Beasiswa ke Luar Negeri (Jenjang S1, S2, dan S3)

Beasiswa ke Luar Negeri (Jenjang S1, S2, dan S3)

Ketika kamu memiliki rencana untuk kuliah di luar negeri tentu menjadi kebanggaan untuk diri sendiri maupun orang tua. Selain bisa merasakan kesempatan mengenyam pendidikan dari para pengajar terbaik di universitas ternama, kamu juga dapat melatih diri kamu dari segi pendewasaan diri dan kemandirian hidup karena harus jauh dari keluarga. Kuliah di luar negeri, mungkin terbilang sulit dari internal maupun eksternal. Berbagai kendala tentu akan kamu temui, salah satunya mengenai biaya pendidikan. Memang salah satu kendala yang kerap kali dihadapi saat ingin kuliah di luar negeri adalah biaya pendidikan. Faktanya, banyak pelajar atau mahasiswa yang berprestasi harus mengubur mimpinya tersebut karena terkendala hal ini. Namun, jangan khawatir sobat karena saat ini sudah banyak sekali program beasiswa ke luar negeri yang dibuka untuk mahasiswa Indonesia dari belahan dunia manapun loh! Nah, Meddy ingin membagikan informasi beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu daftar.

 

Program Undergraduate (GAKUBU)

Beasiswa ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/ MEXT) Pemerintah Jepang untuk kamu lulusan SMA/SMK dan Sederajat yang ingin melanjutkan studi jenjang S1 di universitas negeri di Jepang. Sebelumnya, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang, Matematika, bahasa Inggris, dan Ilmu Sosial (bagi yang memilih bidang studi IPS), dan Kimia, Fisika, Biologi (bagi yang memilih bidang studi IPA) di sekolah persiapan selama satu tahun di Jepang. 

Pada program ini, awardee akan menjalani 1 tahun masa persiapan untuk mempelajari mata kuliah dasar dari disiplin ilmu masing-masing. Kemudian, setelah selesai kamu baru akan menjalani perkuliahan pada program studi yang dipilih. Jadi, total masa perkuliahan kamu di Jepang selama 5 tahun. Untuk informasi, pada saat mendaftar kamu diperbolehkan memilih sampai program studi.

Berikut adalah cakupan beasiswa yang akan ditanggung selama mendapatkan beasiswa ini:

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)
  2. Tunjangan hidup kurang lebih sebesar 117.000 Yen per bulan
  3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang
  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar

Anda ingin mendaftar beasiswa luar negeri? Anda dapat menggunakan layanan jasa konsultasi beasiswa dari Mediamaz Scholar. Dengan berbagai kebingungan untuk mendaftar beasiswa dari mempersiapkan dokumen hingga mendaftar universitas, tentu akan mengulur waktu yang Anda miliki. Silahkan menghubungi tim marketing Mediamaz Scholar untuk informasi lebih lengkap mengenai konsultasi beasiswa. 

Tim konsultan beasiswa kami merupakan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman berkuliah di luar negeri. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengenai informasi yang akan Anda dapatkan. Konselor Mediamaz Scholar akan membantu dalam memandu untuk persiapan dokumen yang dibutuhkan, mendapatkan Letter of Acceptance, hingga pembuatan CV Beasiswa dan Motivation Letter sesuai dengan ketentuan yang berlaku tiap negara atau penyalur beasiswa.

BACA JUGA: Beasiswa Jepang 2021 dari INPEX Corporation

Beasiswa LPDP

LPDP membuka program Beasiswa Reguler untuk masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Program bisa digunakan untuk menempuh pendidikan di universitas dalam dan luar negeri sesuai dengan ketentuan dari LPDP. LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. 

LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait. Pembiayaan yang juga disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Reguler ini diberikan kepada peserta program magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi maksimal 24 bulan. Dana BPI Reguler diberikan pula pada peserta program doktor single degree, dengan durasi studi paling lama 48 bulan.

Mereka yang lolos menjadi penerima beasiswa LPDP Reguler 2021 akan mendapatkan 2 komponen pembiayaan. Keduanya ialah Biaya Pendidikan dan Biaya Pendukung.

Biaya Pendidikan dari beasiswa LPDP Reguler terdiri atas: 

  1. Biaya Pendaftaran; 
  2. SPP/Tuition Fee; 
  3. Tunjangan Buku; 
  4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi; 
  5. Tunjangan Seminar Internasional; 
  6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional. 

