Beasiswa Global UK - Rhodes 2021/2022 Oxford University

Beasiswa Global UK-Rhodes 2021/2022 Oxford University, Tunjangannya Beneran Menggiurkan!

Beasiswa Inggris untuk Indonesia banyak ditawarkan oleh berbagai sumber dana beasiswa dari berbagai pihak. Beasiswa Inggris dapat diperoleh baik langsung dari institusi pendidikan di Inggris ataupun lembaga Foundation International. Nah, kali ini Meddy ingin memberikan informasi mengenai salah satu beasiswa global dari universitas Oxford, yaitu Rhodes Scholarship. Pasti diantara kalian banyak banget nih yang ingin kuliah di Inggris kan? Yuk, bareng Meddy kita bahas bagaimana sebenarnya Beasiswa Global-Rhodes Scholarship. 

Mengenal Negara Inggris Sampai Menelisik Ke Beasiswa Global

Sobat Meddy, Inggris merupakan negara yang bahasanya menjadi pusat bahasa Internasional. Berdasarkan sejarah, memang Inggris berhasil menginvasi dunia, sehingga tidak heran kalau Inggris meninggalkan jejak yang beragam di dunia. Mulai dari Bahasa, Kebudayan sampai ke Pendidikan.

Sehubungan dengan itu, Inggris (Raya) atau yang dikenal sebagai United Kingdom juga telah diakui secara mendunia akibat karena unggul dalam pendidikannya. UK juga masuk dalam peringkat universitas dunia dan sudah terbukti. Berdasarkan informasi yang ada (Times Higher Education Tahun 2017-2018) Universitas Oxford dan Universitas Cambridge menempati peringkat pertama dan kedua. Disambung dengan Imperial College London di peringkat delapan ini mencerminkan kalau pendidikan di UK diakui secara peringkat Global.  

beasiswa-global
By Pixabay

Faktanya, banyak orang pergi ke sana selain untuk memilih sistem pendidikan yang terbaik di Inggris, mereka juga ingin menyempurnakan bahasa Inggris mereka dan meningkataka skill kerja mereka dalam menghadapi tantangan global. Tentu mereka juga ingi menyelami pengalaman penelitian kelas dunia dan merasakan beragam fasilitas paling kontemporer dalam pusaran tradisi akademis yang bernilai sejarah.

Baca Juga: 14 Bahasa Ini Digunakan Sebagai Bahasa Internasional, Ada Bahasa Indonesia Juga?

Tentang Beasiswa Global – Rhodes Scholarship

Beasiswa ini diberikan setiap tahun dan berlangsung selama 2 tahun. Lembaga tuan rumah adalah Universitas Oxford yang bergengsi di Inggris. Untuk memenangkan Beasiswa Rhodes 2021, kamu harus menjadi siswa yang berprestasi dulu nih sahabat Meddy. Para petinggi di sana juga mengharapkan tingkat kepemimpinan yang ditujukan dan keterampilan pengabdian masyarakat. Itulah mengapa tingkat penerimaan beasiswa Rhodes relatif rendah dibandingkan dengan beasiswa lain untuk siswa internasional di Inggris.

Nah, siapakah sebenarnya sosok dibalik Rhodes Scholarship? Faktanya, ada nama seseorang yang dibeasiswa ini yaitu Cecil Rhodes seorang pendiri program beasiswa ini menghendaki agar beasiswa didirikan untuk menghormati dalam melayani siswa berprestasi yang ingin belajar di Oxford. Rhodes juga memiliki pemikiran yang luar biasa karena dapat membangun jaringan untuk terhubung dengan orang yang berpikiran sama dan dapat berbagi ide bersama. Slot untuk beasiswa ini pun memungkinkan berjumlah 95 beasiswa setiap tahun kecuali ada ketentuan khusus yang dibuat.

3 Cakupan Beasiswa Luar Negeri, Rhodes Scholarship

Beasiswa satu ini dapat dikatakan sebagai beasiswa kuliah luar negeri paling bergengsi dan tertua di dunia. Siapapun yang mendapat Beasiswa Rhodes ini pasti akan merasa sangat bersemangat menempuh pendidikan disana. Adapun cakupan beasiswa yang akan didapat:

1. Tunjangan tahunan hingga £ 15,900

kalau dihitung-hitung atau dikonversikan dalam mata uang rupiah ini berkisar 243 juta-an. Nominal sebanyak ini dalam setahun harusnya sudah bisa memenuhi kebutuhan kamu hidup disana dan digunakan untuk kuliah kamu sebaik-baiknya.

2. Biaya Kesehatan Internasional (IHS)

Nah, kalau IHS ini juga nominalnya cukup relatif ya sesuai dengan kebijakan penyelenggara. Besarnya dan alokasi pendanaan untuk kesahatan ini harus disediakan untuk dimanfaatkan dalam upaya kesehatan sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Biaya kuliah

Wah kalau biaya kuliah seperti ini adalah biaya yang utama pastinya. Tentu saja tidak murah untuk bisa berkuliah luar negeri. Maka dari itu, beasiswa luar negeri biasanya bersifat fully funded atau sebagian saja, tapi ini pasti sangat membantu kamu kuliah di luar negeri.

Persyaratan Beasiswa Luar Negeri – Rhodes Scholarship

Beasiswa Rhodes terbuka untuk siswa internasional dari negara-negara Australia, Kanada, Cina, Jerman, Hong Kong, India, Israel, Jamaika, Karibia, Kenya, Malaysia, Indonesia, Selandia Baru, Pakistan, Afrika Selatan. Untuk negara bagian Afrika termasuk dengan Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Malawi, Namibia, dan Swaziland. Selain itu dari negara Suriah, Yordania, Lebanon dan Palestina (SJLP), Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Afrika Barat, Zambia, dan Zimbabwe.

Ada beberapa kategori Global untuk Negara lain yang tidak disebutkan di atas, maka kamu yang memenuhi syarat untuk Beasiswa Rhodes selama kamu seorang siswa internasional. Sejalan dengan itu, Beasiswa Rhodes adalah program beasiswa internasional tertua (pertama kali diberikan pada tahun 1902), yang memungkinkan anak-anak muda berprestasi dari seluruh dunia untuk belajar di Universitas Oxford. Mungkin ini juga yang mendasari kalau tidak ada yang namanya ‘tipe’ ketika mempertimbangkan siapa yang dipilih untuk Beasiswa, sebenarnya kekuatan Beasiswa berasal dari keragamannya. Cari info lebih lengkapnya di Aplikasi Beasiswa Resminya di sini

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Gimana nih teman-teman mau kan kuliah di Universitas Oxford dengan beasiswa Rhodes ini? Kalau masih bingung dengan persiapan dokumen atau perihal lainnya mengenai pendaftarannya, kamu bisa konsultasikan dengan kami loh. Kami juga menyediakan informasi seputar beasiswa lainnya yang sedang dibuka, yuk langsung kunjungi laman resmi kami di sini atau follow akun instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top