Beasiswa Exchange Jepang dan Amerika Serikat Telah Dibuka!

Catat! Telah Dibuka, Beasiswa SMA dan SMK ke Luar Negeri.

Bagi kamu para pelajar SMA yang sedang mencari program pertukaran pelajar ke luar negeri, mungkin ini saatnya kamu untuk ikut berpartisipasi. Kini telah dibuka program beasiswa SMA ke Jepang dan Amerika Serikat. Program kali ini dibuka oleh Asia Kakehashi Project (Jepang) dan Kennedy Lugar out Exchange and Study atau KL-YES (Amerika Serikat). Sebagai catatan, program pertukaran pelajar yang ditawarkan ini hanya diperuntukan pada siswa SMA kelas 1 dan 2. Penasaran kan, simak artikel mengenai beasiswa Student Exchange ini sampai habis ya sobat!

Apa itu Beasiswa SMA: Student Exchange Program?

Bagi kalian yang belum pernah dengar istilah Study exchange, Meddy akan kasih tau nih infonya! Jadi, Student Exchange adalah program pertukaran pelajar yang bisa sobat Meddy ikuti. Program ini dibentuk bertujuan untuk membetikan kamu kesempatan untuk belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Pastinya, dengan kamu mengikuti program Study Exchange, kamu akan berkenalan dengan orang-orang asing.

Kamu juga akan berkenalan dengan sistem belajar yang berlaku di suatu negara. Pengalaman yang akan kamu dapat tidak hanya dibagian akademik saja, melainkan pada aspek sosial, lingkungan, gaya hidup, dan masih banyak lagi lho! Jadi, setelah kamu mengetahui informasi singkat mengenai student exchange ini apakah kamu penasaran, apa saja keuntungan dari program pertukaran pelajar ini? Maka dari itu, Yuk, simak sampe akhir agar kamu tidak ketinggalan setiap informasinya!

Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar

Kalau kamu berminat belajar di luar negeri, program pertukaran pelajar atau student exchange bisa jadi program yang patut kamu ikuti. Lewat program tersebut, kamu akan mempelajari sejumlah hal, mulai dari pengetahuan akademik, hingga pengetahuan non-akademik. Faktanya, di Indonesia sendiri program satu ini sudah banyak disediakan sejumlah instansi. Salah satunya yakni program beasiswa untuk SMA yang satu ini. Sebelum membahas mengenai program beasiswa SMA luar negeri 2022 yang tersedia. Sebelumnya, kami akan memberi tahu selain dapat membuat pengetahuanmu bertambah, program pertukaran pelajar juga punya sejumlah manfaat, di antaranya:

  1. Belajar budaya lain
  2. Kemampuan bahasa asing
  3. Memperluas relasi
  4. Pengalaman dan keahlian
  5. Percaya diri tinggi

Beasiswa SMA di Jepang dan Amerika

Siapa sih, diantara kamu yang tidak mau merasakan pengalaman berkesan di negara Sakura dan Paman Sam ini? Dua negara ini merupakan negara yang menjadi opsi destinasi tertinggi lho! Indah nya kota jepang dan aneka festival serta kebudayaannya yang unik, menjadi alasan kenapa negara ini menjadi pilihan destinasi terbaik. Jepang juga memiliki sistem pendidikan terbaik, sehingga tak heran jika banyak calon mahasiswa yang menginginkan untuk bisa berkuliah di Jepang.

Apalagi, jurusan jepang bisa dibilang unik-unik, contohnya seperti jurusan robotika. Dengan fasilitas universitas Jepang yang mendukung, kamu jadi jauh lebih happy dan enjoy untuk mengikuti sesi belajar di sana!

Nah, Amerika juga tidak mau kalah. Sebagai negara poros dunia, tentu banyak sekali aspek-aspek profesi yang mendukung kemajuan negara Paman Sam itu. Semakin banyak profesi unik yang berkembang, maka semakin banyak pula jurusan-jurusan unik yang bisa kamu temui di sana. Kamu akan terkejut karena ternyata jurusan tersebut ada di dunia ini. Selain itu juga Amerika memiliki destinasi yang menarik turis untuk berlama-lama mencuci mata mereka.

Di sana kamu juga bisa merasakan event-event yang jarang sekali kamu temui misalnya Halloween, Summer festival, Winter season, dan Christmast vibes. Berikut informasi universitas luar negeri mana yang sedang mengadakan program student exchange.

Baca juga : Daftar 10 Mata Kuliah Teraneh di Dunia, Ada kanibalisme Juga?

