Universitas terbaik di benua eropa

Selain Jadi Negara Terbersih Dunia, Swiss Juga Hadirkan 5 Universitas Terbaik Lho!

Sobat Meddy pasti pernah mendengar tentang negara Swiss. Selain terkenal dengan coklat, ternyata Swiss juga dikenal sebagai negara terbersih di dunia dan benua Eropa. berdasarkan Environmental Performance Index. Swiss atau Switzerland merupakan sebuah negara yang wilayahnya lebih dominan diisi oleh pegunungan. Nama resmi negara ini adalah Konfederasi Swiss. Swiss berbatasan langsung dengan Prancis, Italia, Jerman, Liechtenstein, dan Austria. Swiss merupakan negara multibahasa karena memiliki 4 bahasa resmi yaitu bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Italia dan bahasa Romande. Hal ini karena Swiss terdiri dari 4 etnis utama yaitu etnis Jerman, Perancis, Italia dan Romande. 

Baca juga: Mau Kuliah di Swiss? Yuk, Intip 5 Universitas Terbaik untuk S2

Universitas terbaik di Swiss, Benua Eropa

Swiss memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan kepada para siswa internasional, beberapa diantaranya yaitu universitas-universitasnya yang menyediakan pendidikan kelas dunia serta gelar mereka yang diakui di seluruh dunia. Dengan kualitas penelitian dan pengajarannya yang tinggi, Swiss secara teratur menempati peringkat tinggi dalam bidang pendidikan.

Jika sobat Meddy mencari program Sarjana maupun Magister dengan penghargaan akademik tinggi dan mampu membayar biaya hidup yang relatif tinggi, maka Swiss menjadi salah satu negara teratas dalam daftar sobat Meddy ketika memilih negara untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Berikut ini daftar universitas terbaik di Swiss menurut Times Higher Education Ranking (2022)

1. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Berada di urutan ke-15, ETH Zurich adalah salah satu universitas terkemuka di dunia dalam bidang sains dan teknologi. Kampus ini juga dikenal dengan penelitian dan inovasi mutakhirnya. ETH Zurich didirikan pada tahun 1855 sebagai Sekolah Politeknik Federal Swiss. Untuk sarjana, bahasa pengajaran utama adalah bahasa Jerman, sedangkan sebagian besar program master dan studi doktoral dalam bahasa Inggris. ETH Zurich memiliki dua lokasi utama yaitu di Zurich dan di pinggiran kota. Zurich merupakan pusat ekonomi Swiss serta rumah bagi banyak perusahaan internasional. 

Jurusan 

ETH Zurich yang merupakan universitas terbaik di Benua Eropa berhasil bertahan di peringkat pertama untuk Ilmu Bumi dan Kelautan, Geologi, dan Geofisika. Beberapa jurusan lain yang terdapat di ETH Zurich, antara lain:

  1. Teknik – Mekanik
  2. Aeronautika dan Manufaktur
  3. Ekonomi dan Ekonometrika
  4. Akuntansi dan Keuangan
  5. Teknik – Listrik dan Elektronik
  6. Teknik – Sipil dan Struktur
  7. Ilmu Material
  8. Statistik dan Riset Operasional
  9. Teknik – Kimia
  10. Ilmu Biologi 
  11. Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
  12. Arsitektur dan Lingkungan Buatan
  13. Pertanian dan Kehutanan
  14. Fisika dan Astronomi
  15. Olahraga, dan 
  16. Hukum

Biaya kuliah

Di ETH Zurich, biaya saat ini untuk semua program sarjana, magister, dan diploma mencapai CHF 730 per semester (10,869,678.25 IDR) atau setara dengan US $ 760. Terdapat dua semester per tahun dan para siswa di ETH Zurich juga perlu membayar biaya semester wajib sebesar CHF 69 (1,027,407.94 IDR), yang berarti bahwa total biaya Anda per tahun adalah CHF 1,598 (US $ 1670).

Siswa juga wajib membayar biaya untuk ujian sebanyak CHF 800 (US $ 840). Di universitas ini, mahasiswa sarjana yang telah lulus ujian tahun pertama mereka serta mahasiswa magister dan doktoral yang menyelesaikan gelar sarjana di institusi tersebut memiliki kemungkinan besar memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman tanpa bunga hingga CHF 12.000 (US $ 12.650). Para siswa yang masih di semester pertama juga dapat mengajukan pinjaman jangka pendek tanpa bunga hingga CHF 5,000 (US $ 5,270). Pihak universitas menawarkan beasiswa yang bertujuan untuk menutupi beberapa biaya studi. Untuk informasi mengenai beasiswa, sobat Meddy dapat melihatnya  Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS).

Baca Juga: Yuk Intip Daftar Beasiswa S2 ke Luar Negeri di Bulan September

2. Institut Teknologi di Benua Eropa – EPFL

Universitas terbaik selanjutnya yaitu Swiss Federal Institute of Technology dan berada di urutan ke-40 di dunia. Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL) merupakan universitas riset publik yang berlokasi di Lausanne, Swiss.

