Auto Kaget, Inilah Deretan Persiapan Tes Ala Aspectama Edu!

Halo pembaca, apa kabar! Semoga kalian sehat selalu, ya! Kita pasti sudah tahu bahwa untuk menunjang akademis yang baik, tentunya kita akan mencari informasi mengenai persiapan menuju sekolah yang dituju, bukan ? Ada banyak sekali syarat-syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari dokumen, info seputar universitas hingga persiapan tes. Nah, untuk itu yuk kita cari tahu terkait sederetan persiapan kuliah luar negeri dan dalam negeri. 

Mediamaz Scholar - Persiapan Beasiswa

Sering Diabaikan, Inilah Persiapan Kuliah yang Wajib Kamu Tahu!

Persiapan Tes
Pict by Canva.com/ferenciaanna

Menuntut ilmu hingga jenjang tertinggi merupakan dambaan bagi setiap orang. Tidak sedikit orang yang menginginkan dapat berkuliah di perguruan tinggi Indonesia dan Luar Negeri. Baik yang bersifat negeri maupun swasta, sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Nah, untuk itu tentunya kamu harus tahu, nih beberapa persiapan kuliah. 

Tentukan Jurusan

Sebelum kamu memulai perkuliahan mu, kamu harus tahu jurusan yang akan kamu ambil. Kamu bisa crosscheck mata pelajaran yang kamu sukai selama berada di sekolah menengah atas. Baik pada rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial atau Ilmu Pengetahuan Alam.

Nah, selanjutnya apabila kamu merasa kesulitan kamu bisa melakukan serangkaian tes minat bakat. Setelah kamu tentukan jurusanmu, kamu juga harus mempelajari informasi seputar jurusan dan fakultas yang kamu ambil.

Menurut data dari Integrity Development Flexible mengatakan bahwa sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia mengalami salah jurusan. Kamu jangan sampai seperti itu ya!

Baca Juga : Apa Saja Jurusan Yang Paling Diminati Di Dunia? Simak Informasinya!

Tes Seleksi Masuk Kuliah di Indonesia

Setiap perguruan tinggi memiliki tes seleksi masuk masing-masing. Mungkin di Indonesia,  salah satu tes seleksi masuk ke perguruan tinggi yang biasanya kamu dengar adalah SNMPTN dan SBMPTN. Apa sih itu?

1. SNMPTN

Nah, untuk kamu yang sudah duduk di bangku SMA pastinya sudah tahu apa itu SNMPTN. Jadi, SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Merupakan satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Persiapan yang harus kamu lakukan tentunya adalah nilai rapormu selama semester 1 hingga semester  5. 

2. SBMPTN

Berbeda dengan SNMPTN, jalur SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Merupakan seleksi bersama untuk penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara serentak.

Persiapan mu untuk melakukan tes ini pastinya adalah pemahaman mu untuk menguasai mata pelajaran yang akan diuji.

Persiapan untuk Masuk Kuliah di Luar Negeri

Berbeda pastinya persiapan menuju seleksi masuk kuliah di luar negeri dengan di indonesia. Tergantung negara yang dituju, seleksi masuk kuliah nya pun juga bermacam-macam. Namun, untuk perguruan tinggi pada negara berbahasa inggris ada beberapa persiapan yang harus kamu tahu

1. Dokumen

Melampirkan dokumen merupakan hal yang lumrah diminta oleh instansi pendidikan. Dengan adanya dokumen kamu bisa menghindari kendala yang tidak perlu dan juga menghemat waktu.

Semua universitas memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa kuliah di tempat tujuan. Dokumen yang tidak lengkap atau salah diterjemahkan bisa berakibat fatal. Apakah kamu sudah mempersiapkannya? Apa saja dokumen tersebut?

  • Ijazah dan Transkrip nilai
  • Essay atau Motivation Letter
  • Paspor
  • Surat Rekomendasi dari Dosen

Sudah pasti dokumen-dokumen ini harus diterjemahkan kedalam bahasa resmi negara yang kamu tuju ya.