Sementara bantuan Biaya Pendukung dari program yang sama berupa: 

  1. Dana Transportasi; 
  2. Aplikasi Visa atau Residence Permit; 
  3. Biaya Hidup Bulanan; 
  4. Asuransi Kesehatan; 
  5. Biaya Kedatangan; 
  6. Biaya keadaan darurat (jika diperlukan); 
  7. Tunjangan keluarga (khusus doktor).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kriteria pendaftar, syarat pendaftaran, dan lini masanya, kamu bisa langsung mengeceknya di http://beasiswa.kemdikbud.go.id/.

 

Beasiswa ke Luar Negeri (Jenjang S1, S2, dan S3)

 

Chinese Government Scholarship

Program beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional yang ingin melakukan studi di lembaga pendidikan tinggi China. Program yang diadakan oleh Pemerintah China ini akan membiayai seluruh kegiatan belajarnya. Rinciannya yaitu sebagai berikut.

  • Biaya Pendaftaran
  • Tunjangan Kuliah
  • Biaya Percobaan Laboratorium
  • Tunjangan Magang, Bahan Ajar Dasar, dan Akomodasi Asrama di Kampus
  • Tunjangan Hidup
  • Asuransi Kesehatan
  • Biaya Perjalanan, dan lain sebagainya.

Jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri di program beasiswa yang diadakan Pemerintah China ini, selengkapnya mengenai waktu aplikasi dan prasyaratnya bisa kamu cek di http://id.china-embassy.org

BACA JUGA: Beasiswa S2 Dalam Negeri

Korean Government Scholarship Program

Program beasiswa ini diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan dengan memberikan kesempatan bagi pelajar internasional yang ingin merasakan pendidikan di Perguruan Tinggi Korea. Jika kamu berniat untuk mengambil program beasiswa ini, kamu harus mengikuti kursus pelatihan bahasa Korea selama satu tahun di lembaga bahasa terlebih dahulu. Adapun tunjangan biaya yang ditanggung oleh program beasiswa KGSP ini adalah sebagai berikut.

  • Tiket Pesawat
  • Tunjangan Pemukiman
  • Tunjangan Hidup
  • Asuransi Kesehatan
  • Kursus Bahasa
  • Biaya Pendidikan
  • Dukungan Penelitian, dan banyak lainnya.

Lebih lanjut mengenai kualifikasi, tata cara pendaftaran, ataupun lini masanya, kamu bisa melihatnya di https://www.studyinkorea.go.kr

 

Middle East Technical University (METU) Scholarship

Dalam Bahasa Turki yakni ODTU (Orta Doğu Teknik Üniversitesi)  atau juga yang dikenal dengan METU (Middle East Technical University) adalah universitas milik pemerintah yang didirikan pada tahun 1956. METU  menampung lebih dari 1.500 mahasiswa asing dari 80 negara yang berbeda. Beasiswa ini memiliki 40 program S1 dalam 5 fakultas, 5 program pascasarjana dengan 97 program master dan 62 program doctoral yang dilengkapi kelas persiapan Bahasa Inggris.

METU juga mempunyai 13 program sarjana termasuk 1 program kelas internasional yang ditawarkan dalam bentuk kerja sama dengan kampus ODTU yang terletak di Cyprus Utara. Bahasa inggris menjadi Bahasa pengantar di semua program sarjana sehingga membuat METU berhasil dalam mengakomodasi keinginan dari mahasiswa internasional dan para peneliti. The Times Higher Education World Reputation Rankings 2014 yang diikuti oleh seluruh universitas dan institut pendidikan di dunia merilis METU masuk dalam jajaran 80 top universitas di dunia dan masuk dalam list “Most Reputable 100 Universities of the World

METU memberikan beasiswa berupa pengurangan (50%) atau pembebasan (full) biaya kuliah untuk mahasiswa internasional sesuai dengan keberhasilan akademik mereka. Untuk mendapatkan beasiswa, kamu tidak perlu membuat aplikasi khusus. Setiap tahunnya, mahasiswa dievaluasi untuk mendapat pengurangan atau pembebasan biaya sesuai dengan keberhasilan akademis mereka. Mereka yang mendapatkan hak beasiswa ini akan diinformasikan melalui email.

Demikian, informasi mengenai beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu coba sobat Meddy! Untuk semua update terbaru mengenai program beasiswa ke luar negeri, kamu bisa selalu pantengin nih di halaman kalender beasiswa Mediamaz Scholar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top