Wisata-di-Kairo

8 Wisata di Kairo, Rekomendasi untuk Kamu Nih!

Mesir termasuk satu di antara negara di Afrika, yang memiliki sejarah peradaban sangat panjang. Banyak peristiwa bersejarah terjadi di negeri para Firaun ini, bahkan karena sangat berpengaruhnya Mesir dalam sejarah dan memiliki peran penting dalam tatanan dunia terutama wilayah Timur Tengah, Mesir dijuluki sebagai Ibu Dunia. Bagi Sobat Meddy yang sangat menyukai wisata sejarah di Kairo (Mesir), Mesir menjadi negara yang tidak boleh dilewati. Mulai dari peninggalan bangsa Mesir Kuno hingga Romawi Kuno terdapat di negara ini. Beberapa contoh peninggalan peradaban kuno yang ada di Mesir adalah Piramida Giza dan Sphinx, yang telah ada semenjak ratusan tahun sebelum masehi. Tidak hanya wisata sejarah, Mesir memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Yuk simak artikel ini, untuk mengetahui tujuan wisata apa saja di Ibu Kota Mesir.

Rekomendasi Tempat Tujuan Wisata di Kairo

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat tujuan wisata di Kairo yang bisa sobat Meddy kunjungi.

1. Sphinx, Tempat Tujuan Wisata Paling Terkenal di Mesir

Tempat wisata Mesir paling terkenal adalah Piramida yang ada di Giza (dekat Kairo). Selain Piramida Khufu yang sudah dibahas sebelumnya. Ada pula Piramida Khafre dan Sphinx. Piramida Khafre adalah piramida Mesir Kuno terbesar kedua di kompleks piramida Giza. Lokasi wisata Piramida ini merupakan makam firaun Khafra dari dinasti ke-4. Wisata Piramida Khafre memiliki panjang 215.5 m dan tinggi 148.5 m. Selain itu, Piramida ini terbuat dari blok-blok batu kapur.

2. Pyramid Giza

Bangunan yang terkenal dengan kemegahan dan keindahannya di dunia ini bernama Piramida Giza. Lokasinya ada di tepi barat daya Kairo. Tempat wisata yang satu ini tak pernah luput dari kunjungan wisatawan dan menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi tatkala berlibur ke Mesir. Piramida ini dibangun selama 3 generasi. Pembangunan dilakukan oleh Khufu. Piramida Khufu tingginya mencapai 139 meter atau 455 kaki. Piramida ini menjadi bangunan piramida yang terbesar di Mesir. Akan tetapi, sebagian orang beranggapan bahwa Piramida Khafre terlihat lebih besar. Hal ini disebabkan oleh letak Piramida Khafre yang ada di tempat yang lebih tinggi dibandingkan dengan Piramida Khufu.

3. Sungai Nil

Sungai Nil merupakan salah satu sungai yang terkenal di dunia, yang letaknya berada di Afrika Utara. Dengan panjangnya yang mencapai 6.695 km, Sungai Nil dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang di dunia, selisih sedikit dengan luas Sungai Amazon yang berada di posisi kedua, dengan luas mencapai 6.436 km. Sungai Nil merupakan sumber air utama bagi dua negara di Afrika, yaitu Mesir dan Sudan. Sumber terbesar Sungai Nil berasal dari Danau Victoria, yang merupakan danau yang terluas di Afrika. Sungai yang mengalir ke Laut Mediterania ini, memiliki beberapa fakta menarik loh yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Apabila Sobat Meddy menginginkan sensasi berbeda dalam melakukan petualangan menjelajah Sungai Nil, kamu juga bisa naik Kapal Felucca loh. Kapal ini adalah sejenis kapal layar yang telah dipakai sejak ribuan tahun yang lalu. Walaupun tidak senyaman melakukan perjalanan dengan kapal pesiar yang mewah, akan tetapi melakukan perjalanan dengan kapal kuno ini memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri.

4. Laut Merah

Laut Merah atau Laut Teberau adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Tempat wisata laut merah adalah salah satu wisata Mesir yang indah. Dari penjelasan ilmiahnya menyebutkan bahwa warna merah di permukaan muncul akibat Trichodesmium erythraeum yang berkembang. Ada juga yang menjelaskan bahwa namanya berasal dari gunung yang kaya mineral di sekitarnya dan berwarna merah. Di sini Sobat Meddy dapat melakukan diving maupun snorkeling. 

