushuaia merupakan koloni tahanan. Kota ini pertama kali diselesaikan oleh Wasti H. Stirling yang seorang misionaris dari Inggris pada tahun 1870. Selanjutnya di tahun 1884 sebuah pangkalan angkatan laut Argentina didirikan. Pada tahun 1893 setelah kepulauan itu dibagi antara Argentina dan Chili, Ushuaia akhirnya dinyatakan sebagai kota. Penebang kayu, peternak domba, memancing, serta pariwisata merupakan kegiatan ekonomi utama di Ushuaia. Meski begitu, Ushuaia merupakan salah satu kota yang unik. 

Fakta Unik Kota Ushuaia

adalah tempat yang dingin. Bahkan di bulan-bulan musim panas, Sobat Meddy tidak dapat mengharapkan suasana hangat di kota ini. Meskipun Ushuaia cukup dingin selama hampir setahun, musim dingin di sini tidak semenyakitkan yang banyak orang bayangkan. Untuk beberapa alasan, laut menjaga suhu menjadi lebih hangat di musim dingin. Pastikan Sobat Meddy tidak mengunjungi Ushuaia pada bulan Juni karena pada bulan ini suhu rata-rata sekitar 29,8 ° F atau -1,2 ° C. Hal ini membuat bulan Juni menjadi bulan terdingin dalam setahun. Ushuaia biasanya cukup berangin sepanjang tahun. Bahkan, dikatakan bahwa Ushuaia mendapat sinar matahari paling sedikit dari kota mana pun di Argentina. Di musim panas mulai dari bulan November sampai bulan Maret, Sobat Meddy dapat menemukan banyak wisatawan di kota ini. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa Sobat Meddy lakukan saat berkunjung ke Ushuaia. Pertama, Sobat Meddy dapat bermain dengan para anjing di Valle de Lobos. Di bulan-bulan musim dingin, Sobat Meddy dapat naik kereta luncur anjing. Sementara di musim panas, Sobat Meddy dapat bermain dengan anjing. Tur ini juga dilengkapi dengan steak all-you-can-eat dan anggur. Kedua, bersantai bersama para penguin. Terakhir, Sobat Meddy dapat berlayar di sekitar Selat Beagle. Di kapal, Sobat Meddy dapat melihat pemandangan kota, gunung, dan alam yang menakjubkan. Sobat Meddy juga akan menemukan pemandangan Seal Island, dimana Sobat Meddy akan menemukan banyak anjing laut dan beberapa penguin.

4. Cordoba, Keindahan Kota ‘Kerajinan’

Bagi Sobat Meddy yang suka dengan sejarah, maka kota yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Cordoba merupakan sebuah kota yang terletak di kaki selatan Pegunungan Morena dan di tepi kanan (utara) Sungai Guadalquivir, sekitar 80 mil (130 km) timur laut Sevilla. Kota Cordoba juga merupakan kota terbesar kedua di Argentina setelah Buenos Aires. Cordoba terkenal karena manufaktur tekstilnya, kerajinan tangan tradisional abad pertengahan, serta pembuatan ornamen dan produk emas dan perak dalam tembaga, perunggu, dan aluminium. Industri penting Córdoba lainnya yaitu pembuatan bir, penyulingan, dan pengolahan makanan (terutama zaitun), serta pembuatan bagian-bagian mesin dan pengerjaan logam. Di Cordoba, Sobat Meddy akan menemukan sisa-sisa bangunan bersejarah pada masa kolonialisme Spanyol, antara lain seperti gereja dan universitas tertua di Cordoba. 

Kota Cordoba Dan Situs Sejarahnya

Kota ini dikenal sebagai rumah bagi salah satu dari tiga monumen besar Andalusia, yaitu Mezquita, Alcazar Seville, dan Granada Alhambra. Selain dikenal memiliki koleksi khas arkeologi, seni rupa, dan perlengkapan adu banteng, Cordoba juga memiliki beberapa museum yang lebih tidak biasa yaitu museum seni kulit, teras, serta penyiksaan. Kota yang satu ini terkenal dengan kulitnya yang disebut guadameci serta tekniknya yang paling bersejarah. Guadameci adalah desain timbul yang rumit dengan cat emas, perak dan berwarna dan berasal dari abad ke-10.