2. Sertifikat Bahasa

Sebelum kamu memutuskan untuk terbang ke negara orang untuk melakukan studi di sana, tentu kamu harus memiliki sertifikat bahasa. Jika kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri baik dengan menggunakan beasiswa maupun tidak, kamu harus melampirkan sertifikat bahasa Inggrismu saat mendaftar ke program beasiswa atau universitas masing-masing.

Tes prediction atau preparation biasanya dilakukan sebelum tes yang sebenarnya. Tujuannya adalah untuk membantu kamu menilai dan meningkatkan keterampilan dan kemungkinan skor mu sebelum mengikuti tes yang sebenarnya.

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris merupakan bahasa yang  dipelajari oleh semua negara, sehingga dapat menjadi bahasa yang dapat dipahami secara merata ketika bertemu dengan orang asing. Kamu bisa mencoba beberapa Prediction/Preparation atau tes bahasa inggris seperti TOEFL dan IELTS Preparation dengan ahlinya

Baca Juga: Intip Keseruan Perjalanan Mandiri Anne Berkuliah Di Universitas Leiden

3. Siapkan juga Mental mu

Sekolah di luar negeri sudah pasti berbeda saat di Indonesia. Karena tidak ada seorang pun di sana, jadi tidak ada salahnya untuk belajar hidup mandiri agar tidak menderita di negara lain.

Belajarlah untuk menjaga diri sendiri, mulai dari  mengatur waktu, memasak, dan membersihkan rumah. Mental yang kuat membuat perjalanan selama studi di luar negeri menjadi lebih mudah. Apalagi sikap mu yang berbeda dari teman-teman di sana.

Ubahlah mental mu sekuat mungkin, sehingga masalah apapun yang akan terjadi selama kuliah bisa dihadapi dengan senang hati tanpa adanya rasa terbebani. Karena kehidupan orang asing sebagian besar individualistis, sangat sulit untuk menemukan teman yang berpikiran sama.

Tapi setidaknya kamu punya satu atau dua orang teman untuk ngobrol atau bertukar pikiran sebelum kuliah dimulai.

Kamu yakin melakukan persiapan kuliah tanpa bimbingan ahlinya?

Mempersiapkan seluruh syarat-syarat kuliah di luar negeri pasti menguras tenaga dan pikiran. Tapi, Platform ini dapat  membantu kamu untuk mempersiapkan kebutuhan Study Abroad mu, lho!

Nikmati keunggulan dan manfaat yang bisa kamu dapati, yaitu:

  • Konsultasi dan konseling Gratis dalam memilih bidang studi dan universitas yang sesuai
  • Penterjemahan dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Membantu dalam persiapan pengurusan Visa Pelajar ke Negara tujuan
  • Kursus bahasa inggris
  • IELTS Simulation test
  • IELTS Schedule
  • Event Registration

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kita mesti melakukan sejumlah strategi agar dapat berkuliah di luar negeri. Cara-cara tersebut diantaranya adalah dengan mempelajari semua jurusan yang ada secara mendalam, lalu pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang dipunyai. Dengan melakukan cara-cara tersebut, niscaya kita bisa berkuliah sesuai dengan jurusan yang tepat. Maksimalkan persiapan mu menggunakan jasa yang terpercaya, ya!

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Aspectama Education di bawah ini:

Telp :

0856 1729 118
(021) 2555 8791 (Office hours)

Baca juga: Sedang Tren “TOEFL Test From Anywhere”, Kamu Tertarik untuk Join?

Mediamaz Scholar - TOEFL

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Buat sobat Meddy yang mau lanjut kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa, lebih baik persiapkan dari sekarang. Supaya persiapan kamu semakin mantap, sobat Meddy bisa banget daftar program kelas persiapan luar negeri, kelas TOEFL, IELTS, dan TOEIC di Mediamaz Scholar. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftar sekarang juga! Info lengkapnya bisa sobat Meddy lihat di Instagram @Mediamaz Scholar. Jangan lupa kunjungi website resmi beasiswa ya. Kamu juga bisa menghubungi Meddy lewat Whatsapp. Good luck!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top