EPFL didirikan pada tahun 1969 dan mengkhususkan diri dalam sains dan teknik. Universitas yang satu ini juga merupakan salah satu dari dua Institut Teknologi Federal Swiss, dengan tiga misi utama yaitu pendidikan, penelitian, dan inovasi. Lausanne sendiri merupakan sebuah kota di bagian Swiss yang berbahasa Perancis dan berada di tepi Danau Jenewa. Biaya hidup di kota ini relatif tinggi, meskipun hal ini diimbangi dengan biaya kuliah yang relatif rendah.

Jurusan 

Beberapa jurusan terbaik di EPFL antara lain materials science, ilmu komputer, teknik sipil dan struktural, teknik kimia, teknik elektro, dan kimia. Berikut ini merupakan beberapa program sarjana yang bisa sobat Meddy pilih:

  • Arsitektur
  • Kimia dan Teknik Kimia
  • Teknik Sipil
  • Sistem Komunikasi
  • Ilmu Komputer
  • Teknik Elektro dan Elektronika
  • Ilmu dan Teknik Lingkungan
  • Teknik Ilmu Hayati
  • Ilmu dan Teknik Material
  • Matematika
  • Teknik
  • Rekayasa mikro
  • Fisika

Biaya kuliah 

Biaya untuk semua siswa adalah CHF 710 (US $ 740) per semester yaitu CHF 1420 per tahun (US$1.480). Anggaran yang disarankan adalah sekitar CHF 2,056 (US$2,150) per bulan untuk biaya studi dan biaya hidup. Mahasiswa doktoral di kedua institusi biasanya dipekerjakan sebagai asisten peneliti, menerima gaji.  Namun, mereka diharuskan membayar biaya satu kali sebesar CHF 1.500 (US $ 1.580) saat mendaftar untuk ujian doktoral akhir. EPFL juga menawarkan bantuan keuangan untuk siswa yang ada yang telah menyelesaikan setidaknya satu tahun studi mereka, melalui bantuan dari Fondation pour les Etudiants de l’EPFL. Beasiswa lebih lanjut untuk siswa internasional tingkat pascasarjana dapat sobat Meddy lihat di Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS).

3. University of Zurich, Universitas Terbaik Se-Benua Eropa

Didirikan pada tahun 1833, Universitas Zurich (UZH) adalah universitas pertama di Eropa yang didirikan oleh pemerintah dan saat ini adalah rumah bagi 26,000 siswa yang terdiri dari tujuh fakultas yang menawarkan lebih dari 100 program gelar di tingkat sarjana dan pascasarjana. Meskipun program sarjana diajarkan dalam bahasa Jerman, namun semua program Master diajarkan dalam bahasa Inggris.

Jurusan 

UZH adalah anggota Liga Universitas Riset Eropa, menempatkannya di antara lembaga penelitian paling bergengsi di Eropa, dengan reputasi yang sangat kuat di bidang kedokteran, imunologi, biologi, genetika, ilmu saraf, dan ekonomi. Subjek lain yang terdapat di UZH, antara lain:

  • Ilmu hayati: Ilmu Biologi, Ilmu Kedokteran Hewan
  • Ilmu Keolahragaan, Pertanian & Kehutanan
  • Seni & humaniora: Sejarah, Filsafat & Teologi, Arkeologi, Bahasa, Sastra & Linguistik
  • Ilmu sosial: Sosiologi
  • Politik & Studi Internasional (termasuk Studi Pembangunan), Studi Komunikasi & Media, Geografi
  • Bisnis & ekonomi: Akuntansi & Keuangan, Bisnis & Manajemen, Ekonomi & Ekonometrika
  • Ilmu fisika: Fisika & Astronomi, Matematika & Statistika, Kimia, Geologi, Lingkungan, Bumi & Ilmu Kelautan
  • Hukum: Hukum
  • Klinis, pra-klinis kesehatan: Kedokteran & Kedokteran Gigi, Kesehatan Lainnya
  • Psikologi: Psikologi
  • Ilmu komputer: Ilmu Komputer
  • Pendidikan: Pendidikan

Biaya kuliah 

UZH memiliki program sarjana yang terjangkau dengan biaya kurang dari 2,500 USD/tahun. Jika sobat Meddy ingin mendapatkan gelar master di sini, maka harus siap untuk menghabiskan setidaknya 1,714 USD per tahun.

Meskipun biaya kuliahnya cukup rendah, para siswa sering berpartisipasi dalam program beasiswa. Adalah salah satu lembaga pendidikan yang memungkinkan siswa untuk mendaftar dalam program online. Karena kenyataan bahwa biaya kuliah di UZH dapat bervariasi tergantung pada fakultas, Meddy menyarankan sobat Meddy untuk memeriksa situs web resmi http://www.uzh.ch agar mendapatkan informasi yang lebih akurat.

