5 Universitas Dunia dengan Jurusan Art & Design Terbaik

Bukan PHP! Berikut 5 Universitas Terbaik Dunia Untuk Jurusan Art & Design

Dengan berkembangnya era digital, maka belajar seni dan desain menjadi hal yang paling banyak digemari oleh milenial saat ini. Terkait konten kreatif, estetika, tata cara pembuatan desain, hingga hak cipta yang sangat krusial. Belajar desain di kampus terbaik di dunia, adalah impian bagi banyak pecinta seni yang ingin mendalami ilmu desain. Oleh karena itu, yuk kita bahas mengenai 5 universitas dunia dengan jurusan Art & Design terbaik.

Rekomendasi Kampus Terbaik di Dunia untuk Jurusan Art & Design

Berikut ini 5 kampus terbaik di dunia untuk jurusan art and design yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy.

1. Universitas Royal College of Art

Universitas pertama yaitu Royal College of Art (RCA) Inggris, kampus ini adalah kampus nomor satu dalam bidang seni dan desain. Lokasi kampus ini berada di daerah Kensington Selatan dan Battersea London. RCA menawarkan 29 program pascasarjana di banyak disiplin seni dan desain, dipisahkan oleh sekolah arsitektur, seni, dan kemanusiaan, dan komunikasi. Kamu juga tidak perlu bingung soal pembayaran kuliah. Royal College of Art ini memberikan untuk mahasiswa yang berasal dari luar uni Eropa. RCA pun menawarkan beasiswa pra-masuknya sendiri, yang diberikan berdasarkan kekuatan aplikasi dan portofolio, kebutuhan keuanganmu, dan bakat yang kamu miliki dan janji akademik.

2. Parsons The New School of Design

University of Parsons the New School of Design terletak di daerah Greenwich Village di New York City. Universitas ini dikenal dengan kancah seni yang berkembang dan suasana bohemia. Salah satu dari lima perguruan tinggi di The New School, Parsons dikenal karena para alumni terkemuka, setelah mendidik banyak perancang busana terkemuka, fotografer, desainer, ilustrator dan seniman.

Nggak heran jika kampus Parsons menjadi yang banyak diincar bagi mahasiswa desain dan ingin memperdalam ilmunya. Nah, siapa tahu kamu akan menjadi selanjutnya, tak ada yang mengerti, bukan. Akan lebih akurat lagi informasi yang kami dapatkan. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan pinjaman khusus untuk kuliah di luar negeri, khususnya di kampus Parsons ini.

3. Rhode Island School of Design

Selanjutnya, sekolah seni terbaik di dunia adalah Sekolah Desain Rhode Island (RISD), yang terletak di ibu kota negara bagian Providence. Naik satu tempat ke peringkat ketiga untuk seni dan desain tahun ini, RISD menawarkan berbagai program seni dan desain di bidang studi seperti arsitektur, keramik, film / animasi / video, desain grafis, ilustrasi, fotografi, lukisan, seni grafis dan lainnya.

4. Massachusetts Institute of Technology

Peringkat keempat untuk seni tahun ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menganggap seni sebagai aspek fundamental dari kurikulum inti dan komunitas riset, dengan 50 persen dari mahasiswa MIT mendaftar ke program seni per tahun. Meski terkenal sebagai institut teknologi, kampus ini juga menerima mahasiswa seni dan desain setiap tahunnya. Jumlah mahasiswa seni dan desain yang mendaftar di universitas tersebut mencapai 50% dari total keseluruhan. Aspek seni dan desain dianggap merupakan bagian dari fundamental kurikulum inti dan komunitas riset. Jadi meskipun universitas teknologi ini mengedepankan riset dan penelitian, seni masih merupakan bagian yang penting untuk dipelajari. Sebab proses kreatif juga diperlukan dalam teknologi dan perancangan sistem informasi.

5. Politecnico di Milano

Kampus terbaik di dunia selanjutnya yaitu Politecnico di Milano. Politecnico di Milano adalah universitas teknik terbesar di Italia dan naik dua tempat untuk menempati peringkat kelima di dunia tahun ini untuk seni & desain. Program industri desain Politecnico di Milano ini dimulai sejak tahun 1993. Tahun 2000 silam, fakultas desain resmi terbentuk dengan pilihan jurusan yang lebih spesifik seperti desain grafis dan visual, interior desain dan berbagai pilihan desain lainnya yang tersedia pada industri desain internasional. 

Biaya kuliah untuk program magistrale laurea (setara dengan Master of Science) berkisar dari € 883-3,886 per tahun untuk mahasiswa Uni Eropa, dengan siswa non-Uni Eropa yang membayar € 3.886 per tahun. Jangan khawatir jika kamu ingin kuliah di kampus ini namun belum menguasai bahasanya. Meski berada di Italia, sejak tahun 2014 pengajaran mata kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris.

Layanan Mediamaz Scholar

Nah, itulah informasi mengenai 5 kampus terbaik dunia dengan jurusan Art & Design. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri ya. Sobat Meddy tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Namun, masih bingung perihal persiapannya? Tenang! Kami bisa membantu mengatasi kebingungan kamu dengan layanan konsultasi persiapan study abroad dari kami. Kami juga memiliki layanan terjemahkan dokumen ke bahasa negara tujuan kamu.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top