Sobat Meddy juga bisa berkunjung ke Casa Museo Arte Sobre Piel untuk melihat karya kehidupan pengrajin yang menghidupkan kembali guadameci. Pengalaman yang lebih mengerikan bisa Sobat Meddy dapatkan di Galeria de la Tortura, tepat terletak di kawasan Yahudi. Museum ini penuh dengan instrumen penyiksaan. Di museum ini, Sobat Meddy akan wawasan mengenai metode inkuisisi untuk membuat pengakuan paksa.

Jika Sobat Meddy tertarik berkunjung ke Cordoba, sebaiknya hindari berwisata pada bulan-bulan puncak musim panas seperti bulan Juli dan bulan Agustus karena suhu panas yang tidak nyaman ditambah dengan populasi wisatawan yang berkunjung. 

5. Buenos Aires

Selain sebagai ibu kota Argentina, Buenos Aires juga merupakan salah satu kota terpadat dan terbesar di Argentina. Buenos Aires juga merupakan salah satu pelabuhan yang paling penting di Amerika Latin, serta pusat perdagangan nasional, industri, politik, budaya, dan teknologi. Seorang penyair dan filsuf Argentina, Ezequiel Martínez Estrada (1895-1964), menyebut kota Buenos Aires sebagai “Kepala Goliat,” yaitu sebuah metafora yang menyamakan ketidakseimbangan hubungan kota dengan seluruh negeri dengan raksasa berkepala besar dengan tubuh lemah. Kekayaan dan pengaruh kota membayangi kehidupan seluruh negeri, namun Buenos Aires juga menyajikan Argentina dengan masalah ekonomi dan sosial yang paling parah. Istilah ini telah membuat Buenos Aires menjadi pusat kerusuhan politik dan sosial. 

Pengalaman Yang Bisa Dirasakan

Terletak di tepi Rio de la Plata, Buenos Aires menawarkan berbagai makanan lezat, kehidupan malam yang memikat, tamasya yang menarik, serta pengalaman belanja yang luar biasa. Buenos Aires merupakan salah satu kota dengan keindahan suasana malam yang paling meriah di dunia. Di kota ini, terdapat teater, bar, klub dan restoran. Buenos Aires adalah kota terbesar ketiga di Amerika Selatan dengan populasi lebih dari 10 juta penduduk. Hal ini terjadi karena standar hidup yang tinggi. Buenos Aires merupakan kota yang memiliki nuansa Eropa dan mendapat julukan “Paris dari Selatan”. Penduduk setempat yang disebut portenos, hidup dengan kegembiraan dan antusiasme, dan dikenal di seluruh Argentina karena gaya mereka yang cepat saat berbicara.

Saat berkunjung ke kota ini, Sobat Meddy akan dimanjakan dengan pemandangan dari berbagai bangunan klasik. Dengan pemandangan yang menarik serta fasilitas umumnya yang lengkap dan modern, kota ini berhasil menarik minat para wisatawan asing. Beberapa tempat wisata yang dapat Sobat Meddy kunjungi saat berada di Buenos Aires, antara lain Teatro Colon yang merupakan gedung pertunjukan opera, taman Palermo yang cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga, serta Avenida Santa Fe yang merupakan pusat wisata kuliner dan belanja. Di Buenos Aires, musim panas yang hangat mulai dari bulan September hingga bulan April dan musim dingin ringan mulai dari bulan Juni hingga bulan Agustus. 

Apakah Sobat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai kota di Argentina yang wajib dikunjungi, kira-kira setelah membaca artikel diatas apakah Sobat Meddy tertarik untuk melanjutkan studi di Argentina? Dengan banyaknya universitas kelas dunia yang biaya kuliahnya relatif lebih terjangkau, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika Sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa Sobat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top