Beasiswa SMA di Amerika: KL-YES (Kennedy Lugar Youth Exchange)

Program beasiswa SMA pertama, beasiswa KL-YES merupakan salah satu beasiswa Student Exchange Program 2022 yang disediakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk para pelajar dari berbagai negara. Selanjutnya, beasiswa KL YES Program yang berjenis beasiswa full ini, akan berlangsung pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang. Adapun waktu pendaftaran pada program student exchange ini telah dibuka semenjak 20 Agustus hingga 11 September mendatang. Berikut persyaratan dan keuntungan dari Kennedy Lugar:

Persyaratan Umum:

  1. Pelajar kelas 10 atau 11 SMA/SMK/MA. 
  2. Untuk program tahun 2022-2023, pendaftar harus lahir antara 1 Januari 2005 hingga 1 Agustus 2006.
  3. Memiliki rata-rata nilai rapor minimal 80 untuk semua mata pelajaran. 
  4. Aktif dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, yang meliputi: Pencapaian atau prestasi di bidang akademik dan non-akademik minimal tingkat kota.
  5. Aktif sebagai pengurus inti OSIS (ketua, wakil ketua, sekretaris, maupun bendahara). 
  6. Memiliki izin dari orang tua. 
  7. Memiliki izin dari sekolah. 
  8. Merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan akta kelahiran. 
  9. Bertempat tinggal dan sedang menempuh pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia pada saat pendaftaran, dan akan tetap melanjutkan pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia setelah program berakhir. 
  10. Tidak memiliki paspor Amerika, lahir di Amerika, atau salah satu dari orang tuanya merupakan warga negara Amerika. 
  11. Sehat secara mental dan fisik (pendaftar yang memiliki disabilitas tetap diperkenankan mendaftar). 
  12. Mengikuti proses seleksi oleh Bina Antarbudaya. Hanya kandidat terpilih yang akan mendapatkan undangan untuk mengikuti National Selection Camp Jakarta. 
  13. Tidak memiliki keluarga yang bekerja di kedutaan Amerika ataupun di Yayasan Bina Antarbudaya. 
  14. Tidak memiliki keluarga yang pernah mengikuti program pertukaran pelajar YES ini (baik orang tua maupun saudara).

Cakupan Beasiswa

Kemudian, berikut cakupan beasiswa yang akan di dapat:

  • Visa Amerika. 
  • Biaya penerbangan internasional dari negara asal ke Amerika, termasuk biaya bagasi (untuk satu kali). 
  • Biaya perjalanan domestik. 
  • Orientasi (baik di negara asal maupun di Amerika). 
  • Program pengembangan diri. 
  • Asuransi kesehatan, kecuali untuk penyakit yang memang diderita pendaftar, gangguan mata, ataupun perawatan gigi. 
  • Tunjangan bulanan.

Uniknya dari program ini adalah peserta terpilih nantinya akan tinggal langsung bersama keluarga di sana yang mana sudah menjalin kerja sama dengan pihak penyelenggara. Wah pasti seru banget! Informasi lebih lanjut, kunjungi di sini

Beasiswa SMA di Jepang: Asia Kakehashi Project

Beasiswa untuk SMA selanjutnya, tidak jauh berbeda dengan KL-YES, Asia Kakehashi Project juga merupakan salah satu beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang untuk para pelajar dari berbagai negara. Program beasiswa penuh ini akan berlangsung pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang. Adapun waktu pendaftaran telah dibuka semenjak 20 Agustus hingga 11 September mendatang. Berikut persyaratan dan keuntungannya. 

Persyaratan Umum

  1. Siswa kelas/tingkat 1 dan 2 SMA/SMK/MA
  2. Lahir diantara tanggal 1 April 2005 – 1 Agustus 2006
  3. Hasil dari, nilai rata-rata 8 pada semua mata pelajaran
  4. Mahir atau sedang mempelajari bahasa Jepang dengan dibuktikan melalui nilai rapor, sertifikat, atau dokumen hasil tes kompetensi lainnya.
  5. Aktif dan berprestasi pada kegiatan akademik dan non-akademik
  6. Mendapat izin dari orang tua dan sekolah
  7. WNI (Akta)
  8. Tinggal dan bersekolah di Indonesia dan bersedia kembali ke negara asal setelah program selesai
  9. Sehat fisik dan mental

Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi di sini 

Baca juga : Kalau Kamu Ingin Tinggal di Jepang, Siapin 4 Hal Ini!

Cakupan Beasiswa

Kemudian, berikut cakupan beasiswa yang ditawarkan:

1. Visa Jepang

2. Perjalanan internasional antara negara asal dan Jepang termasuk bagasi

3. Perjalanan domestik

4. Penempatan di keluarga angkat, SMA, atau asrama

5. Orientasi di negara asal dan di Jepang (Pre-Departure Orientation, Arrival, Mid-

6. Tahun, Akhir Menginap, dan Reorientasi)

7. Kegiatan pengayaan program

8. Asuransi kesehatan, kecuali penyakit yang sudah diderita sebelumnya, mata dan perawatan gigi

9. Tunjangan bulanan

Sama dengan sebelumnya, peserta terpilih nantinya juga akan tinggal langsung bersama keluarga disana yang mana sudah menjalin kerja sama dengan pihak penyelenggara. Informasi pendaftaran kunjungi di sini.

Mediamaz Scholar

Demikian, informasi tentang program beasiswa SMA luar negeri ke Amerika Serikat dan Jepang untuk mahasiswa internasional. Tenang, beasiswa 2022 ini juga bisa diikuti oleh pelajar SMK, lho! Siapa nih yang berminat untuk bergabung dengan program pertukaran pelajar ini.

Perlu diingat bahwa terdapat beberapa persyaratan seperti persyaratan dokumen yang harus diterjemahkan menggunakan bahasa negara tujuan. Akan tetapi jangan khawatir, karena kami Mediamaz Scholar siap membantu kamu dengan tutor bahasa, konsultasi, maupun penerjemahan dan legalisasi pada dokumen. Informasi lebih lanjut kunjungi di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top