5 Negara yang Memiliki Aturan Unik, Harus Kamu Ketahui!

5 Negara yang Memiliki Aturan Unik, Harus Kamu Ketahui!

Penting untuk mengetahui aturan di sebuah negara sebelum kamu berkunjung atau bahkan kuliah diluar negeri. Seaneh dan seunik apapun aturannya, seperti permen karet yang dilarang di suau negara. kamu tidak boleh atau tidak bisa protes, karena tidak jarang jika kamu melanggar aturan tersebut bisa sampai terjerat hukum loh. Artikel ini akan membahas mengenai 5 negara yang memiliki aturan unik.

Peraturan Unik, Ada Regulasi Soal Permen Karet 

Setiap negara memiliki aturan masing-masing. Mulai dari menentukan hukum hingga peraturan berdasarkan ideologi negara. Berbicara soal aturan, Indonesia mungkin bisa dibilang negara paling normal di dunia. Alasannya tak lain karena di negara kita hampir tidak ditemui aturan – aturan aneh yang bikin kita geleng – geleng kepala.

Biasanya, aturan – aturan aneh yang ada di setiap negara guna untuk menjaga kelestarian budaya yang sudah ada bertahun – tahun loh. Aturan – aturan tersebut mungkin terkesan aneh untuk kita ataupun wisatawan yang datang karena tentu berbeda dengan kebudayaan negara asal. Meskipun begitu, kita harus tetap menghargainya loh. Yuk cari tahu 5 negara dengan aturan uniknya!

Baca juga: Ini Cara Jitu Menghadapi Culture Shock Kuliah di Luar Negeri 

5 Aturan Unik Selain Regulasi Permen Karet, Perhatikan Ini Sebelum Ke Luar Negeri 

Sobat Meddy, kalau kamu mau berkunjung ke beberapa negara dibawah ini, kamu harus siap mematuhi aturan yang berlaku ya. Bagaimanapun bentuknya, kamu harus bisa menghormati dan menghargai regulasinya. Berikut 5 aturan unik yang harus diketahui sebelum berkunjung ke negara tersebut:

jepang
By Pixabay

1. Jangan Makan Permen Karet di Jepang

Dilarang memakan permen karet di tempat publik, Singapura Singapura memiliki aturan unik untuk menjaga kebersihan negaranya. Oleh karena itu, jika sahabat Meddy pernah berkunjung ke negara singa ini pasti jarang sekali ya melihat sampah berserakan dan negara ini pun sudah terkenal sebagai negara yang memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Sebagai informasi, di Jepang juga tidak boleh memberikan tip apabila setelah menerima pelayanan.

permen-karet
By Pixabay

2. Dilarang Asal Mengganti Lampu di Australia

Aturan memasang lampu di Australia. Ketika berada di Australia, ada baiknya jangan pernah melakukan hal tersebut. Mengganti bola lampu sendiri tanpa memiliki keahlian teknis dan sertifikat kemampuan yang jelas di Australia terutama di Victoria dinyatakan ilegal dan dapat dikenakan denda, loh. Meskipun terkesan merepotkan, namun Pemerintah Australia tentu saja tidak menganggap sepele dalam hal keselamatan penduduknya. Mungkin, peraturan ini terkesan ribet dan aneh, tapi kita lihat dari sisi positifnya ya guys.

bangladesh
By Pixabay

3. Hindari Kegiatan Menyontek di Bangladesh

Menyontek berujung bui, Bangladesh. Di Bangladesh, terdapat peraturan yang bisa dibilang sebagai mimpi buruk bagi para pelajar disana. Bagaimana tidak, pemerintah negara setempat memberlakukan sistem hukuman luar biasa bagi para pelajar yang ketahuan mencontek. Mungkin, jika di Indonesia ketika kita ketahuan mencontek hanya dihukum dengan memperoleh nila 0, namun, di Bangladesh ketika ada yang mencontek bakal kena bui, karena dianggap seperti kriminal kecil sehingga patut untuk diberikan hukuman penjara.

permen-karet
By Pixabay

4. Tingkatkan Kepintaranmu di China

Harus pintar jika ingin kuliah, China. Universitas – universitas di China memiliki nilai – nilai standar yang tinggi, yang mana nilai tersebut menjadi prioritas soal penerimaan. Mungkin hal ini memiliki dampak yang bagus, sehingga memajukan kualitas pendidikan di negara tirai bambu tersebut, sehingga melahirkan lulusan yang berkompeten. Universitas – universitas di China memiliki nilai – nilai standar yang tinggi, yang mana nilai tersebut menjadi prioritas soal penerimaan. Mungkin hal ini memiliki dampak yang bagus, sehingga memajukan kualitas pendidikan di negara tirai bambu tersebut, sehingga melahirkan lulusan yang berkompeten.

Baca juga: Keuntungan kuliah di Eropa, Manfaat dan Keuntungannya

Persiapkan Ini Sebelum Ke Luar Negeri

Entah memiliki tujuan untuk kuliah ataupun hanya sekedar berwisata, kamu juga harus tetap memperhatikan beberapa hal sebelum berkunjung ke negara tujuan loh. Coba perhatikan beberapa hal ini ya:

  • Persiapkan Dokumen yang Penting

Seperti halnya, kamu harus mempersiapkan dokumen – dokumen yang diperlukan sebelum keberangkatan dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal karena bisa saja kalian ditolak saat berada di imigrasi negara tersebut.

  • Lakukan dari Jauh Hari

Kemudian, persiapkan dari jauh – jauh hari mengenai akomodasi dan tiket pesawat. Jika kamu keluar negeri dengan tujuan untuk kuliah dan tanpa bantuan program beasiswa, kamu harus segera mencari dan mempersiapkan akomodasi atau tempat tinggal selama di sana ya guys.

  • Cari Info Negara Tujuan

Sebelum kamu berangkat ke sebuah negara, maka akan sangat baik jika kamu memiliki sejumlah informasi yang mencukupi tentang negara tersebut. Hal ini akan membantu kamu melakukan berbagai persiapan yang matang selama berada di negara tersebut, terutama mengenai kebudayaannya.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Adapun dokumen – dokumen wajib yang harus kamu persiapkan ketika ingin keluar negeri, seperti:

1. Paspor

2. Visa

3. Asuransi Perjalanan

4. Sertifikat Kesehatan

5. Surat Keterangan Fiskal

Kelima dokumen di atas pun, biasanya diwajibkan untuk diterjemahkan ke bahasa Inggris atau negara yang dituju. Oleh karena itu, jangan lupa ya guys untuk menerjemahkan semua dokumen tersebut, kamu bisa menerjemahkannya dengan menggunakan jasa layanan penerjemah tersumpah.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi tentang 5 aturan unik yang dimiliki setiap negara. Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kalau kamu masih bingung dengan persiapan dokumennya, kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini, dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top