Metode KBM terbaik di dunia

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan mempunyai nilai sangat penting bagi setiap orang. Bahkan beberapa negara di dunia sangat memperhatikan pendidikan serta metode KBM (Kegiatan belajar mengajar) bagi setiap warganya. Baik akademik maupun non-akademik akan didukung sepenuhnya oleh pemerintah agar menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak sedikit pula pemerintah juga menyelenggarakan beasiswa untuk membantu masyarakatnya yang kurang mampu di bidang keuangan. 

Pendidikan dan Metode KBM Adalah Segalanya

Setiap orang pasti setuju dengan Meddy, menuntut ilmu setinggi-tingginya merupakan impian setiap orang disetiap kalangan. Karena dengan menuntut ilmu, kita bisa menjadi seseorang yang berkualitas sehingga ini akan berpengaruh dengan masa depan dirinya atau keluarganya kelak. Metode Belajar yang pelajari oleh murid atau mahasiswa selama menuntut ilmu dapat diturunkan untuk keturunannya. Keuntungan serta manfaat dari metode belajar dapat dirasakan hingga tua. Makanya tak jarang orang akan berinvestasi mati-matian untuk pendidikan dirinya atau anaknya. Ternyata, inilah negara negara yang memiliki strategi pembelajaraan terbaik di dunia, apakah sulit atau justru mudah, ya?

Metode KBM di Inggris

Negara ini memiliki banyak institut atau lembaga yang menunjang pembelajaran, mulai dari pra-sekolah, tingkat dasar, tingkat menengah, hingga pendidikan tinggi. Seperti yang kita tahu, banyak Universitas di Inggris menjadi sasaran utama dari banyak pelajar di seluruh dunia, seperti Oxford, Cambridge, College London, dan masih banyak lagi.

Inggris menerapkan sistem pendidikan yang lebih menekankan praktik daripada teori. Di negara ini kamu dapat meraih ahli kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga, hingga kesenian, semuanya ada dan dapat dipelajari secara detail.

Strategi pembelajaran

Pernahkah kamu mendengar bahwa negara yang berada di bawah jajahan Inggris bisa dikatakan makmur-makmur, bahkan sangat ‘senang’ karena bisa di jajah olah negara yang dipimpin oleh seorang ratu ini? Faktanya, dari zaman dulu hingga saat ini, strategi pembelajaran di Inggris sangat memperhatikan kebutuhan murid-muridnya. Metode belajar  yang lebih menuntut mahasiswa nya untuk bisa menerapkan teori pada praktik ilmiah lah yang berhasil membentuk nalar mahasiswa yang kreatif. Selain itu mahasiswa ataupun murid-murid sekolah menjadi lebih paham dan mudah dicerna di otak. Jadi, teori yang mereka baca atau pelajari di buku tidak hanya sekadar menggunakan imajinasi masing-masing murid saja.

Baca Juga : Beragam Fakta Unik Tentang Kehidupan Masyarakat di Negara Inggris, Nomor 2 Mencengangkan!

Sang Negara Sakura, Jepang

Terkenal dengan etos kerjanya yang baik, Jepang merupakan negara yang minat melakukan risetnya cukup tinggi. Hal itu disebabkan oleh metode belajar yang berkualitas.

Sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau konsen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat baik.

Strategi pembelajaran

Sebagai salah satu negara yang maju di bidang teknologi mutakhir, tentunya Jepang memiliki SDM yang berkualitas. Hal ini dapat kita lihat dari strategi pembelajaran yang Jepang gunakan. Jepang bisa dibilang menerapkan sistem disiplin dan professionalitasan di setiap kegiatan belajar mengajarnya, negara Sakura ini pun juga melahirkan professor-professor yang memiliki gelar doktoral dengan sejumlah penelitian ilmiah mengenai pendidikan modern, sehingga menciptakan metode pembelajaran serta rumus-rumus unik yang lebih simple dan mudah dicerna. Makanya tak heran, jika kamu kadang menemukan soal-soal matematika dan salah satu rumus mudah nya diciptakan oleh ilmuwan Jepang. Keren, ya!

Macan Asia, Singapura

Siapa kira ternyata negara Macan Asia Tenggara ini memiliki kualitas pengajar dan infrasturktur yang diakui oleh dunia. Kurikulum di Singapura sangat fokus pada pemecahan masalah dan keahlian-keahlian khusus yang tidak diajarkan di universitas negara-negara lain.

Pada PISA 2018, pelajar di Singapura mengungguli bidang matematika dan dinilai baik dalam ujian pelajar usia muda yang banyak tersebar di universitas terbaik seluruh dunia.

