Beasiswa Kuliah Jerman 2021 (Friedrich-Ebert-Stiftung) Jenjang S2 & S3

Fakta Menarik Beasiswa Friedrich-Ebert-Stiftung, Ada Tunjangan Keluarga?

Apakah sobat Meddy memiliki rencana untuk kuliah di luar negeri terutama di benua Eropa? Meddy punya informasi lengkap nih tentang beasiswa untuk kuliah ke luar negeri yakni Jerman. Jerman merupakan salah satu negara yang paling banyak diminati oleh pelajar internasional terutama Indonesia. Beasiswa kuliah ini berasal dari Friedrich Ebert Stiftung (FES) untuk jenjang S2 dan S3. Yuk, cek informasi lengkap untuk mendaftar beasiswa Jerman 2021 di artikel ini!

Tentang Beasiswa Kuliah di Jerman – Friedrich Ebert Stiftung 

Friedrich Ebert Stiftung (FES) merupakan yayasan politik tertua di Jerman dengan semangat demokrasi. Yayasan satu ini hadir untuk meneruskan warisan politik atas nama Friedrich Ebert, presiden Jerman pertama yang dipilih secara demokratis. Program beasiswa FES hadir untuk mendukung dan memperkuat demokrasi sosial melalui kerja sama internasional, pelatihan pendidikan politik, serta mendukung para pemuda berbakat melalui program beasiswa. Kali ini, kami akan membahas Friedrich Ebert Stiftung Scholarships, salah satu program beasiswa yang disediakan oleh FES.

Salah satu program dari FES adalah untuk memberikan dukungan bagi para pemuda berbakat melalui program beasiswa. Dalam beasiswa ini, para pendaftar akan dipilih berdasarkan pencapaian akademis serta keterlibatan mereka pada bidang sosial dan politik. Program beasiswa ini pada dasarnya terbuka bagi pelajar internasional dari Afrika, Asia, Amerika Latin, dan juga Eropa Timur. Kemudian, beasiswa ini juga terbuka untuk program apa sajaSetiap tahunnya, terdapat 40 pelajar yang mendapatkan beasiswa dari FES ini. Setiap bulan, para penerima beasiswa bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar EUR 750-850. Kemudian, sebagai tambahan, sobat Meddy juga akan mendapat tunjangan untuk asuransi kesehatan sebesar EUR 276.

A. Cakupan Beasiswa Kuliah di Jerman

Bagi kamu yang akan mendaftar beasiswa ini, berikut cakupan beasiswa yang akan kamu dapatkan:

  1. 650 € per bulan (program beasiswa dasar) / 1000 € per bulan (program beasiswa sarjana)
  2. 276 € tunjangan keluarga, jika berlaku
  3. pengembalian biaya perawatan kesehatan
  4. penghasilan melebihi 400 € per bulan akan dikreditkan dengan beasiswa

B. Persyaratan Bagi Pelamar Beasiswa Kuliah di Jerman

Sebelum mendaftar, sobat Meddy harus perhatikan dulu ya persyaratan untuk pelamar internasional. Berikut deretan persyaratannya:

  1. Mahasiswa berbakat dari Afrika, Asia, Amerika Latin dan Eropa Timur.  Bakat dan kepribadian pendaftar menunjukkan janji yang sangat baik untuk karier akademik atau profesional.
  2. Pendaftar diharapkan untuk menunjukkan komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi sosial.
  3. Masuk untuk belajar atau mendaftar di lembaga pendidikan tinggi negara atau diakui negara di Jerman
  4. Keterlibatan sosial dan politik dan komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi sosial
  5. Individu yang bertanggung jawab, termotivasi, dapat diandalkan bersedia untuk terlibat dengan jaringan Yayasan
  6. Pengetahuan yang cukup  dari Jerman, meskipun kursus diadakan dalam bahasa Inggris.  Ini berarti ‘Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang’ minimal DSH level 2, ‘Test Deutsch als Fremdsprache’ minimal level 4 atau ‘Zertifikat C 1’ oleh Goethe Institute

C. Dokumen yang Dibutuhkan

Prosedur selanjutnya adalah persiapan dokumen yang diperlukan, kemudian baru mengikuti cara mendaftarnya. Berikut adalah dokumen yang dibutuhkan:

  1. Bukti perintah yang memadai dari bahasa Jerman dengan mengirimkan sertifikat kemahiran bahasa
  2. Hasil prestasi / nilai akademik awal, kecuali yang terdaftar di Magister atau program pascasarjana lainnya

D. Cara Mendaftar

Nah, untuk cara mendaftarnya sobat Meddy bisa mengikuti tahapan berikut ini:

  • Pertama, kamu haruslah mengisi formulir daring yang telah tersedia. Dalam formulir tersebut, kamu diharapkan memberikan informasi mengenai latar belakang profesional dan keluarga. Dalam tahapan ini, tidak ada dokumen yang perlu kamu lampirkan.
  • Kedua, apabila kamu lolos ke tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengirimkan dokumen melalui surel. Beberapa di antaranya adalah dua surat referensi serta informasi mengenai pelatihan yang pernah kamu ikuti beserta dengan pemaparan mengenai komitmenmu terhadap bidang sosio-politik.
  • Ketiga, persiapkan diri untuk melakukan wawancara apabila kau dinyatakan lolos kembali, Kawan Rantau. Kamu akan menjalani dua tahapan wawancara, yakni dengan profesor dari departemen yang kamu tuju dan panitia seleksi dari FEST.
  • Keempat, pihak panitia akan memutuskan hasil akhir dari seluruh seleksi beasiswa. Tenggat waktu pendaftaran hingga 31 Oktober 2021. Informasi lebih lengkap cek di laman resmi.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai beasiswa kuliah di Jerman 2021 Friedrich Ebert Stiftung (FES) Scholarship 2021. Apakah sobat Meddy masih bingung, bagaimana cara menulis CV beasiswa, motivation letter dan dokumen lainnya? sobat Meddy bisa konsultasikan hal tersebut dengan tim expert dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan kelas bahasa, TOEFL/IELTS Prediction Test  untuk membantu persiapan kamu juga! Lebih lanjut, sobat Meddy bisa langsung hubungi kami di sini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top