Beasiswa-di-Arab Saudi

Beasiswa Hunter Merapat! Cek 7 Deretan Beasiswa Kuliah Di Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi menyediakan banyak jenis beasiswa di Arab Saudi untuk mahasiswa dari berbagai negara secara rutin setiap tahun. Pihak pemerintah negara Arab Saudi menawarkan beasiswa tersebut kaitannya dengan dukungan untuk penyebaran ilmu pengetahuan di dunia khususnya pada bidang sains demi kemajuan manusia. Ministry of Education dari Arab Saudi adalah yang bertanggung jawab dalam hal penyediaan beasiswa ini sebagai perwakilan langsung dari the Kingdom of Saudi Arabia.

A. Rekomendasi Universitas di Negara Arab Saudi

Berikut ini adalah daftar Universitas yang bisa Sobat Meddy pilih untuk melanjutkan studi di Arab Saudi dan Universitas ini rekomendasi buat kamu yang sedang mencari peluang beasiswa, dengan menggunakan program beasiswa resmi dari pemerintah Arab Saudi:

1. Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University

Universitas ini, membuka peluang pendaftaran beasiswa di antaranya, Program beasiswa sarjana tingkat S1. Untuk informasi Pembukaan pendaftaran, bulan Dzulhijjah (30 Juni 2022) Muharram (30 Juli 2022) setiap tahun. Untuk kamu yang tertarik, bisa juga cek di sini.

2. Universitas Umm Al Qura

Pembukaan pendaftaran Beasiswa, pendaftaran beasiswa dibuka pada bulan Muharram (30 Juli 2022) – Rabiul Awal (27 September 2022) setiap tahun. Universitas ini, memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin melanjutkan studinya dalam program, program sarjana tingkat S1. Untuk kamu yang tertarik, bisa juga cek di sini. 

3. King Abdulaziz University

King Abdulaziz University, membuka pendaftaran beasiswa di antaranya, pada bulan Safar (29 Agustus 2022) – Rabiul Akhir (27 Oktober 2022) setiap tahun). Universitas ini, membuka kesempatan beasiswa untuk program:

  1. Sarjana tingkat S1/Diploma Arabic Language Institute (ALI)
  2. Program tingkat S2 sampai dengan S3. 

Pendaftaran di universitas ini, membuka 2 pendaftaran yang berbeda di antaranya:

  1. Program tingkat S2 sampai dengan S3 (Dibuka pada setiap waktunya) 
  2. Program S1/Diploma Arabic Language Institute (ALI)

Bagi Sobat Meddy yang ingin mencoba untuk mendaftar beasiswanya, untuk informasi lanjutan di antaranya:

  1. Informasi lanjutan peluang beasiswanya program S1/Diploma Arabic Language Intitute (ALI), bisa cek di sini.
  2. informasi lanjutan pendaftaran program S2 sampai dengan S3, cek di sini.

4. King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM)

Universitas ini, membuka pendaftaran beasiswa di antaranya untuk program, program S2 sampai dengan S3. Untuk kamu yang ingin mendaftarnya, ini dia jadwal pendaftarannya, pendaftaran beasiswa di KFUPM dibuka pada bulan Agustus sampai dengan Februari (Setiap tahun). Untuk kamu yang penasaran dengan beasiswa ini, bisa cek di sini.

5. King Khalid University

Pendaftaran beasiswa di King Khalid University, membuka kesempatan program beasiswanya, untuk program yang dibuka, pendaftaran beasiswa untuk program tingkat S1 sampai dengan S3. Universitas ini, membuka pendaftaran beasiswa dengan jadwal yang sudah ditentukan, yaitu, pendaftaran beasiswa, pada bulan Syawal (02 Mei 2022) – Dzulhijjah (30 Juni 2022) setiap tahun. Untuk kamu yang penasaran dengan program beasiswanya, bisa cek di sini.

