beasiswa jerman 2022

Beasiswa Jerman S2 dan S3 Tahun 2022, Heinrich Böll Foundation

Jerman sampai saat ini masih menjadi tempat prioritas untuk melanjutkan studi pendidikan oleh kalangan pelajar internasional. Baik yang berada dalam region negara-negara Eropa itu sendiri, region negara-negara Afrika dan region negara-negara Asia. Termasuk salah satunya adalah negara Indonesia. Alasan negara Jerman masih menjadi tujuan utama studi pendidikan bukan hanya dilihat dari kualitas sistem pembelajarannya semata. Melainkan, alasan lain yang membuat banyak para pelajar merasa betah untuk melakukan penelitian disana. Yakni, beasiswa jerman yang masih banyak dibuka untuk tahun 2022 ini. Banyaknya beasiswa yang ada di negara Jerman hampir-hampir menghapus keraguan tentang pembiayaan hidup, biaya transportasi, biaya mobilitas dan biaya-biaya lainnya yang berkaitan dengan penelitian atau studi pendidikan.

Negara Jerman memang tidak habis-habisnya memberikan kontribusi kepada dunia global. Terkhususnya bidang pendidikan. Jerman yang sampai saat ini masih menempati posisi dengan sistem pembelajaran terbaik di Dunia menurut berbagai sumber ranking juga masih berkomitmen untuk tetap konsisten membuka banyaknya peluang-peluang penelitian dan studi di negaranya. Negara Jerman juga dikenal dengan banyaknya para pemikir-pemikir ulung. Masih ingat dengan Karl Marx? Salah satu tokoh besar yang berasal dari benua Eropa ini berasal dari negara Jerman loh. Masih banyak tokoh-tokoh besar lainnya yang merupakan asal  kelahiran dari negara Jerman. Sepatutnya memang bukan hal yang mencengangkan jika negara Jerman masih menjadi negara dengan penghasil tokoh-tokoh, karena hal itu sudah tertanam sejak lama. Sehingga, negara Jerman sampai saat ini masih terus membuat kreasi-kreasi baru di dalam bidang pendidikan.

Tentunya, sobat Meddy juga ikut termotivasi bukan dengan banyaknya para tokoh besar yang dulunya berkuliah di Jerman? Disini, Meddy akan membantu kalian semua menemukan apa yang sobat Meddy cari kok. Beasiswa s2 dan s3 ke jerman bukan? Pada artikel ini, Meddy akan membagikan informasi seputar beasiswa yang masih buka di tahun 2022 untuk kampus yang ada di Jerman. Dari mulai beasiswa apa saja yang masih buka untuk ke jerman di tahun ini, sampai lengkap dengan informasi tata cara pendaftarannya kok sobat Meddy. Jadi, terus pantengin ya artikel ini !

Heinrich Böll Foundation 2022

Heinrich Böll Foundation adalah salah satu yayasan yang ada di Jerman dan mempunyai tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap demokrasi, penegakkan untuk hak asasi manusia, mengambil kebijakan untuk mencegah perusakan ekosistem global atau dengan kata lain fokus terhadap lingkungan, fokus pada kesetaraan gender antara hak-hak perempuan dan hak-hak laki-laki, mengamankan perdamaian melalui pencegahan konflik di zona krisis, dan membela kebebasan individu dari kekuatan negara dan ekonomi yang berlebihan.

Heinrich Böll Foundation juga bekerja secara independen dan memiliki basis fundamental intelektual dari para anggotanya. Saat ini, yayasan tersebut ada di setidaknya 30 kantor dari seluruh dunia. Salah satu gagasan utama penciptaan dari yayasan ini juga tidak terlepas dari upaya untuk mendukung para pelajar sarjana dan pascasarjana yang memiliki talenta untuk berpolitik dan bersosial baik yang disediakan bagi pelajar lokal maupun pelajar internasional.

Saat ini, Heinrich Böll Foundation membuka beasiswa. Beasiswa Jerman untuk tahun 2022 ini disediakan mulai dari jenjang S1 (Sarjana), S2 dan S3 (Pascasarjana). Namun, untuk jenjang S1 (Sarjana), beasiswa hanya diperuntukkan bagi mereka para pelajar lokal yang ada di negara Jerman. Untuk kuota pelajar internasional, disediakan untuk pelajar yang akan melamar beasiswa pascasarjana (Magister dan Doktor). Lalu, bagaimana cara apply beasiswa Heinrich Böll Foundation ya dan informasi seputar beasiswa ini ? yuk disimak lebih lengkapnya !

Prodi dan Studi 

Adapun beberapa studi-studi ataupun fokus kajian yang bisa melamar di beasiswa Heinrich Böll Foundation ini. Untuk sobat Meddy yang merasa jurusan atau fakultasnya berada di ruang lingkup beasiswa Heinrich Böll Foundation, yuk segera mendaftar !

