Universitas-di-Turki

5 Universitas Negeri Terbaik di Turki Rekomendasi untuk Mahasiswa Indo!

Universitas di Turki pada umumnya program di universitas negeri diajarkan dalam bahasa Turki, meskipun beberapa program dalam bahasa asing. Siswa tidak mahir dalam bahasa Turki yang masuk program Turki dapat mengambil satu tahun pelatihan bahasa sebelum mengejar studi mereka. Saat ini sekitar 30.000 mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program pendidikan di negeri ini, namun Turki memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah itu menjadi 150.000. Meskipun kebanyakan disiplin akademis yang tersedia, program populer bagi mahasiswa internasional adalah Hubungan Internasional, Mediterania Timur Studi, Multicultural Affairs Studi, Teknik, Manajemen Bisnis dan Perhotelan. Sobat Meddy ingin kuliah di Turki?

A. Universitas Negeri untuk Kuliah di Turki

Rata-rata mahasiswa yang kuliah di Turki mengejar gelar master loh. Lembaga pendidikan tinggi Turki dikenal relatif berkualitas tinggi untuk kuliah yang rendah dan banyak program yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Siswa berbahasa non-Inggris yang mengikuti program tradisional juga akan menemukan banyak kesempatan untuk belajar bahasa Inggris karena mereka menyelesaikan studi utama mereka.

1. Ankara University, Universitas Populer untuk Kuliah di Turki

Universitas saat ini berada di peringkat 450 universitas terbaik di dunia untuk kedokteran dan ditempatkan 701+ di QS World University Rankings. Selain menawarkan akomodasi yang terjangkau bagi mahasiswa Turki dan internasional, Universitas Ankara memiliki lebih dari 180 klub mahasiswa dan memiliki berbagai fasilitas olahraga. Universitas juga menawarkan 16 program sarjana dan 18 pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Universitas di Turki yang satu ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan kuliah di Turki. Salah satu sebabnya karena Prof. Komaruddin Hidayat juga alumni universitas di kota Ankara ini. Tokoh yang dikenal sebagai rektor UIN Jakarta ini kemudian namanya dikenal luas. Universitas ini juga pada hakikatnya adalah universitas pertama yang didirikan ketika Republik Turki dibentuk. Nyatanya, universitas yang satu ini juga universitas yang didirikan oleh Mustafa Kemal Attaturk untuk pertama kali. Demikian pula bagi orang Indonesia, Universitas Ankara sangat populer karena pembelajaran ilmu agama Islamnya. Disamping sebagai alternatif dari pendidikan di Timur Tengah, Ankara University juga dikenal sebagai tempat pendidikan seperti filsafat, juga keilmuan humaniora lainnya. Oleh sebab itu bagi mahasiswa Indonesia, nama kampus ini cukup populer dan cocok untuk mahasiswa Indonesia.

2. Sakarya University

Sakarya University merupakan salah satu Universitas yang memiliki reputasi internasional yang sangat baik, dimana Universitas ini memiliki kerjasama akademik dengan berbagai institusi pendidikan yang berasal dari 20 negara, Sakarya University juga merupakan salah satu Universitas terbesar di turki dengan 85.000 mahasiswa yang terdiri mahasiswa Turki dan juga mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai macam negara. Nama Sakarya University sempat guncang diantara kampus lain yang sudah dikenal luas. Satu alasannya karena yang satu ini beberapa kali meraih EFQM, yaitu European Excellence Award. Tepatnya adalah National Excellence Award pada 2010, the Sustainability in Excellence Award pada 2013, dan the EFQM Excellence Award pada 2015. Penghargaan dari Eropa membuat sakarnya menjadi Universitas ternama.

Salah satu kelebihannya adalah memiliki jaringan luas di Eropa, bahkan pertukaran pelajar menjadi hal yang sangat biasa. Maka jika Anda mahasiswa Indonesia berada di kampus ini, kesempatan untuk pertukaran pelajar dengan kampus lain di Eropa sangatlah besar. Sakarya terletak dua jam dari Istanbul. Fakultasnya pun lengkap, dari Ilmu Komputer dan Komunikasi, Kedokteran, Pendidikan, Teknik, Teknologi, Desain Seni dan Arsitektur, Bisnis, Ilahiyat, juga lainnya. Yang menjadikan rekomendasi untuk mahasiswa Indonesia adalah jurusan kedokteran yang dikenal sangat murah karena disubsidi pemerintah. 

3. Istanbul University

Kampus Istanbul adalah salah satu universitas terkemuka di Negara Turki. Universitas besar di Istanbul yang memiliki 20 fakultas,  3 institut dan 6000 akademisi ini memiliki bangunan kampus yang menyebar di berbagai sisi masyarakat, sehingga dengan mudah dapat dijangkau. Universitas Istanbul didirikan pada 1453 oleh Sultan Utsmaniyah Mehmed II. Pada awal berdirinya universitas Istanbul adalah madrasah pendidikan yang memiliki nama Semâniyye.  Universitas Istanbul resmi menjadi sebuah universitas dan memulai aktifitas belajar mengajar pada 18 November 1933. Universitas ini menjadi universitas pertama dan satu-satunya di Turki yang berdiri pada masa itu.

