beasiswa-kanada-iklim-dingin

7 Fakta Unik Kanada, No.4 Dijamin Bikin Kamu Heran

Selain Iklim, negara Kanada atau yang secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada. Merupakan sebuah negara yang terletak di paling utara benua Amerika. Kanada memiliki dua bahasa resmi yaitu Inggris dan Perancis. Kanada juga merupakan negara terluas kedua di dunia setelah Rusia. Berdiri pada tahun 1867, Kanada terbagi menjadi 10 provinsi dan 3 teritori. Di bidang ekonomi, Kanada memiliki PDB yang mencapai US$1,742 triliun di tahun 2020. Hal ini menjadikan Kanada masuk kedalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia dan negara terkaya di dunia.

Kemakmuran Kanada di bidang ekonomi didukung oleh kekayaan sumber daya alam yang berlimpah terutama pada sektor minyak bumi dan gas serta perkembangan industri-industri teknologi lainnya. Dikenal dengan sistem pendidikannya yang baik, menjadikan Kanada sebagai salah satu negara paling berpendidikan di dunia.

Daftar Biaya Hidup Yang Dikeluarkan

Jika sahabat Meddy tertarik untuk belajar atau bekerja di Kanada, maka sahabat Meddy harus mempertimbangkan 4 biaya utama dalam keuangan kamu.

  1. Akomodasi. Bagi siswa internasional bisa memilih asrama siswa karena lebih murah. Untuk tinggal di asrama dikenakan biaya $ 550 di Montreal, $ 600 di Toronto, dan $ 460 di Calgary. Sementara itu, jika ingin menyewa apartemen kecil harganya sekitar $ 640 di Montreal, $ 1000 di Toronto dan $ 900 di Calgary. Jika sahabat Meddy berencana untuk tinggal di Kanada dalam waktu yang lama dan berniat membeli rumah, ada baiknya kamu membeli rumah di daerah pedesaan karena lebih murah. Untuk harga sekitar sekitar $ 500.000.
  2. Transportasi. Harga transportasi berbeda di tiap tempat. Sahabat Meddy juga bisa membeli mobil yang harganya  C $ 20.000 dan satu liter bensin berharga C $ 1.02. Harga sebuah kartu kereta atau bus seharga $ 83 di Montreal, C $ 107 di Vancouver dan  $ 145 di Toronto. Namun, di Toronto sahabat Meddy bisa memilih menggunakan taksi karena harga taksi di kota ini merupakan yang paling murah se-Amerika Utara.
  3. Makanan. Mau mencoba makan di restoran terbaik di kota? Sahabat Meddy bisa mengeluarkan uang sekitar $ 70 di Toronto dan $ 60 di Montreal untuk dua orang. Harga makanan cepat saji di Kanada kurang lebih $ 10. Sahabat Meddy juga bisa berbelanja bahan masakan. Di Montreal, sebulan belanjaan sekitar $ 200. Di sisi lain, sahabat Meddy harus menganggarkan kurang lebih $ 350 di Vancouver dan $ 450 di Toronto.
  4. Kesehatan dan kebugaran. Layanan kesehatan di Kanada gratis. Alberta, British Columbia, Manitoba Newfoundland and Labrador, Northwest Territories dan Saskatchewan menyediakan cakupan kesehatan gratis bagi siswa internasional. Namun, sahabat Meddy harus merujuk ke situs web universitas untuk detail lebih lanjut.

Fakta Unik tentang Kanada, Ada Fakta Iklim Juga!

Selain terkenal karena memiliki air terjun Niagara, Kanada memiliki beberapa fakta unik yang mungkin saja belum sahabat Meddy ketahui. Berikut ini 7 fakta unik mengenai kehidupan di Kanada.

1. Tingkat Kesopanan

Fakta unik yang pertama yaitu Kanada memiliki tingkat kesopanan yang sangat tinggi. Kata maaf, tolong, dan terima kasih merupakan 3 kata yang sering mereka ucapkan. Masyarakat Kanada dikenal sebagai pribadi yang menghargai toleransi, rendah hati, serta anti kekerasan. Dikenal sebagai masyarakat yang suka meminta maaf, hal ini membuat pemerintahan membuat Undang-Undang Permintaan Maaf yang disahkan pada tahun 2009, yang membuat permintaan maaf tidak diterima di pengadilan.

