Mentorship di Studentnesia

7 Layanan Studentnesia Ini Siap Bantu Pelajar Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Belajar di luar negeri sampai tingkat perguruan tinggi menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi para pelajar. Banyaknya keuntungan yang didapat membuat kuliah di luar negeri menjadi salah satu impian banyak orang. Meski begitu, kuliah di luar negeri tidak semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan banyak persiapan mulai dari pemilihan jurusan dan kampus, mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, menerjemahkan dokumen, dan sebagainya. Salah satu cara untuk menjawab permasalahan tersebut yaitu memilih platform mentorship kuliah ke luar negeri.

Kuliah di Luar Negeri vs Dalam Negeri

Terdapat beberapa perbedaan kuliah di dalam negeri dan kuliah di luar negeri. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

  1. Beberapa kampus di luar negeri tidak menggunakan sistem absensi, sementara kampus di Indonesia masih menggunakan sistem absensi.
  2. Karena universitas di luar negeri memiliki fasilitas yang lengkap maka banyak mahasiswa yang masih datang ke kampus meskipun tidak ada dosen. Di Indonesia, beberapa kampus masih memiliki fasilitas yang kurang lengkap sehingga para mahasiswa akan memilih belajar di luar saat tidak ada dosen.
  3. Terdapat beberapa jurusan yang tidak ada di Indonesia, seperti jurusan Baking Science and Technology di London South Bank University, Pembuatan dan Destilasi Bir di University of Edinburgh, Horologi di University of Birmingham, serta Psikologi Kuda dan Ilmu Pengetahuan Olahraga di Nottingham Trent University. Kalau kamu tertarik dengan jurusan tersebut, maka kamu harus ke luar negeri untuk belajar hal tersebut.
  4. Di Indonesia terdapat berbagai tes jalur masuk universitas seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Mandiri PTN (Perguruan Tinggi Negeri), dan Seleksi Masuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Sementara di luar negeri, terdapat tiga tahapan tes yang dijadikan syarat. Tes pertama yaitu tes bahasa Inggris, tes kedua yaitu tes kemampuan dan kelayakan, tes ketiga yaitu SAT (Scholastic Aptitude Test) yang diaplikasikan pada sebagian besar universitas di Amerika Serikat dan di berbagai negara lain.

Kuliah di luar negeri membutuhkan banyak persiapan. Mulai dari mencari jurusan dan kampus yang tepat, mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, sampai menerjemahkan dokumen. Untuk mempersiapkan hal tersebut dibutuhkan waktu dan tenaga. Dengan begitu banyak persiapan, apakah kamu yakin mau berjuang sendiri? Maka dari itu, platform ini hadir untuk menemani kamu mempersiapkan segalanya dengan baik agar kamu percaya diri dengan aplikasi kamu. Platform ini dibuat dengan tujuan membantu pelajar Indonesia mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri baik melalui beasiswa maupun mandiri. 

Apa Itu Mentorship?

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah mentorship. Dalam bahasa Inggris mentorship berarti pendampingan. Menurut Oxford Dictionary, mentoring adalah sebuah praktik untuk membantu dan menasehati orang yang kurang berpengalaman selama periode waktu tertentu, terutama sebagai bagian dari program resmi di suatu perusahaan, universitas, dan lain-lain.

Sebagai platform yang concern pada pendidikan di Indonesia, mentorship menjadi salah satu program unggulan di platform ini. Secara singkat, Mentorship dalam platform ini adalah sebuah program mentoring persiapan keluar negeri. Dengan tutor yang sudah berpengalaman di bidangnya, para siswa akan dibimbing untuk meraih impiannya yaitu kuliah di luar negeri yang dimulai dari mencari jurusan serta kampus yang tepat, mempersiapkan esai, motivation letter, CV, serta simulasi wawancara. 

Selain Mentorship, Ini Layanan Lainnya

Platform ini memiliki visi untuk membantu para pelajar Indonesia mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri. Selain mentorship, platform ini juga menyediakan berbagai layanan terbaik yang akan membantu kamu untuk kuliah di luar negeri.

Berbagai layanan tersebut yaitu:

  1. Tersedia informasi untuk magang, kerja, pertukaran pelajar, maupun travelling ke luar negeri.
  2. Tersedia informasi mengenai beasiswa.
  3. Layanan untuk mereview esai dan CV.
  4. Adanya layanan untuk translate dokumen.
  5. Layanan persiapan tes IELTS, TOEFL, GMAT, GRE, dan TOPIK.
  6. Tersedia layanan kursus private mengenai mentorship beasiswa dan LoA.
  7. Kamu juga bisa berlatih untuk interview secara privat.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Amerika serikat ada kabar baik nih. Platform ini sudah berkolaborasi dengan Kantor Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta untuk berbagai kegiatan. Salah satunya yaitu kolaborasi dalam penyebarluasan informasi belajar ke Amerika  Serikat dan program-program dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Mentorship Program Siap Bantu Kamu Wujudkan Mimpi

Sebagai platform yang berfokus pada bidang pendidikan, tentu saja tersedia banyak manfaat. Berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan jika memilih platform ini antara lain:

  1. Mendapatkan informasi mengenai beasiswa dan universitas.
  2. Mendapatkan bantuan untuk mereview esai dan CV.
  3. Ada layanan translate dokumen yang memudahkan pengurusan dokumen untuk kuliah di luar negeri.
  4. Menjadi lebih percaya diri karena tersedia latihan interview secara private.
  5. Lebih mudah dalam mendaftar beasiswa karena tersedia mentoring untuk pendaftaran beasiswa dan LoA.

Baca juga: Catat! Berikut 7 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Pengalaman Kerja

Sangat banyak orang yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Namun, kesempatan kuliah di luar negeri tidak dimiliki oleh semua orang. Banyaknya persiapan yang dibutuhkan membuat banyak pelajar gagal dan menyerah. Dengan adanya program mentorship diharapkan akan memberi bantuan bagi pelajar yang tertarik kuliah ke luar negeri baik dengan beasiswa maupun non beasiswa. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top