prodi-paling-diminati

Apa Saja Jurusan Yang Paling Diminati Di Dunia? Simak Informasinya!

Halo Sobat Meddy! Setelah minggu kemarin kita membahas tentang beberapa orang alumni yang berprestasi juga lulusan kampus bergengsi dunia, rasanya belum pas kalau kita belum mengulik apa saja jurusan yang paling diminati di dunia. Artikel ini akan membantu sobat Meddy yang ingin berkuliah, tapi masih bingung prodi atau program studi apa yang akan kamu ambil dalam perkuliahanmu selanjutnya? yuk simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Makna Prodi atau Program Studi Dalam Perkuliahan

Nah, sobat Meddy bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, ada baiknya kamu mengenali hal ini, yaitu prodi atau program studi. Jurusan atau dalam bahasa akademiknya adalah program studi yang merupakan kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang mempunyai kurikulum dan metode tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, profesi atau vokasi, yang diselenggarakan oleh suatu kampus.

Sobat Meddy dalam memilih jurusan yang kamu minati, ada baiknya kamu mengenali minat dan bakat diri kamu sendiri. Jurusan yang kamu pilih dalam perkuliahan akan mempengaruhi mata kuliah lainnya yang akan kamu pelajari. Dan tahukah kamu kalau ada beberapa jurusan yang paling banyak peminatnya di dunia? biasanya jurusan tersebut juga berpeluang banyak dibutuhkan di dunia kerja loh. Apa saja Jurusan tersebut? berikut daftarnya.

1. Prodi Teknik, Ilmu Murni, dan Terapan

Sobat Meddy, ada banyak sekali program teknik di tiap universitas. Di prodi ini kamu bisa menjadi teknisi atau insinyur yang handal yang menguasai teori keilmuan dan diimbangi oleh prakteknya. Prospek lulusan inipun ga main-main loh, bisa mencakup ke banyak profesi. Sebagai contoh, kamu bisa berpeluang sebegai QC Enguneer atau Quality Controller, Engineering Manager, Project Management Analyst dan lain sebagainya yang sesuai dengan jurusan teknik yang Sobat Meddy ambil. Dan salah satu tokoh yang mengambil jurusan teknik ini adalah Ridwan Kamil dan Marina Kusumawardhani, keduanya sama-sama menjadi orang sukses dimasa kini.

Adapun 5 jurusan Teknik terbaik di dunia dan paling diminati adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Pertambangan
  2. Teknik Industri
  3. Teknik Mesin
  4. Teknik Nuklir dan Kimia
  5. Teknik Elektro
  6. Teknik Sipil dan Arsitektur

2. Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Bagi Sobat Meddy yang ingin berkecimpung dalam dunia IT dan mengembangkan bakatnya dalam era yang terdigitalisasi ini, mungkin kamu bisa mengambil program studi ini. Biasanya, jurusan yang bekaitan dengan teknologi informasi dan Ilmu Komputer diantaranya:

  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Komputer
  3. Kecerdasan Buatan
  4. Keamanan Siber
  5. Sistem Informasi

3. Prodi Manajemen dan Bisnis

Nah, kalau program yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi pembisnis atau memperdalam ilmu ekonomi yang lebih khusus lagi. Manajemen dan Bisnis merupakan bidang yang di Indonesia pun paling banyak peminatnya, begitupun dengan skala paling diminati di dunia.  Disini kamu akan belajar hal-hal yang mencakup bidang keuangan, pemasaran dan lainnnya. Dan akan membuka banyak kesempatan baik untuk kamu yang akan atau sudah mulai berbisnis sendiri ataupun berkecimpung dalam perusahaan global. Nah, kalau di bussines manajemen ini jurusan yang terafiliasi yang bisa kamu pilih seperti administrasi kantor, akuntansi, e-niaga, ilmu pengetahuan bisnis, keuangan, kewiraswastaan, manajemen umum, kualitas dan manajemen sumber daya manusia. 

4. Prodi Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora

Berbicara soal jurusan Ilmu Sosial dan Politik ini banyak sekali rumpunnya, Jurusan yang ini cocok untuk kamu yang senang mengamati keadaan yang terjadi di masyarakat. Prospek lulusan bidang keilmuan ini kamu berpluang menjadi akademisi, peneliti,  dosen atau analis politik, bahkan bisa juga jadi praktisi. Kamu bisa memilih program yang bersangkutan tentang Ilmu sosial dan politik ini adalah:

  1. Hukum
  2. Filsafat
  3. Ilmu Politik

5. Hospitality, Perhotelan, dan Pariwisata

Ini cocok banget buat kamu yang ingin kuliah sambil liburan. Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengelola hotel atau pariwisata dengan baik. Mungkin awalnya sebagian Sobat Meddy berpikiran kalau Hospitality ini berkaitan dengan rumah sakit, tapi secara umum kamu akan mempelajari tentang bagaimana Sobat Meddy mempelajari teknik-teknik memberikan layanan terbaik dalam berbagai bidang. Program ini cukup ramai diminati, sebab sebagian orang menganggap kalau mengambil jurusan ini akan terasa santai dan lebih banyak practice, tempat ke tempat.

6. Program Kesehatan

Disini adalah program yang cocok untuk kamu yang bercita-cita sebagai bagian dari Tenaga Kesahatan atau orang Medis. Misalnya kamu yang ingin menjadi Dokter, Apoteker, Ahli gizi dan sebagainya kamu bisa masuk ke program kesehatan ini.

Ada 4 jurusan yang paling diminati di prodi kesehatan ini, yaitu:

  1. Kedokteran
  2. Public Health
  3. Farmasi
  4. Fisioterapi

7. Ilmu Pengetahuan Alam

Nah, yang terakhir yang paling diminati adalah program Ilmu Pengetahuan Alam. Dimana jurusan ini biasanya dipenuhi oleh para calon scientist, yang biasanya disini kamu akan banyak mempelajari hal-hal tentang ilmu pengetahuan alam yang sifatnya murni. Seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Antropologi dan lain sebagainya.

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan tentang Jurusan atau Program studi yang paling diminati di dunia. Semoga Sobat Meddy dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ya. Untuk info lebih lanjut, sobat meddy bisa kunjungi laman resmi kampusnya ya. Semangat!

Baca juga: Seperti Astronomi, 5 Jurusan Ini Sepi Peminat Tapi Peluang Kerjanya Luas!

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang 0pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan mediamaz scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website mediamaz scholar yaa. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top