Norma budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat, Kanada memiliki 8 norma budaya yang mendasari perilaku mereka. 

  1. Egalitarianisme yang berarti bahwa semua orang setara terlepas dari ras, jenis kelamin, usia, maupun keyakinan. 
  2. Informalitas. Hal ini dapat dilihat dari cara bicara dan berpakaian masyarakat Kanada yang santai. Menggunakan nama depan sebagai nama panggilan merupakan hal yang biasa disini. Bahkan para manula dipanggil dengan nama depan mereka.
  3. Masyarakat Kanada sangat menghargai privasi. Diskusi mengenai gaji, kehidupan keluarga, berat badan, agama dan topik pribadi lainnya merupakan topik yang sebaiknya dihindari. 
  4. Individualistik namun berorientasi komunitas. Meskipun individualistis dalam hal nilai-nilai pribadi (seperti menjaga privasi), masyarakat Kanada menganggap berkontribusi terhadap perbaikan komunitas adalah sebuah prioritas.
  5. Tepat waktu merupakan hal yang sangat dihargai di Kanada. 
  6. Respect. Sifat ini sering ditunjukkan melalui kesopanan, ketepatan waktu, toleransi dan tatanan sosial.
  7. Multikulturalisme dan keberagaman. Hal ini dapat terlihat pada tahun 1971 dimana Kanada menjadi negara pertama di dunia yang mengadaptasi multikulturalisme sebagai kebijakan resmi. 
  8. Political correctness adalah menahan diri dari mengatakan atau melakukan hal-hal yang mengecualikan, menghina atau meminggirkan kelompok-kelompok orang.

Baca juga: 3 Universitas Terbaik Dan Tertua Di Australia, Rekomendasi Pelajar Indonesia

2. Standar Kehidupan

Selain tingkat kesopanan yang tinggi, ternyata Kanada juga memiliki standar hidup yang tinggi. Penilaian ini dilakukan oleh perusahaan komunikasi marketing VMLY&R, BAV Group dan Wharton School of University of Pennsylvania. Dalam melakukan penilaian, terdapat sembilan kategori mengenai kualitas hidup di suatu negara.

Sembilan Kualitas

Kesembilan kualitas tersebut antara lain adalah

  • Ramah keluarga, artinya dalam sebuah rumah tangga sangat jarang terjadi kegaduhan. Termasuk dalam bertetangga
  • Keterjangkauan pasar kerja yang baik
  • Stabil secara ekonomi
  • Kesetaraan pendapatan
  • Stabil secara politik
  • Negara yang aman
  • Sistem pendidikan yang dianggap mampu mencerdaskan bangsa
  • Sistem kesehatan yang memadai

Ini bukan pertama kalinya bagi Kanada karena negara yang memiliki lambang daun maple ini ternyata sudah memegang posisi ini selama enam tahun berturut-turut.

3. Iklim di Kanada

Kanada merupakan negara dengan empat musim, yaitu musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur. Fakta unik selanjutnya yaitu Kanada dikenal memiliki temperatur atau iklim yang sangat ekstrem. Di musim dingin, temperaturnya bisa mencapai -40 derajat celcius dan di musim panas temperaturnya bisa mencapai 40 derajat celcius. Pada 3 Februari 1947 di sebuah desa kecil yang bernama Snag, Yukon, tercatat suhu paling rendah yaitu –63 derajat celcius. Pernah terjadi di Kanada pada 10 Januari 1962. Pergantian cuaca sangat aneh terjadi di Pincher Creek (salah satu wilayah yang paling berangin di Kanada). Loncatan suhu sangat drastis dari -19 derajat celcius menjadi 22 derajat celcius hanya dalam jarak beberapa jam saja. Di Kanada, musim dingin mulai bulan Desember sampai Februari. Durasi dan suhu dingin di Kanada berbeda-beda tergantung dimana wilayahnya. Biasanya Kanada menjadi sangat dingin pada musim ini, kecuali di pantai British Columbia yang hanya terdapat sedikit salju.