6. Qassim University

Universitas ini, membuka peluang pendaftaran beasiswa di antaranya untuk program, program S1 sampai dengan S3. Informasi mengenai jadwal pendaftaran beasiswa, di antaranya:

  1. Pendaftaran program beasiswa S1, tidak ada waktu tertentu untuk pendaftarannya, akan tetapi untuk pendaftaran program beasiswa S1 ini, bisa mengirim berkas-berkas kebutuhan beasiswa langsung ke Universitas. 
  2. Pendaftaran beasiswa program S2 sampai dengan S3, dibuka pada bulan Jumadil Tsani (November 2022) setiap tahun. 

Bagi yang ingin mengetahui informasi beasiswa lebih lanjut, dan ingin melakukan pendaftaran beasiswanya bisa cek di sini.

7. Universitas Najran di Negara Arab Saudi

Najran University, membuka peluang beasiswa, di antaranya program beasiswa tingkat S1 sampai dengan S2. Untuk pendaftaran, Najran University menyediakan pendaftaran pada waktu:

  1. Beasiswa S1, di buka pada bulan Dzulhijjah (30 Juni 2022) – Muharram (30 Juli 2022) setiap tahun
  2. Pendaftaran beasiswa S2, di buka pada bulan Jumadil Ula (7 Desember 2022) – Jumadil Tsani setiap tahun.

Bagi Sobat Meddy yang ingin mencoba untuk mendaftar beasiswanya, untuk informasi lanjutan di antaranya:

  1. Pendaftaran S1, sobat Meddy bisa cek di sini.
  2. Pendaftaran beasiswa program S2, cek info selanjutnya di sini.

B. Keuntungan Beasiswa di Negara Arab Saudi

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk mendaftarkan beasiswa di Arab Saudi, kamu juga akan mendapatkan keuntungan beasiswa loh. Keuntungan beasiswa, bisa kalian dapat dari penyalur beasiswa, atau universitas yang menampung program beasiswa

Tunjangan Beasiswa Negara Arab Saudi

  1. Layanan kesehatan penuh untuk penerima beasiswa dan keluarga
  2. Biaya akomodasi
  3. Biaya transportasi setiap tahun untuk mudik
  4. Tunjangan pada awal dan akhir masa studi
  5. Berbagai keuntungan seperti yang didapatkan mahasiswa asli Arab Saudi di universitas yang sama
  6. Layanan bimbingan khusus dalam hal studi bagi penerima beasiswa

Sobat Meddy tidak perlu khawatir nih. Selain tunjangan beasiswa, yang pastinya kamu akan mendapatkan fasilitas beasiswa. Fasilitas beasiswa ini, akan kamu dapatkan sesuai dengan ketentuan universitas yang kamu pilih.

C. Persyaratan Beasiswa

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi syarat bagi mahasiswa dari berbagai negara lain untuk bisa mengajukan permohonan beasiswa studi di Arab Saudi:

  1. Usia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun untuk jenjang S1 sedangkan maksimal 30 tahun untuk jenjang S2 dan maksimal 35 tahun untuk jenjang S3
  2. Jika diperlukan maka pemohon harus menyertakan izin resmi dari pihak berwenang di negara asal untuk melanjutkan pendidikan di Arab Saudi
  3. Pemohon tidak sedang menerima bantuan pendidikan yang lainnya dari pihak apa pun yang dan di Arab Saudi
  4. Pemohon belum pernah dikeluarkan dari institusi pendidikan di Arab Saudi
  5. Dokumen-dokumen penting untuk pendaftaran akan dipastikan dan diperiksa oleh pihak berwenang dalam hal keaslian dan keabsahannya
  6. Seluruh persyaratan pendaftaran seperti yang dibebankan kepada pemohon dari Arab Saudi selain dari yang sudah disebutkan di atas juga wajib dipenuhi oleh pemohon internasional

Baca juga: Beasiswa di Arab Saudi, Tersedia di Ma’had Lughoh (King Saud University)

Mediamaz Scholar

Apakah Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila Sobat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top