Belajar komunikasi verbal Bahasa Asing

Bahasa Asing yang Mudah Dipelajari Selain Bahasa Inggris

Ada salah satu pepatah mengatakan bahwa dengan menguasai berbagai bahasa asing, maka dunia berada di genggamanmu. Memang benar, di era globalisasi modern saat ini, dunia global menjadikan bahasa asing merupakan salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Ditambah lagi, persaingan di bursa tenaga kerja yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan sangat berpengaruh di tingkat kebutuhan dunia industri dan dunia usaha. Hal ini lah yang menjadi alasan kamu untuk belajar bahasa asing dan mengasah keterampilan mu dalam komunikasi verbal.

Komunikasi Verbal dalam Bahasa Asing

Seperti yang diketahui, setengah dari populasi dunia adalah dwibahasa, namun hanya sekitar 25% orang Amerika yang dapat berbicara bahasa lain. Sebuah perubahan merupakan salah satu tujuan upaya advokasi bahasa, seperti kampanye “Lead with Languages”. Sebagai penulis buku, Kathleen Stein-Smith, menyebutnya sebagai defisit bahasa Amerika.

Dengan kamu belajar atau menguasai keterampilan dalam melakukan komunikasi verbal menggunakan bahasa asing, dapat meningkatkan perkembangan intelektual dan membuat diri menjadi lebih pintar dalam hal menjalin hubungan, mencari relasi dan menambah wawasan serta pengalaman dengan orang lain. Kemudian, memudahkan kamu dalam hal memajukan karir. Ketika kamu memutuskan untuk memiliki pengetahuan bahasa asing merupakan aset besar di dunia profesional untuk meningkatkan karir kamu loh.

Kemudian, untuk meningkatkan pemahaman global. Ketidakpekaan budaya dan cenderung merasa lebih nyaman dengan bahasa ibu mereka, dapat memiliki pengaruh besar pada ketidakmampuan suatu negara untuk bekerja sama, bernegosiasi, dan berkompromi dengan negara lain di era modern seperti ini. Dan yang terakhir, untuk meningkatkan wisata atau mempermudah perjalanan. Karena ketika kita dapat menguasai banyak bahasa asing, kita tidak perlu takut atau khawatir lagi pada saat berpergian keluar negeri. Karena secara otomatis kamu sudah mengerti kebudayaan yang mereka miliki.

Baca Juga : 3 Bahasa Asing yang Menjadi Bahasa Internasional selain Bahasa Inggris

Belajar Berkomunikasi secara Verbal

Berikut daftar bahasa asing yang dapat kamu pelajari dengan mudah:

1. Bahasa Prancis

Ketika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, kamu mungkin tidak akan terlalu merasa asing ketika belajar bahasa Prancis. Karena, selama masa perang dulu, dua negara ini mengalami banyak pertukaran kata. Ada kata-kata dalam bahasa Prancis yang ditambahkan dalam bahasa Inggris, begitupun sebaliknya.

2. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol dipengaruhi oleh bahasa Latin dan bahasa Arab. Dibandingkan dengan bahasa dari negara Eropa lainnya, bahasa Spanyol sangat lugas karena apa yang ditulis sesuai dengan ucapannya sehingga kamu nggak kesulitan saat mempelajarinya. Komunikasi verbalnya pun sangat enak didengar, saat kamu bisa berbicara layaknya seorang native speaker, kamu akan dianggap keren.

3. Bahasa Belanda

Jika kalian tahu, bahwa bahasa Belanda bukanlah bahasa yang cukup asing di Indonesia. Mengingat Negera Kincir Angin ini pernah menjajah kita dalam waktu lama. Saking lamanya, ada beberapa kosakata Belanda yang diserap ke dalam bahasa Indonesia.

4. Bahasa Italia

Digunakan di negara Italia, Swiss, Malta, Argentina, dan lebih dari 25 negara lainnya, sekitar 125 juta orang berbahasa Italia. Bahasa Italia dekat juga dengan bahasa Prancis dan Spanyol, tetapi dengan bentuk kata kerja yang lebih sederhana. Dan sebenarnya kamu sudah menguasai beberapa kosakata Italia loh, seperti spaghetti, pizza, dan ferrari.

5. Bahasa Portugis

Bahasa Portugis merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia kerja internasional. Ini tidak heran, karena ekonominya adalah yang ke-6 terkuat di dunia. Salah satu yang mudah dari bahasa Portugis adalah kalimat interogatifnya sangat mudah. 

6. Bahasa Afrika

Seperti bahasa Inggris, bahasa Afrika atau Afrikaans termasuk rumpun bahasa West Germanic. Namun, strukturnya tidak akan membuat kepala kamu pusing. Keunikan dari bahasa Afrika, terutama bagi kamu yang fobia pada tata bahasa, adalah strukturnya yang logis dan tidak berubah-ubah.

7. Bahasa Korea

Bagi kamu yang menyukai K-Pop atau K-Drama pastinya sudah tidak asing dengan bahasa korea. Bahasa korea ini dianggap salah satu bahasa yang mudah kamu pelajari, karena dalam bahasa Korea, kalimat percakapannya tidak memiliki aturan khusus di kondisi tertentu. Kalimat-kalimat bahasa Korea juga dengan mudah kalian pelajari melalui musik, film Korea dan masih banyak cara alternatif lainnya. Huruf korea (Hangeul) juga mudah untuk dihafal lho! Tak heran jika para fans boyband Korea dengan mudah belajar kosakata Korea beserta hangeul idol atau namanya sendiri.

8. Bahasa Jepang

Buat kamu yang suka nonton anime Jepang, tentu sudah tidak asing lagi dengan kotakata bahasa Jepang. Bahasa negeri Sakura ini dianggap mudah dipahami, karena percakapan sehari-hari dan kosakata Jepang bisa dipelajari di anime-anime. tapi perlu kamu ketahui bahwa beberapa aspek bahasa jepang membutuhkan aturan khusus dan dipakai sesuai kondisi tertentu.

Baca Juga: 14 Bahasa Ini Digunakan Sebagai Bahasa Internasional, Ada Bahasa Indonesia Juga?

Manfaat Komunikasi Verbal untuk Masa Depan

  1. Meningkatkan Pengetahuan akan Ruang Lingkup Global
  2. Memperdalam Pemahaman dan Pengertian akan dunia luar
  3. Membantu dalam meningkatkan kapasitas diri
  4. Membantu kamu dalam memahami budaya lain

Tips Belajar Bahasa Asing

  1. Pelajari kosakata yang tepat dengan cara yang benar
  2. Komitmen dan Konsisten
  3. Buat catatan untuk kosakata
  4. Tonton, Dengar dan Pelajari
  5. Aktif dalam menggunakan bahasa tersebut

Baca Juga :Belajar Bahasa Inggris Semakin Seru dengan 5 Serial Netflix Ini

Mempelajari bahasa asing mungkin terdengar sulit, karena berjuta kosakata yang dimiliki setiap bahasanya. Namun, jika kamu berkomitmen dan serius dalam mempelajari bahasa asing tersebut, kamu akan bisa kok!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi mengenai bahasa yang dapat kamu pelajari selain bahasa Inggris. Bagi kamu yang ingin mendaftar atau melanjutkan studi ke luar negeri tapi bingung dengan persyaratan dokumen sehingga butuh penyedia jasa penerjemah tersumpah dan legalisasi, jangan khawatir. Mediamaz Scholar siap bantu kamu melengkapi kebutuhan dokumen hingga konsultasi atau tutor bahasa asing. Informasi lebih lanjut, kunjungi dan hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top