jurusan IPA : riset dan penelitian

Suka Riset? Berikut 5 Universitas Terbaik Dunia Untuk Riset & Penelitian

Kemajuan dan perkembangan dalam segala bidang tidak terjadi begitu saja, melainkan terlebih dahulu melalui proses penelitian. Sebagian besar penemuan di dunia juga terjadi berkat adanya campur tangan peneliti dan riset. Tidak heran apabila banyak institusi atau universitas yang memfokuskan bidang studinya pada pengembangan ilmu riset dan penelitian. Tujuannya yaitu untuk bisa menemukan inovasi, informasi, atau solusi atas permasalahan yang ada baik dalam skala kecil hingga skala besar. Maka dari itu, artikel ini akan membahas deretan 5 universitas terbaik dunia di bidang riset yang berkualitas untuk kamu yang mengambil jurusan IPA

Apa itu Jurusan IPA: Riset dan Penelitian

Buat kamu yang suka dengan pelajaran ipa, pasti sudah tidak asing dengan tokoh-tokoh ilmuwan. Ternyata, sekarang sudah banyak universitas-universitas yang menyediakan jurusan riset dan penelitian lho! Jadi, Prodi riset dan penelitian adalah ilmu mencari sesutau yang baru, mencari sesuatu yang baru, mencari sesuatu di belakang kejadian dan menyelesaikan permasalahan dengan rumus-rumus yang berlaku. Di jurusan ini pun kamu bisa research mengenai metode hitungan, jadi kamu bisa meneliti metode penyelesaian matematika dan kamu bisa mempatenkan rumus matematika mu. Asal, penelitianmu bisa dibuktikan kebenarannya ya!

Universitas yang menyediakan prodi riset dan penelitian

Berikut Meddy beri info mengenai universitas mana saja yang menyediakan prodi khusus jurusan IPA ini:

Universitas Jurusan IPA: Universitas Massachusetts 

Universitas yang dibangun pada tahun 1861 ini merupakan salah satu dari beberapa kampus di dunia yang memiliki kualitas riset terbaik. Karya penemuan yang dilakukan oleh Massachussets Institute of Technology (MIT) diketahui telah dimulai dan bergerak pada masa perang dunia ke 2 yaitu tahun 1939. Berkat pengetahuan di bidang riset, universitas ini telah menerima berbagai macam prestasi dan penghargaan. Sejak dulu, MIT berhasil memainkan peran kunci dalam pengembangan di banyak aspek. Seperti sains, teknik, matematika, teknologi modern, dan masih banyak lagi. 

Fasilitas Khusus Universitas Massachusetts:

  • General Hospital
  • Science and Biology Laboratory
  • Research and Analyst Facillities
  • Math Laboratory

Universitas Jurusan IPA di California 

Siapa yang tidak tau kampus yang satu ini. UCLA merupakan salah satu kampus yang kerap kali melakukan dan berhasil dalam mendalami riset terkemuka di dunia. Bayangkan saja, semenjak tahun 2009 hingga 2010 kampus ini telah menghabiskan biaya pendanaan penelitian rata-rata sebesar 1 miliar dollar. UCLA dilengkapi dengan lebih dari 350 laboratorium penelitian, pusat, dan institut, 290 di antaranya adalah pusat medis. Uniknya, sebanyak sekitar 1.800 temuan di dunia merupakan hasil dari penelitian kampus yang dibangun pada tahun 1919 ini. 

Universitas Johns Hopkins (JHU), Maryland, Amerika Serikat

Nama sekolah tinggi yang dibangun pada tahun ini 1876 ini diambil dari nama dermawan dan pengusaha pertama yang mendanai yaitu Johns Hopkins. JHU merupakan salah satu universitas favorit dan terbaik di Amerika Serikat yang juga terkenal dengan hasil dan kualitas risetnya. JHU juga merupakan salah satu universitas besar yang membuka kesempatan belajar untuk pelajar atau mahasiswa jurusan IPA yang berasal dari berbagai negara dan berbagai ras. Adapun beberapa fasilitas penelitian untuk siswa di JHU yakni seperti: Pusat Astronomi dan Fisika Henry A. Rowland, The Silcio O. Conte Center, yang terletak di Maryland Psychiatric Research Center (MPRC)

Universitas Texas A&M (TAMU), Texas

Kampus ini merupakan salah satu kampus lembaga penelitian publik peringkat teratas. Dibangun pada tahun 1876 dengan luas hektar 5.200 dan terletak di jantung kota, TAMU telah berhasil meluluskan lebih dari 53.065 mahasiswa dengan kualitas menjanjikan. Memiliki 13 pusat penelitian dengan karyawan sebanyak 1.700 yang mana 500 diantaranya merupakan ilmuwan tingkat doktor. Para ilmuwan di TAMU meneliti segala sesuatu mulai dari penyakit tanaman, parasit hewan, produksi rumput, dan masih banyak lagi. 

CALIFORNIA INSTITUTE OF TECHNOLOGY (CALTECH) PASADENA, AMERIKA SERIKAT

Dikenal karena kekuatannya dalam ilmu alam dan teknik, Caltech sering kali mendapatkan peringkat sebagai salah satu dari sepuluh lembaga penelitian terbaik dunia. Didirikan pada tahun 1891, Caltech memiliki enam divisi akademik dengan fokus utama bidang studi pada sains dan teknik. Dengan memiliki lebih dari 50 Lembaga & Pusat Penelitian, Caltech berhasil mendapatkan 73 Nobel, 4 Peraih Medali Bidang, 6 pemenang Turing Award, dan masih banyak lagi.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, 5 universitas terbaik dunia yang memiliki keunggulan di bidang riset. Kalian juga bisa loh kuliah di kampus terkenal seperti yang disebutkan, selain melalui jalur seleksi umum kalian juga bisa melalui jalur seleksi beasiswa. Tapi tentu saja harus memenuhi persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan. Kami memiliki tim expert study abroad untuk membantu kamu dalam persiapan dokumen pendaftaran beasiswa luar negeri. Informasi lebih lanjut, hubungi di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top