5 Kota Heritage di Luar Negeri, Cocok untuk Study Abroad!

5 Kota Heritage di Luar Negeri, Cocok untuk Study Abroad!

Kalian pasti setuju, belajar dengan suasana kota yang indah seperti kota wisata merupakan impian bagi semua orang. Suasana yang hangat memberikan pemandangan yang membuat kita jauh lebih semangat dalam belajar. Nah, di artikel ini Meddy mau kasih rekomendasi kota paling fenomenal untuk kamu yang akan Study Abroad!

Amerika dan Inggris merupakan negara yang paling banyak menjadi tujuan belajar ke luar negeri. Tapi dunia ini luas, sobat Meddy. Ternyata masih banyak di belahan dunia lainnya yang memiliki kota wisata yang cocok untuk dijadikan pilihan kuliah lho!

Kota Wisata Heritage

Sebelumnya kalian tahu apa itu kota wisata heritage? Kota wisata heritage adalah kumpulan sumber daya yang memiliki keunikan masing-masing pada aspek sejarahnya. Pesona indah yang disajikan kota wisata heritage dianggap mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara melalui produk budaya, arsitektur, situs-situs sejarah, dan masih banyak lagi. Dengan adanya sejarah yang kental di suatu kota juga mampu memudahkan mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan sejarah agar memiliki sumber sejarah yang autentik. Ternyata, kota wisata heritage di negara ini tidak hanya memiliki tujuan komersial saja, melainkan pendidikan. Maka dari itu, inilah daftar  rekomendasi kota wisata heritage yang cocok untuk kamu yang ingin melakukan Study Abroad.

Praha, Republik Ceko

Kota mana yang paling banyak dikunjungi oleh turis di Eropa? Sebagian besar pasti menjawab Roma, Paris, Amsterdam, dan kota-kota besar lainnya yang mungkin sudah tidak asing bagi kita. Namun, pernahkah kamu mendengar Kota Praha, atau yang dalam bahasa Inggris disebut Prague City. 

Kota yang menjadi ibukota dari Republik Ceko ini menjadi salah satu kota destinasi para wisatawan yang berkunjung ke Eropa, khususnya Eropa Timur. Jika pernah menonton film “Surat Dari Praha” tergambar sosok kota Praha, sang ibukota dengan bangunan-bangunan kuno nan eksotis. 

Universitas terbaik yang ada di Praha yaitu:

  1. Charles University
  2. Universitas Masaryk
  3. Universitas Palacký Olomouc

Biaya hidup Praha, Republik Ceko jauh lebih rendah daripada negara manapun di Eropa Barat. Diperkirakan antara 250 hingga 550 Euro, yang mencakup biaya akomodasi, makanan, perjalanan, bioskop, dan pameran selama sebulan.

Kota Wisata di Kyoto, Jepang

Kyoto merupakan kota dengan sejarah lebih dari 1200 tahun dan masih banyak bangunan tua tersisa. Terkenal dengan jumlah kuil-kuil dan merupakan tempat wisata yang populer bagi orang domestik dan luar negeri. Sebagian besar tujuan wisata terkenal dapat dicapai dengan kereta dari Sekolah Bahasa Jepang Kyoto Minsai dalam waktu 30 hingga 40 menit.

Kyoto merupakan salah satu Warisan Budaya Dunia dan juga bekas ibukota Jepang. Shirakawa Area yang membentang sepanjang Shirakawa Canal dekat Gion dan penuh restoran dan bar lokal adalah salah satu tempat terbaik untuk wisata kuliner. Kyoto juga merupakan rumah bagi candi yang sangat luar biasa, seperti Byodo-in candi Budha sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Universitas terbaik yang ada di Kyoto:

  1. Universitas Kyoto
  2. Kyoto Sangyo University
  3. Kyoto Institute of Technology

Jepang memiliki banyak kota yang layak untuk disinggahi selain Tokyo, yakni Kyoto. Jika dibandingkan dengan Tokyo, biaya hidup di Kyoto relatif lebih murah. Untuk tinggal di Kyoto setidaknya membutuhkan dana sekitar 99.000 – 114.900 yen atau sekitar Rp.13,8 juta sampai Rp.16 juta perbulan.

Baca Juga : Kalau Kamu Ingin Tinggal di Jepang, Siapin 4 Hal Ini!