4. University of Bern

Universitas Bern yang berbasis di ibukota Swiss didirikan pada tahun 1834. Universitas memainkan peran kunci dalam evolusi studi wanita. Bahkan pada tahun 1870, lembaga ini memiliki seorang siswi bernama Catharina Gontscharoff. Pada tahun 1899, didirikan sebuah lembaga Perkumpulan Mahasiswi dengan tujuan mewakili kepentingan perempuan. Motonya adalah “Hak yang Sama, Kewajiban yang Sama”. Universitas ini memiliki beberapa mantan pengajar fakultas yang terkenal, seperti Albert Einstein yang mengajar fisika teoretis pada tahun 1908 dan tahun berikutnya philiospher Rusia Anna Tumarkin menjadi profesor.

Jurusan

Berikut ini beberapa jurusan yang terdapat di University of Bern:

  • Administrasi Bisnis: Ekonomi, Ilmu Sosial
  • Fakultas Humaniora: Pendidikan, Psikologi, Ilmu Olahraga
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Manusia: Arkeologi, Klasik
  • Studi Eropa Timur, Inggris, Linguistik dan Sastra Prancis, Bahasa dan Sastra Jerman, Sejarah, Studi Islam dan Timur Tengah, Linguistik dan Sastra Italia, Linguistik, Musikologi, Filsafat, Ilmu Agama, Bahasa dan Sastra Slavia, Antropologi Sosial, Linguistik dan Sastra Spanyol, Studi Teater
  • Fakultas Hukum: Hukum
  • Fakultas Kedokteran: Kedokteran Gigi, Kedokteran
  • Fakultas Sains: Biokimia dan Molekuler, Biologi, Kimia dan Ilmu Molekuler, Ilmu Komputer, Ilmu Bumi, Geografi, Matematika, Ilmu Farmasi, Fisika
  • Fakultas Teologi: Studi Agama, Teologi
  • Fakultas Kedokteran Hewan Vetsuisse: Kedokteran Hewan

Biaya kuliah 

University of Bern membagi tahun akademiknya menjadi beberapa semester. Belajar sarjana di UNIBE relatif murah, hanya 2.000 USD per tahun. Para siswa UNIBE dapat mengambil studi mereka ke tingkat berikutnya dan memperoleh gelar master seharga 1,513 USD per tahun. Karena kenyataan bahwa biaya kuliah di UNIBE dapat bervariasi tergantung pada fakultas, Meddy menyarankan sobat Meddy untuk memeriksa situs web resmi http://www.unibe.ch/eng/ untuk informasi yang lebih akurat.

5. University of Basel

University of Basel didirikan pada tahun 1460 dan merupakan universitas tertua di benua Eropa. Sebagai universitas komprehensif yang menawarkan berbagai peluang pendidikan berkualitas tinggi, University of Basel menarik siswa dari Swiss dan seluruh dunia, menawarkan mereka kondisi belajar yang luar biasa saat mereka bekerja menuju gelar sarjana, master atau PhD mereka. University of Basel memiliki tujuh fakultas yang mencakup spektrum disiplin ilmu yang luas. 

Jurusan 

University of Basel telah menempatkan dirinya di tengah persaingan internasional dengan berfokus pada ilmu kehidupan, studi visual, nanosains, penelitian keberlanjutan dan energi dan studi Eropa dan global. Menurut pandangan para siswanya, University of Basel menawarkan banyak hal untuk dipelajari, namun kampus ini dikenal sangat baik dalam bidang medis termasuk kedokteran, biologi, kimia, farmasi, dan kursus terkait medis lainnya. Sobat Meddy dapat melihat program gelar mereka melalui https://www.unibas.ch/en/Studies.html.

Biaya kuliah

Berikut ini merupakan list biaya yang harus dibayar jika sobat Meddy memilih kuliah di University of Basel:

  • Siswa yang terdaftar di universitas dikenakan biaya CHF 850 setiap semester.
  • Kandidat doktor dikenakan biaya CHF 350 setiap semester.
  • Siswa yang mengambil cuti dikenakan biaya pengurangan CHF 150 setiap semester sesuai dengan peraturan studi § 25.
  • Biaya untuk aplikasi pendaftaran atau perubahan dan administrasinya adalah CHF 100. Jika aplikasi terlambat, dikenakan biaya tambahan sebesar CHF 150 dikenakan, jika dikabulkan.
  • Auditor kursus dikenakan biaya CHF 60 untuk setiap jam kredit (SWS). Dalam hal jumlah ini melebihi biaya yang dibebankan secara teratur untuk siswa, biaya tetap dengan jumlah yang sama dibebankan.
  • Biaya CHF 50 dibebankan untuk pendaftaran semester selama masa tenggang.
  • Biaya CHF 100 dibebankan untuk mendaftar kursus setelah batas waktu.

Tadinya, University of Basel menawarkan Beasiswa Keunggulan Pemerintah Swiss untuk Cendekiawan dan Seniman di seluruh benua eropa saja. Namun, beasiswa ini tersedia juaga untuk setiap siswa internasional melalui Komisi Federal untuk Beasiswa untuk Siswa Asing (FCS).

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai universitas-universitas terbaik di Swiss, kira-kira sobat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Swiss? Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top