Beasiswa Kampus Top Asia untuk Pelajar Indonesia | Mediamaz Scholar

17 Beasiswa Ini Bisa Ke Universitas Terbaik Di Asia, Cek Infonya!

Sebagian dari pelajar Indonesia tentu memiliki keinginan untuk studi ke luar negeri, terlebih banyak sekali beasiswa yang di tawarkan. Namun, jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang nggak ingin jauh-jauh dari Indonesia, kamu bisa mendaftar deretan beasiswa Universitas Terbaik di negara – negara Asia nih. Yuk, kita bahas lebih lengkap beasiswa kampus top Asia untuk pelajar Indonesia di artikel berikut.

Mengulik Negara yang Menyediakan Beasiswa di Universitas Terbaik Asia

Sobat Meddy, Asia merupakan benua yang mempunyai luas sekitar 45 Juta KM. Di benua ini terdapat negara maju dan berkembang yang sistem pendidikannya juga mumpuni, diantaranya adalah negara yang disebutkan dalam artikel ini. Bagi Kamu yang ingin mendapat beasiswa luar negeri yang bisa berkuliah di universitas terbaik di Asia harus menyimak artikel ini. Berikut 4 Negara di Asia yang menyediakan beasiswa luar negeri.

universitas-terbaik
By Pixabay

1. JEPANG

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki kurikulum pendidikan berkualitas, sehingga membuat negara yang dijuluki negeri sakura ini terkenal dengan sumber daya manusia yang baik, sopan dan rajin. Indikator keberhasilan dalam pendidikan dapat kita ketahui berdasarkan bagaimana sistem pembelajaran yang diterapkan tidak hanya mengutamakan pengetahuan umum, namun juga mengutamakan perkembangan pada pendidikan norma, karakter dan etos kerja yang baik.

Unggul dan uniknya sistem pendidikan di Jepang membuat negara ini dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Maka tidak heran apabila banyak pelajar atau mahasiswa yang berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan pendidikannya di sana. Di negara ini juga ada Universitas Terbaik di Asia yang didukung dengan program lainnya. 

Melihat tingginya intensitas dan antusiasme tersebut, pihak pemerintah dan perguruan tinggi di Jepang bekerja sama dalam membuka dan menawarkan beasiswa pendidikan, adapun beasiswa yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

1. Monbukagakusho/MEXT (S1/S2/S3)

2. ADB-JSP (S2)

3. Inpex Scholarship (S2)

4. Ajinomoto Scholarship (S2)

5. Mitsui Bussan Scholarship (S1)

6. HU President’s Fellowships (S2/S3)

 Baca Juga: Ternyata Disini Pusat Pendidikan Terbesar di Asia!

2. KOREA

Negara yang dijuluki dengan sebutan negeri ginseng ini kerap disebut sebagai negara yang memiliki kualitas dan kuantitas tinggi terhadap perkembangan individu masyarakatnya. Selain memiliki keunggulan dalam hal seni, budaya dan ekonomi, Korea Selatan juga merupakan negara yang menuntut tinggi para pelajar untuk menekuni sebuah pendidikan baik akademik maupun non-akademik. Mereka memegang teguh prinsip yang berbunyi “manusia akan mati, apabila tidak memiliki pendidikan yang baik”.

Faktor motivasi yang tinggi diketahui mendorong para pelajar atau mahasiswa untuk dapat menjadi individu yang mampu bersaing dan permasalahan ekonomi. Serta sumber daya manusia atas adanya tekanan geopolitik yang tinggi dengan negara-negara lainnya seperti Tiongkok, Rusia, Korea Utara dan Jepang. 

Demi mewujudkan impian itu kalian tidak perlu khawatir, karena pemerintah Korea Selatan juga ikut mendorong perkembangan pendidikan dengan upaya menawarkan beasiswa bagi siapapun yang berminat untuk bergabung dan berprestasi. Beasiswa yang ditawarkan yaitu sebagai berikut:

  • Global Korea Scholarship (S1/S2/S3)

  • POSCO Asia Fellowship Scholarship (S2/S3)

  • Korean International Cooperation Agency (S2)

  • Yonsei Global Leader Fellowship (S2/S3)

  • Hyundai-Chung Mong-Koo Global Scholarship (S2/S3)

  • Ewha International Student Scholarship (S1/S2/S3)

Universitas-Terbaik

3. SINGAPURA

Siapa yang tidak tahu negara satu ini, Singapura merupakan salah satu negara tersukses di Asia yang dikenal sebagai negara yang berhasil mengubah ketertinggalan. Kini, Singapura telah menjadi negara maju baik dari sektor ekonomi industri modern hingga sektor pendidikan. Pemerintah berperan penting dalam keberhasilan tersebut dengan memprioritaskan pendidikan dengan tujuan dapat membangun dan meningkatkan ekonomi negara yang lebih maju.

 Para pelajar atau mahasiswa di sana didukung oleh sistem pengajar yang baik dan memiliki pengalaman bersertifikat profesional. Di antara kelebihan yang dimiliki, sistem pendidikan di sana dirancang untuk memberikan perspektif/pandangan dan preferensi belajar yang bervariasi. Sehingga para peserta didik dapat menemukan dan mempertahankan keunggulan sesuai dengan minat mereka, yang tentu saja juga tidak lepas dari budaya yang kondusif dan mendukung.

Kini, banyak pelajar atau mahasiswa yang berkeinginan tinggi untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Singapura dikarenakan banyak sekolah hingga perguruan tinggi di sana dengan peringkat atas bahkan dalam skala global. Bukan hal baru apabila Singapura banyak menawarkan beasiswa pendidikan. Berikut beasiswa yang saat ini dibuka dan ditawarkan:

  • ASEAN Undergraduate Scholarship/AUS (S1)

  • Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship (S1)

  • Singapore International Graduate Award/SINGA (S3)

taiwan-scholarship
By Pixabay

3. TAIWAN

Taiwan adalah salah satu negara di Asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Keunggulan yang dimiliki oleh negara ini terdiri dari berbagai bidang di antaranya terkait sejarah, agrikultur, kehutanan, bisnis dan masih banyak lagi. Tidak heran apabila terdapat beberapa perguruan tinggi di negara ini yang tengah menduduki peringkat dunia. Selain itu, Taiwan juga disebut sebagai negeri yang ramah pelajar, biaya pendidikan yang murah, transportasi yang terintegrasi serta destinasi wisata yang menarik.

Keunggulan tersebut dikatakan sebagai beberapa dari sekian banyaknya faktor yang mendukung hal menarik dan menjadi alasan mengapa negara Taiwan menjadi salah satu tujuan studi mahasiswa internasional. Taiwan juga membantu dan membuka program beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar dan mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjanjikan, di antaranya yaitu:

  1. MoE Taiwan Scholarship (S1/S2/S3)

  2. Taiwan ICDF Scholarship (S1/S2/S3)

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai beasiswa kampus top Asia yang membuka program beasiswa untuk pelajar Indonesia. Kamu pasti tertarik dong untuk mendaftar? Jangan lupa untuk selalu up-to-date mengenai informasi beasiswa tersebut di laman kami. Kalau kamu ingin konsultasi mengenai persiapan dokumen pendaftaran beasiswa, kamu juga bisa hubungi tim kami loh. Lebih lanjut, hubungi kami di sini atau langsung follow instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top