Beasiswa Jepang S1 dan S2 untuk Pelajar Indonesia - Mediamaz Scholar

Beasiswa Jepang S1 dan S2 untuk Pelajar Indonesia – Mediamaz Scholar

Sebagai salah satu negara maju, Jepang memang dikenal memiliki sistem pendidikan tinggi yang sangat baik. Tidak heran jika calon mahasiswa dari seluruh dunia ingin kuliah di Sakura. Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang banyak dipilih siswa dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Dengan banyaknya universitas terkemuka di negara tersebut, sehingga untuk kualitas pendidikannya pun tidak perlu diragukan lagi. Meddy punya informasi mengenai 3 beasiswa Jepang untuk kamu yang memiliki rencana melanjutkan studi ke Jepang!

Syarat Kuliah di Jepang

Sebelum langsung membahas tentang beasiswa ke Jepang, ada baiknya sobat Meddy mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin kuliah di Jepang. Syarat kuliah di Jepang tidaklah sulit apalagi jika memilih jalur mandiri bukan beasiswa. Walaupun kuliah dengan biaya sendiri, syarat kuliah di Jepang ini harus tetap dimiliki. Simak penjelasan singkat berikut ini:

  1. Mampu berbahasa Jepang. Mayoritas perkuliahan di Jepang menggunakan bahasa Jepang, jika kamu sudah paham bahasa Jepang tentu saja hal ini akan lebih memudahkan.
  2. Sudah memiliki sertifikat berbahasa. Bagi para mahasiswa yang akan mengambil kelas internasional di mana pengantarnya adalah Bahasa Inggris, maka wajib memiliki sertifikat Bahasa Inggris seperti TOEFL-iBT, TOEIC, maupun IELTS.
  3. Pastikan untuk mengikuti jadwal dan aturan saat pendaftaran universitas. Setiap kampus bisa berbeda-beda dokumen yang diminta. Umumnya akan diminta sertifikat bahasa, surat rekomendasi resmi dari fakultas, fotokopi ijazah dan mengisi beberapa formulir. Lihat dengan teliti deadline pendaftaran dan pengiriman berkas melalui website kampus.
  4. Jangan lupa siapkan CV dan ijazah. Ijazah kelulusan harus dilegalisir. Hal ini merupakan salah satu syarat kuliah di Jepang. Mayoritas kampus di Jepang mensyaratkan fotokopi ijazah yang dilegalisir ini sebagai dokumen pendaftaran. Jangan sampai ijazah tidak rusak, basah, tercoret-coret ataupun sobek.

Rekomendasi 3 Beasiswa Jepang

Berikut ini merupakan rekomendasi 3 beasiswa ke Jepang yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy.

1. Japan Foundation for UNU Scholarship for Developing Countries

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengejar gelar Master of Science in Sustainability di United Nations University – Institut Studi Lanjutan dalam bidang Keberlanjutan (Sustainability). Japan Foundation for UNU akan memberikan potongan biaya kuliah penuh dan biaya bulanan senilai ¥150,000 untuk 24 bulan. Mahasiswa yang dapat mendaftar harus berasal dari negara yang masuk dalam daftar OECD DAC, dan program master yang diambil haruslah merupakan program master pertama yang diambil. Tidak perlu menyertakan pendaftaran terpisah untuk beasiswa. Mahasiswa yang memenuhi syarat akan dipertimbangkan secara langsung sewaktu mereka mendaftar ke universitas. Untuk informasi selengkapnya: https://ias.unu.edu/ 

2. Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship Jepang

Nagoya University adalah salah satu universitas unggulan di Jepang (terbaik ke-4 di Jepang berdasarkan ARWU) dengan 6 peraih Nobel. Universitas ini juga merupakan anggota 7 Imperial Universities di Jepang. Universitas Nagoya juga bekerja sama dengan berbagai pihak pemberi beasiswa, seperti salah satunya program Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang memenuhi persyaratan masuk ke Nagoya University. Mereka akan menilai prestasi akademik, kegiatan kurikuler, dan kemampuan finansial. 

Beasiswa ini akan memberikan pendanaan penuh 4 tahun di universitas dan biaya hidup tahunan senilai ¥500,000. Biasanya pendaftaran beasiswa diumumkan di musim gugur. Untuk informasi selengkapnya: https://admissions.g30.nagoya-u.ac.jp/ 

3. Monbukagakusho (MEXT Scholarship)

Program Beasiswa S1 (Gakubu) diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT) untuk SMA/SMK/MA/Sederajat dengan beasiswa penuh. Perlu diketahui, sebelum masa perkuliahan di universitas, penerima beasiswa MEXT terlebih dahulu mengikuti Sekolah Persiapan selama 1 tahun di Jepang. Guna untuk belajar Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Sosial (untuk yang memilih bidang studi IPS) atau Fisika, Kimia, Biologi (untuk yang memilih bidang studi IPA).

Total masa studi yang akan ditempuh yaitu 5 tahun (1 tahun Sekolah Persiapan + 4 tahun masa kuliah S1). Namun, bagi yang memilih bidang studi Kedokteran, total masa studi yaitu 7 tahun. Mereka menawarkan bantuan senilai ¥117,000 hingga ¥148,000 per bulan. Setiap jenis beasiswa memberlakukan kuota penerima, mulai dari 86 hingga 4,042 orang. Juga terdapat persyaratan dan kemampuan berbahasa yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar. 

Layanan Mediamaz Scholar

Selain 3 beasiswa Jepang di atas, masih ada banyak kesempatan pendanaan bagi mahasiswa internasional. Disarankan untuk menanyakan kepada universitas apakah ada beasiswa atau bantuan pendanaan lain yang tersedia bagi mahasiswa internasional. Masih bingung mengenai persiapan apa saja untuk studi ke luar negeri? Yuk, konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan terjemahan untuk dokumen – dokumen kamu loh.Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi sobat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top