Musim semi di Kanada diawali dengan tanda-tanda kedatangan tulip dan suhu rata-rata tinggal di atas O° C. Musim panas di Kanada biasanya mulai bulan Juni sampai Agustus. Cuaca panas sering tinggal lebih lama di kota-kota di Kanada tengah seperti Toronto dan Montreal. Beberapa daerah utara biasanya memiliki siang hari antara 17 sampai 20 jam. Meski begitu, sahabat Meddy tetap disarankan untuk membawa jaket tipis dan jas hujan. Musim gugur menjadi saat yang tepat untuk berwisata, udara panas sudah mereda dan banyak orang bisa melakukan kegiatan seperti camping, hiking, maupun menonton ikan paus.

Baca juga: Jadi Pertimbangan! Melihat Kelebihan Sistem Pendidikan Di Amerika

4. Platform Pendaratan UFO

Sahabat Meddy pasti akan terheran-heran mendengar fakta unik Kanada yang satu ini. Keberadaan UFO sampai saat ini masih menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pro dan kontra merupakan hal yang akan kita dengar ketika membahas ada atau tidak suatu kehidupan diluar bumi. Meskipun masih menjadi perdebatan, namun Kanada telah memiliki lokasi pendaratan UFO di St. Paul, Alberta. Berat platform ini mencapai lebih dari 130 ton dan mengandung kapsul waktu yang akan terbuka pada tahun 2067. Landasan ini dibangun pada tahun 1967 dan menjadi bagian dari selebrasi 100 tahun Kanada. Tahun 1990-an, walikota Paul Langevin membuka tempat ini secara resmi bagi para wisatawan. Setelah melihat landasan, para traveler dapat mampir ke gedung pusat informasi turis. Di gedung ini, para wisatawan akan diperlihatkan berbagai foto yang diduga sebagai UFO, crop circle, serta mutilasi ternak yang misterius.

5. Penggunaan Air di Kanada

Fakta unik terakhir mengenai Kanada yaitu terkenal sebagai negara terbersih di dunia. Kualitas air di Kanada sudah tidak perlu diragukan lagi. Pemerintah Kanada terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan air bagi masyarakatnya. Kanada juga memberikan pedoman yang ketat dalam mendirikan produsen air minum. Namun kebanyakan masyarakat Kanada percaya bahwa rasa air keran jauh lebih baik daripada air minum botol. 

Baca juga: Motivasi! Mengenal “Sosok” Berikut Sebagai Alumni Bergengsi Di Australia

6. Walau Memiliki Iklim Ekstrem, Kanada Merupakan Tempat Tinggal Para Ular Berbisa!

Apakah sahabat Meddy suka dengan ular? Jika iya, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Narcisse Snake Dens di Manitoba, Kanada. Di tempat ini sahabat Meddy dapat  menemukan konsentrasi terbesar ular garter yang tidak berbahaya di dunia. Terletak di Narcisse, di padang rumput wilayah interlake Manitoba sekitar 75 menit berkendara ke utara Winnipeg, tempat ini menawarkan kesempatan untuk melihat lebih banyak ular di satu tempat daripada di tempat lain di dunia. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Narcisse Snake Dens yaitu saat musim semi dan musim gugur. Ternyata, walau miliki iklim yang drastis, Kanada miliki konsentrasi ular, hati-hati ya Sobat!

7. Rumah untuk Danau

Fakta menarik yang terakhir mengenai Kanada yaitu negara yang satu ini memiliki lebih dari 3 juta danau. Di antaranya 31,700 danau raksasa yang menempati area sekitar 300 hektar. Kanada juga merupakan rumah bagi sejumlah besar danau, terutama lima danau besar di Amerika Utara yaitu Danau Superior, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Ontario, dan Danau Erie. Jika sahabat Meddy berada di Kanada, pastikan untuk berkunjung ke dua danau terbesar yaitu Danau Beruang Besar serta Danau Budak Besar karena memiliki pemandangan alam yang menarik. Karena iklim Kanada yang selalu dingin, maka sahabat Meddy disarankan untuk memakai pakaian hangat saat berkunjung. 

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai fakta unik kehidupan di Kanada mulai dari iklim hingga danau. Kira-kira sahabat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Kanada? Dengan banyaknya fakta unik mengenai negara Kanada serta gabungan dari perkotaan dan pemandangan alam yang bisa dilihat setiap hari, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top