  • Fakultas Studi Lingkungan
  • Fakultas Studi Sosial
  • Fakultas Studi Politik
  • Fakultas Studi Sains
  • Fakultas Studi Teknik

Note : untuk melihat jurusan yang ditawarkan beasiswa kalian bisa cek selengkapnya disini ya sobat Meddy (jurusan dan prodi yang ditawarkan beasiswa

Cakupan Beasiswa 

Beasiswa yang diberikan oleh Heinrich Böll Foundation ini adalah berupa biaya tunjangan hidup dan tunjangan penelitian, belum termasuk ke dalam beasiswa pendidikan ya sobat Meddy. Untuk beasiswa lainnya, kalian perlu mencari pendanaan yang akan meliputi beasiswa dari pendidikan mu sobat Meddy. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan, dari bekerja dan mencari beasiswa tambahan. Adapun cakupan dari beasiswa ini adalah sebagai berikut :

  • Studi Magister (S2) :

€ 752 per bulan plus berbagai tunjangan individu; dalam beberapa kasus mungkin ada biaya kuliah di Jerman. Tambahan lainnya yakni € 350 untuk biaya-biaya lainnya. Jika dirupiahkan totalnya sekitar 14 juta rupiah lebih selama satu bulan.

  • Studi Doktoral (S3) :

Untuk studi doktoral,  kamu akan mendapatkan biaya sebesar €1350,- per bulan (dasar beasiswa) ditambah €100 per biaya riset bulantunjangan. Jika dirupiahkan hampir sekitar 17 juta rupiah ya sobat Meddy.

Baca Juga : Beasiswa Fully Funded Jerman (DAAD Program)

Persyaratan Beasiswa 

Adapun beberapa persyaratan beasiswa yang ditawarkan oleh  Heinrich Böll Foundation tahun 2022 ini sebagai berikut:

  • Program Magister (S2) :

-Pelamar telah menyelesaikan gelar sarjana yang dibuktikan dengan ijazah atau keterangan surat kelulusan

-Memiliki pemahaman bahasa Jerman (TestDaf level B2 atau Level DSH 2 dari lembaga terpercaya).

  • Program Doktoral (S3):

-Sebelum mendaftar beasiswa, pelamar harus sudah mendaftar sebagai mahasiswa dan diterima pada institusi perguruan tinggi Jerman yang diakui.

-Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang memiliki proyek disertasi terkait dengan bidang kegiatan yang dilaksanakan oleh Heinrich Böll Foundation

-Memiliki pemahaman bahasa Jerman yang baik (TestDaf level B2 atau Level DSH 2 dari lembaga terpercaya).

Kelengkapan Dokumen Beasiswa 

  • Mengisi formulir pendaftaran (formulir pendaftaran S2) (formulir pendaftaran S3)
  • Ijazah resmi S1 (untuk program magister), ijazah resmi S2 (untuk program doktoral)
  • Transkrip nilai resmi dari penilaian studi dan penjelasan terkait sistem penilaian
  • Bukti penerimaan di universitas (LoA) (khusus pelamar Program S2, dapat diserahkan menyusul paling lambat sebelum keputusan pendanaan disetujui) .
  • Sertifikasi untuk kemampuan berbahasa Jerman dengan ketentuan: Level DSH 2 / TestDaf level B2 dari institusi terpercaya
  • Surat Referensi dari perwakilan institusi/organisasi mengenai komitmen sosial pelamar (panjang 1-2 halaman). 
  • Bagi pelamar yang mengambil program magister untuk jurusan multimedia dapat menyertakan contoh hasil karya (portofolio) (sebagai contoh: bukti karya tulis di majalah sekolah, bukti publikasi/penyiaran di radio, dll).
  • Surat rekomendasi dari dosen / universitas (program S2) dan surat rekomendasi dari profesor (program S3) 

Timeline Pendaftaran Beasiswa Heinrich Böll Foundation 2022

Timeline untuk beasiswa ini berada di pertengahan tahun. Sebagai berikut :

  • Deadline pendaftaran pertama (awal 1 Maret) buka kembali pendaftaran kedua (1 September)
  • Wawancara (1 Mei) jika sobat Meddy mendaftar beasiswa di 1 Maret dan (1 November) jika sobat Meddy mendaftar beasiswa di 1 September
  • Proses seleksi pendaftaran pertama (1 July) dan proses seleksi pendaftaran kedua (Desember/Januari/Februari)
  • Pengumuman pendaftaran pertama (1 Oktober) dan pengumuman pendaftaran kedua (1 April)

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa 

  1. Mendaftar atau registrasi di website resminya ya sobat Meddy (klik disini : pendaftaran di laman)
  2. Isikan apa yang diminta oleh laman website tersebut
  3. Sertakan semua dokumen dan kelengkapan berkas
  4. Pilih universitas dan jurusan yang sobat Meddy ingin lamar
  5. Submit pendaftaran

Note: untuk lebih lengkapnya sobat meddy bisa mampir ke laman websitenya ya (laman beasiswa Heinrich Böll Foundation 2022)

layanan konsultasi beasiswa

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Sobat?

Apabila sobat Meddy membutuhkan layanan seperti konsultasi beasiswa, membantu mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk kegiatan beasiswa di luar negeri. Mediamaz Scholar adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat semuanya.

Mediamaz Scholar hadir dan senang untuk membantu sobat Meddy dalam mengikuti proses persiapan menuju masa depan yang cerah dan menambah pengalaman baru. Dengan hadirnya penerjemah tersumpah yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, sobat Meddy tak perlu pusing mempersiapkan kelengkapan dokumen. Cek layanan kami disini (konsultasi beasiswa, layanan kelas bahasa, persiapan tes beasiswa, visa pelajar, penerjemah tersumpah)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top