jurusan-sepi-peminat

Beasiswa Jardine, Kuliah S1 Gratis di Oxford atau Cambridge

Siapa yang punya impian buat kuliah di luar negeri? Mimin punya referensinya nih. Kali ini telah dibuka pendaftaran untuk beasiswa S1 Jardine yang didanai oleh Jardine Foundation. Program ini ditujukan untuk mahasiswa internasional termasuk Indonesia dengan keuntungan fully funded atau biaya tunjangan penuh. Adapun perguruan tinggi yang ditawarkan yakni tepatnya di Universitas Oxford atau Universitas Cambridge, Inggris.

Mengapa Memilih Beasiswa S1 di Inggris?

Inggris dan universitas-universitasnya memiliki reputasi yang tak terbantahkan dalam hal keunggulan dan kualitas akademik. Dengan ribuan program studi yang tersedia untuk siswa, Inggris menjadi tujuan ideal selama beberapa dekade bagi lebih dari satu juta siswa internasional dari seluruh dunia. Selain memiliki reputasi akademik yang bagus, biaya tinggal di sana juga masih cukup terjangkau.

Dengan kamu berkuliah di Inggris seperti Universitas Oxford atau Universitas Cambridge maka kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman, referensi, serta peluang kerja yang tidak terbatas.

Sekilas Tentang Beasiswa S1 Jardine Scholarship

Dalam program beasiswa S1 Jardine ini, yang menjadi mitra adalah Universitas Oxford dan Universitas Cambridge. Kedua kampus tersebut digadang-gadang merupakan kampus dengan kualitas pendidikan kelas dunia yang telah banyak meluluskan berbagai tokoh penting dan berpengaruh bagi dunia. Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar, perhatikan poin utama yang menjadi kriteria penilaian. Diantaranya yaitu harus memiliki karakteristik kepemimpinan, memiliki prestasi nonakademik, dan aktif serta berkomitmen dalam kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat.

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan ternama di dunia. Kampus yang bergengsi ini memiliki persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya. Cambridge terkenal sudah mencetak 89 peraih nobel dari berbagai disiplin ilmu. Universitas ini meraih penghargaan lebih banyak daripada universitas-universitas ternama di Inggris. Cambridge memiliki 31 colleges dan 150 departments, fakultas, sekolah dan institusi lainnya dengan lebih dari 18.000 mahasiswa. Dalam Beasiswa Jardine, college yang lebih diutamakan untuk dipilih adalah Downing College, Magdalene College, Peterhouse, dan Trinity College. 

University of Oxford

Universitas Oxford juga merupakan salah satu universitas ternama di dunia. Kampus ini memiliki 38 colleges konstituen dan berbagai macam departemen akademik yang dibagi menjadi empat divisi. Oxford juga menerima penghargaan nobel sebanyak 58. Universitas ini selalu bersaing dengan Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Inggris.

Bagian dari Universitas Oxford

Kolese yang lebih diutamakan untuk dipilih sebagai kandidat dalam Beasiswa S1 Jardine adalah Exeter College, Oriel College, The Queen’s College, Trinity College. Perguruan tinggi tersebut adalah universitas yang sudah berdiri sejak abad ke-19 yang berlokasikan di Devon, Oriel Square, Newyork, dan Trinity Street, Inggris. Universitas ini menawarkan jurusan di bidang Akuntansi dan Keuangan, Arkeologi, Biosains, Manajemen Bisnis, Ilmu Komputer, Ekonomi, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah, Hukum, Matematika, Bahasa Modern, dan masih banyak lagi.

Cakupan Beasiswa

Kemudian, berikut cakupan beasiswa yang akan didapat jika memperoleh beasiswa Jardine:

  1. Biaya penuh perkuliahan (university tuition fees dan college fees).
  2. Biaya buku-buku dan perlengkapan.
  3. Tunjangan tahunan, sudah mencakup biaya tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya.
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge (dibutuhkan saat pengajuan visa).
  5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia-UK pada awal dan akhir masa beasiswa (reimbursed)
  6. Regular Gatherings dan Summer Internships.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Beasiswa S1

Dan yang terakhir adalah dokumen yang dibutuhkan, berikut list dokumen yang harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa yayasan Jardine 2021:

  • 1 (Satu) pernyataan pribadi (personal statement) yang menjelaskan tujuan, aspirasi, dan rencana peserta setelah lulus kuliah dan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti (termasuk olahraga serta keterlibatan dalam masyarakat)
  • 1 (Satu) foto ukuran paspor terbaru (ukuran 4×6, latar belakang putih)
  •  Salinan formulir pendaftaran UCAS yang telah dilengkapi
  • Khusus untuk mendaftar kuliah S1 di Inggris peserta harus mendaftarkan diri melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Services), kalau di Indonesia semacam SNMPTN
  • Salinan Ijazah yang setara dengan SMA di UK, yaitu A-level atau International Baccalaureate (IB)
  • Surat referensi yang ditandatangani oleh kepala sekolah berisi:
    Hasil akademis yang telah atau akan dicapai (nilai rapor)
    Keterangan/pernyataan yang akan membantu panitia beasiswa dalam proses penilaian
  • Informasi relevan lainnya untuk mendukung pendaftaran peserta
  • Apabila surat referensi diajukan langsung dari pihak sekolah, email akan dikirimkan ke pihak sekolah dan meminta beliau untuk menulis surat referensi. Selain itu, apabila peserta belum lulus, pihak sekolah juga dapat menyertakan prediksi nilai. Peserta diharuskan mengisi nama dan rincian kontak kepala sekolah pada formulir online yang tersedia.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa dibuka sekitar bulan Oktober 2021. Kemudian apabila dinyatakan lolos, pada bulan November akan dilakukan wawancara secara online. Pengumuman hasil seleksi wawancara diumumkan pada bulan Januari. Dilanjuti dengan seleksi secara langsung yang diadakan di Hongkong, China dengan biaya perjalanan ditanggung oleh panitia atau pihak penyelenggara. 

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi mengenai Beasiswa Jardine 2021-2022 untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Oxford atau Universitas Cambridge. Masih bingung, dengan persiapan dokumen seperti CV Beasiswa, Motivation Letter, dan lain sebagainya? Kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar lho! Informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top