4. Marmara University, Salah Satu Universitas Tertua untuk Kuliah di Turki

Marmara University adalah salah satu dari beberapa universitas tertua di Turki. Didirikan pada 16 Januari 1883 dengan nama Hamidiye Ticaret Mekteb-i Âlisi dibawah naungan industri Perdagangan dan Pertanian, Kehutanan dan Pertambangan. Marmara University memulai kegiatan belajar mengajarnya di sebuah rumah di belakang Sekolah Menengah Atas Putri di daerah Cağaloğlu, Istanbul. Lulusan pertama sebanyak 13 orang pada tahun 1887.  

Dengan kualitas pendidikan yang diberikan dalam lima bahasa yang berbeda pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Seni Rupa, dan Fakultas Teologi, seperti bahasa Turki, Inggris, Prancis, Jerman, dan Arab membuat Marmara University menjadi satu-satunya universitas multibahasa di Turki. 

B. Universitas Swasta untuk Kuliah di Turki

Berikut ini beberapa rekomendasi universitas swasta untuk kuliah di Turki.

1. Koç University, Universitas Swasta Terbaik untuk Kuliah di Turki

Universitas Koç didirikan oleh Yayasan Vehbi Koç pada tahun 1993 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan meningkatkan individu yang diperlengkapi dan terdidik dengan perspektif yang luas. Sejak itu, ia telah menjadi salah satu universitas terkemuka di Turki. Lulusan Universitas Koç berhasil secara profesional di berbagai perusahaan nasional dan internasional, atau mereka mengejar posisi pasca-doktor tingkat lanjut di universitas paling top di seluruh dunia seperti Harvard, Yale, Princeton, Georgia Tech, Stanford, MIT, Imperial College, dan lainnya. 

2. Bilkent University

Bilkent University diakui dan mendapat peringkat di seluruh dunia sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Turki. Universitas ini merupakan kampus swasta pertama di Turki – didirikan pada 20 Oktober 1984, oleh Profesor İhsan Doğramacı, MD, dengan tujuan mendasar untuk menciptakan pusat keunggulan dalam pendidikan tinggi dan penelitian. Bilkent University didirikan pada tahun 1984 sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama di Turki, nirlaba.

Media instruksi di Bilkent adalah bahasa Inggris, dan komunitas internasional para sarjana dan siswa membentuk komponen penting dari kehidupan akademik dan sosial universitas. Untuk kampusnya seluas 500 hektar ini hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Ankara, dengan akses mudah ke taman kota, area perbelanjaan, kegiatan budaya, museum, dan tempat hiburan. Selain itu, lokasi Bilkent di jantung Anatolia yang kaya sejarah memungkinkan akses mudah ke kota-kota lain, desa-desa tradisional, pemandangan yang menakjubkan, situs bersejarah dan tempat-tempat yang memiliki minat budaya yang besar di seluruh negeri.

3. Baskent University

Universitas Baskent didirikan di Ankara, 1994. Ini menjadi salah satu institusi Pendidikan Tinggi paling terkemuka di Turki. Oleh karena itu, ini adalah salah satu Universitas Top Turki, mencakup 11 fakultas, 7 institut, 6 sekolah kejuruan, dan sekolah bahasa. Selain sekitar 13 pusat penelitian. Baskent University meningkatkan kualifikasi mahasiswa melalui pendidikan dan pelatihan berkualitas tinggi untuk membantu mereka memenuhi tuntutan dunia digital.

Selain itu, untuk membuat mereka siap dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap bidang yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan pribadi mereka, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Kesehatan, ilmu sosial dan humaniora, seni, desain, dan perdagangan. Untuk perpustakaan Bilkent University adalah perpustakaan akademik paling luas di negara ini. Kampus ini menyediakan lingkungan yang kaya dan beragam untuk belajar dan pertumbuhan intelektual.

4. Sabanci University

Sabanci University memposisikan dirinya sebagai salah satu universitas paling inovatif dan berorientasi penelitian di Turki. Sebagai bagian dari filosofinya, universitas bertujuan untuk mengarahkan upaya penelitiannya terutama pada penelitian terapan dan strategis dengan tujuan memajukan pengetahuan, mendukung pengajaran, dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Universitas ini memiliki banyak laboratorium dan pusat penelitian, termasuk Pusat Penelitian dan Aplikasi Nanoteknologi tercanggih di kawasan ini.

Baca juga: Mau Kuliah Gratis S1 di Turki? Yuk, Intip Beasiswa Abdullah Gul University

Mediamaz Scholar

Bagaimana, Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila Sobat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top