Strategi pembelajaran

Rata-rata penduduk yang tinggal di Singapura berketurunan cina. Orang tua dan juga guru atau pengajar disana sering dikaitkan dengan sebutan Asian Parents. Maksudnya adalah baik tenaga pengajar atau orang tua para mahasiswa di Singapura menerapkan metode belajar disiplin dan kadang memiliki konsekuensi yang berat. Negara yang memiliki peraturan aneh daripada negara yang lain ini pun juga menganggap pendidikan adalah masa depan dari suatu negara agar dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat ikut berkontribusi bersama. Tak heran, di negara ini usia masuk pra-sekolah saja dimulai dari usia 3 tahun! Sehingga banyak anak-anak kecil yang sudah memiliki Passion nya masing-masing.

Baca Juga : Rekomendasi Beasiswa Singapura untuk Pelajar Indonesia

Pendidikan serta KBM di Negara Jerman

Negara yang terletak di Eropa bagian tengah ini menerapkan pendidikan gratis untuk warga negaranya, bertujuan agar semakin banyak warga negara yang menempuh pendidikan hingga ke tingkat perguruan tinggi,

Menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di Jerman masih menjadi favorit bagi banyak orang di dunia. Tapi tidak sedikit pula yang menempuh pendidikan pada bidang otomotif,teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan.

Strategi pembelajaran

Seperti negara yang lain, bahwa pendidikan merupakan hal yang paling utama di atas yang utama. Sebagai negara yang memiliki angka pendapatan perkapita yang lumayan serta keuangan negara yang stabil, maka tidak heran negara Jerman dikatakan sebagai salah satu negara dengan penghasil SDM terbaik. Banyak perusahaan-perusahaan lokal Jerman yang mendunia seperti Porche, Bayer, Adidas, Nokia dan masih banyak lagi, menjadi bukti bahwa kualitas SDM nya patut diacungi jempol.

Namun bukan artinya Jerman tidak memiliki masyarakat yang memiliki masalah finansial, ya sobat Meddy. Beberapa masyarakat yang memiliki pendapatan di bawah rata-rata ini biasanya merupakan korban dari zaman kelam di Jerman. Maka dari itu pemerintah Jerman selalu membuka kesempatan bagi orang-orang yang kurang beruntung tersebut untuk menikmati fasilitas pendidikan. Baik sekali!

Metode KBM di Finlandia

Sistem pendidikan di negara ini sangatlah unik. Perlu diketahui, jam sekolah di Finlandia tidaklah banyak, proses belajar mengajarnya tergolong santai dan informal. Para pelajar dibuat nyaman dengan sistem pengajaran yang ada. Walaupun begitu, tetapi para pengajar dan pelajar di sana sangat fokus dan menguasai bidangnya masing-masing.

Menurut laman Sains Smithsonian Magazine, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi di bidang sains dan matematika. Finlandia juga telah menjadi salah satu negara Eropa yang menelurkan banyak ahli dan kaum terpelajar untuk membagikan ilmu dan keahliannya di banyak negara.

Strategi Pembelajaran

Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah dengar ya kalau ternyata, dibalik kesuksesan negara Finlandia di bidang pendidikan ternyata memiliki strategi pembelajaran yang tidak kita duga. Pasalnya di finlandia, saat murid-murid duduk di bangku sekolah dasar, mereka sudah di arah kan untuk menuntut ilmu sesuai dengan minat yang mereka inginkan baik segi akademik maupun non akademik.

Mereka akan didukung penuh sampai mereka nyaman dengan pembelajaran di sekolah. Lalu pada sistem KBM nya, finlandia tidak menerapkan sistem PR atau pekerjaan rumah, karena pekerjaan rumah dianggap sumber masalah anak tidak berminat untuk belajar. Menurut salah satu warga finlandia mengatakan bahwa pekerjaan rumah akan mengganggu acara keluarga atau waktu bersantai setelah beberapa jam di sekolah. Dan, satu lagi nih! total waktu istirahat bagi murid-murid di finlandia itu sebanyak 75 menit!

Jadi setiap 45 menit belajar, murid sekolah finlandia akan beristirahat selama 15 menit. Hal itu dianggap memudahkan murid untuk bisa mempersiapkan pelajaran selanjutnya. Kalau diaplikasikan di Indonesia, sepertinya murid akan lebih memilih bemain online games.

Layanan Mediamaz Scholar

Gimana, tertarik untuk melanjutkan studi di 5 negara tersebut? Jika kalian berminat, Meddy akan membantu kamu! Cukup persiapkan segala dokumen pendaftaran, kamu akan mendapatkan hasil terjemahan yang berkualitas dengan harga yang ramah dikantong. Yuk silakan cek informasi lebih lanjut di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top