Philadelphia, USA

Kota ke tiga dari 5 rekomendasi kota paling fenomenal untuk study abroad yakni, Philadelphia. Philadelphia merupakan salah satu kota terpenting di Amerika. Di Independence Hall pada 4 Juli 1776, Deklarasi Kemerdekaan diadopsi, dan pada September 1787, Konstitusi disusun. Philadelphia menjadi kota pertama di Amerika yang menyandang Kota Warisan Dunia. Kota itu diakui penting dalam sejarah dan demokrasi Amerika. 

Organisasi World Heritage Cities memberi Philadelphia gelar yang telah disandang sekitar 260 kota di seluruh dunia di kongres umumnya di Peru. Saat ini, menara perkantoran modern ada berdampingan dengan jalan batu sempit di taman Nasional Sejarah Kemerdekaan, yang merupakan rumah bagi bangunan bersejarah dan tempat wisata, termasuk Liberty Bell, Franklin Court, dan Independence Hall.

Universitas terbaik di Philadelphia yaitu:

  1. University of Pennsylvania
  2. Drexel University
  3. Community College of Philadelphia

Kota yang dikenal dengan istilah The City of Brotherly Love ini memiliki biaya hidup yang cukup mahal, namun tidak semahal kota besar lainnya. Kamu harus mempersiapkan dana sebesar $1,200 hingga $2,700 per bulan untuk tinggal di Philadelphia. Jika dirupiahkan setara dengan Rp. 16,8 juta – Rp.37,8 juta. Jauh lebih murah dibanding New York.

Istanbul, Kota Wisata di Negara Turki

Istanbul merupakan sebuah kota yang berada persis di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Pesonanya memadukan unsur modern benua biru sekaligus keramahan ala masyarakat Timur. Maka siapapun yang berkunjung ke kota ini akan dibuat takjub karenanya. Dahulu Istanbul memiliki nama Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Romawi Byzantium. 

Kota ini berganti nama ketika Sultan Muhammad Al-fatih berhasil merebutnya, lalu jadilah ia Islambul yang berarti kota Islam. Perjalanan yang panjang tersebut kini membuat Istanbul menyimpan berbagai objek wisata sejarah. Di antaranya ada Hagia Sophia, bangunan megah sekaligus ikon wisata Istanbul ini merupakan museum terbuka yang boleh dikunjungi siapapun.

Universitas terbaik di Istanbul, yaitu:

  1. Anatolia University
  2. Universitas Bogazici
  3. Istanbul University

Biaya hidup di Turki bisa dibilang sangat terjangkau dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya. Kamu hanya membutuhkan sekitar $300 – $400 per bulan tergantung dengan gaya hidup kita masing-masing.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Turki, Tempat Wisatanya Bersejarah?

Kota Wisata Roma, Italia

Kota terakhir dari 5 kota heritage atau paling fenomenal untuk study abroad yakni Roma! Siapa yang tidak kenal dengan keindahan yang ada di Kota Roma? Merupakan ibukota dari negara Italia ini memang memiliki banyak sekali spot atau keindahan – keindahan yang ada didalamnya. Bangunan yang kuno juga masih berdiri kokoh di dalam kota ini. Tak hanya itu, budayanya yang kental juga masih berada di tengah – tengah masyarakatnya.

Berbicara mengenai kota Roma itu sendiri tentunya tidak terlepas dengan cerita – cerita kuno seperti pada zaman kejayaan kerajaan Roma pada saat zaman lampau. Tak juga lepas dari kuliner-kulinernya yang memang sudah mendunia. Adapun wisata yang terkenal di Kota Roma yaitu: Colosseum, Museo E Galleria Borghese, Pantheon, Vatican Museum, dan masih banyak lagi.

Universitas terbaik di Kota Roma, yaitu:

  1. Sapienza University of Rome
  2. Universitas Guglielmo Marconi
  3. Kampus Bio – Medico University of Rome

Tempat tinggal siswa di Italia lebih mahal di kota-kota besar dan dapat berkisar dari € 300-600 sebulan, tergantung pada ukuran dan lokasi sehubungan dengan pusat kota dan seberapa jauh dari kampus.

Layanan Mediamaz Scholar

Itulah deretan rekomendasi 5 kota wisata heritage atau tempat fenomenal yang diakui oleh UNESCO atau bahkan dunia lho. Keren-keren, ya! Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri atau di salah satu kota di atas, namun bingung dalam mengurus dokumen persiapannya. Kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scolar secara gratis. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top