5. Gunung Sinai

Gunung Sinai atau yang juga dikenal dengan nama lain Jabal Musa  adalah sebuah gunung yang terletak di Semenanjung Sinai di Mesir. Tingginya 2.285 meter dan berada di barisan pegunungan di sebelah selatan semenanjung tersebut. Apabila kamu ingin mendaki puncak tertinggi Kota Saint Katherines, silahkan melakukan pendakian ke Gunung Sinai.

Di puncak gunung  Sinai ini  terdapat masjid dan gereja yang  ramai kunjungan wisatawan. Hal ini disebabkan oleh sejarah yang ada di Gunung Sinai, Dimana konon dulu gunung sinai ini adalah  tempat dimana Tuhan menampakkan diri kepada Musa dan membuat perjanjian dengan suku-suku bangsa Israel yang berkumpul di situ dan juga saat itu Musa menerima wahyu Allah yang berupa 10 perintah Allah yang diberi kepada bangsa Israel. 

6. Al Azhar Park

Menawarkan desain kontemporer yang terinspirasi oleh taman-taman Islam bersejarah, tulang punggungnya adalah sumbu formal dengan saluran air yang mengarah ke danau kecil, dengan gang-gang yang menyertainya, dan mengarah ke Benteng. Taman dan paviliun meningkatkan titik kedatangan di tepi danau. Taman Al Azhar menarik lebih dari 2 juta pengunjung setiap tahun dan menyediakan ruang hijau yang sangat dibutuhkan di salah satu kota terpadat di dunia.

Al Azhar Park adalah salah satu Tempat Wisata Di Mesir yang menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke mesir. Taman ini lokasinya di sebelah selatan Al Azhar University. Taman Al Azhar ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2005. Daya tarik dari Taman Al-Azhar adalah lokasi yang sejuk serta bentuk arsitekturnya mirip dengan taman-taman islam yang ada di abad pertengahan dan juga taman ini adalah tempat wisata yang cocok untuk para pemuda. 

7. Patung Ramses II

Salah satu tujuan wisata sejarah yang terkenal dan menyedot banyak perhatian wisatawan selanjutnya adalah Patung Ramses II. Kuil tempat Raja Ramses II dibangun pada dinasti ke-19  ditemukan di daerah Ain Shams, bagian timur Kairo, Mesir. Patung yang satu ini letaknya ada di halaman depan Kuil Abu Simbel. Patung yang usianya telah sampai ribuan tahun ini masih berdiri dengan gagahnya. Selain itu di bagian lain yaitu di kuil besar masih terdapat 4 patung duduk Firaun Ramses II, dengan tinggi masing-masing lebih dari 20 m, Sedangkan patung-patung yang lebih kecil dari Firaun Ramses II,  adalah patung Nefertari, dan anak mereka.

8. Perpustakaan Besar Alexandria, Tempat Tujuan Wisata untuk Pecinta Buku

Perpustakaan Besar Alexandria, pada kenyataannya, merupakan keajaiban dunia kuno. Diciptakan pada era Helenistik dan kosmopolitan dari Alexander Agung. Perpustakaan Alexandria dibangun oleh penerus Alexander sebagai lokasi sentral untuk mencari informasi melalui buku dan teks. Dengan tujuan ini, perpustakaan menjadi pusat pembelajaran di sekitar Mediterania, dan banyak pemikir terhebat pada masa itu yang berkumpul di sana. Jika Sobat Meddy ingin tahu segala sesuatu tentang Alexandria, kamu bisa datang ke museum ini. 

Dulunya Perpustakaan Alexandria atau yang dikenal sebagai Perpustakaan Iskandariyah pernah menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Museum yang dibangun pada awal abad ke-3 SM pada masa pemerintahan Ptolemeus II dari Mesir ini awalnya merupakan pusat ilmu pengetahuan bidang hellenistik. Namun kini, perpustakaan yang pernah dinobatkan menjadi yang paling besar di dunia ini beralih fungsi jadi tempat membaca yang nyaman dan menyimpan 400.000 sampai dengan 700.000 naskah penting dan bersejarah dalam bentuk gulungan papirus yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang hidup subur di rawa-rawa sepanjang sungai Nil. Selain itu Perpustakaan ini juga  mempunyai koleksi penting lainnya seperti manuskrip keagamaan termasuk salinan langka dari Al Qur’an.

Baca juga: Sempat Ragu, Tapi Berhasil! Ini Cerita Fikri Meraih Studi di Al Azhar Kairo, Mesir

Mediamaz Scholar

Bagaimana, Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila Sobat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top