BTurkiye Burslari Scholarships

Waspada! Ada Beasiswa 2023 di Turki, Calon Dokter Siap Merapat?

Mendapatkan beasiswa kedokteran Turki atau Turkiye Burslari Scholarships adalah hal yang sulit dilakukan oleh pelajar Indonesia. Selain karena mengharapkan kualitas pendidikan yang lebih baik, membangun relasi dan belajar kebudayaan baru juga menjadi alasan untuk kuliah di luar negeri. Pelajar Indonesia, biasanya mempunyai negara favorit baik di benua Eropa, Amerika, Afrika, Australia, maupun Asia. Turki menjadi salah satu negara di benua Asia yang menjadi favorit pelajar Indonesia untuk kuliah. Wajar saja, setiap tahun pemerintah Turki rutin membuka pendaftaran bagi pelajar internasional melalui Türkiye Scholarship (Türkiye Burslar). Sistem pendaftaran dan seleksinya yang mudah, menjadi alasan beasiswa ini menjadi primadona pelajar Indonesia.

Tentang Turkiye Burslari Scholarships

Beasiswa yang paling populer dan diberikan langsung oleh pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional. Turkiye scholarships adalah beasiswa yang sering ditawarkan mahasiswa asing untuk kuliah di Turki dan dibuka setiap tahun. Manfaat beasiswa ini sebagai berikut:

1. Akomodasi untuk Penerima Turkiye Burslari Scholarships

Banyak universitas top di seluruh dunia membebankan biaya yang cukup besar untuk menyediakan akomodasi, tetapi salah satu fitur terbaik dari memiliki beasiswa Turki adalah siswa dapat diakomodasi sepenuhnya. Akomodasi selama perjalanan pendidikan akan gratis. Perumahan gratis memudahkan siswa internasional untuk hidup karena memberikan bantuan keuangan. Semua siswa akan cocok atau ditampung di asrama universitas. Namun, siswa tidak diwajibkan dan mereka dapat tinggal di tempat pilihan mereka sendiri, tetapi dalam hal ini, siswa harus menanggung sendiri biaya akomodasi.

2. Tiket Perjalanan 

Bepergian dari satu negara ke negara lain dapat menghabiskan banyak uang, dan sebagian besar siswa internasional cenderung menghemat uang daripada sering bepergian. Tetapi program beasiswa Turki bahkan menutupi biaya perjalanan para siswa. Biaya perjalanan termasuk dua tiket, satu untuk kedatangan siswa di Turki dan satu untuk keberangkatan siswa setelah menyelesaikan program gelar. Namun, jika siswa memilih untuk membeli tiketnya sendiri, maka jumlah yang setara akan dikembalikan.

3. Biaya Akademik 

Pendidikan gratis telah menjadi impian bagi banyak siswa karena hampir semua lembaga pendidikan terkenal dan terhormat di seluruh dunia membebankan biaya yang besar untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas. Biaya kuliah kedokteran Turki yang tinggi mempersulit orang-orang yang kurang mampu untuk belajar di lembaga-lembaga ini karena ketidakstabilan keuangan mereka. Namun, program beasiswa Turki menawarkan pendidikan gratis untuk semua siswa internasional yang memenuhi syarat sehingga mereka dapat belajar dengan potensi terbaik mereka.

4. Kursus Bahasa Turki

Bahasa Turki adalah bahasa kontemporer dan nasional Turki, jutaan orang di seluruh dunia berbicara bahasa Turki. Pelatihan Bahasa Turki akan menjadi wajib bagi semua siswa internasional karena akan membuat perjalanan pendidikan mereka nyaman. Siswa internasional yang memenuhi syarat untuk program beasiswa dan yang tidak berbicara bahasa Turki diberikan persiapan dialek Turki gratis atau kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun. Program bahasa selama 8 bulan, dan siswa harus mendapatkan kompetensi bahasa Turki tingkat C1 dari tes kecukupan. Siswa yang berhasil akan melanjutkan pendidikannya, dan siswa yang tidak berhasil akan memiliki waktu tambahan 3 bulan untuk mengikuti ujian kembali. Jika mahasiswa tidak memenuhi kriteria untuk kedua kalinya, maka beasiswanya akan ditangguhkan selama satu tahun, dan dia harus menanggung semua biayanya.

5. Asuransi Kesehatan bagi Penerima Turkiye Burslari Scholarships

Pengeluaran medis membebani keuangan seseorang dan layanan manusia khususnya, perawatan kesehatan adalah masalah besar di seluruh dunia, terutama bagi orang luar. Tetapi sesuai kebijakan beasiswa Turki, semua biaya pengobatan siswa ditanggung melalui asuransi kesehatan masyarakat. Pelajar asing, yang akan belajar di Turki melalui program beasiswa Turki, diambil di bawah cakupan ‘asuransi kesehatan umum’ untuk memberi mereka layanan kesehatan yang setara, berkualitas, komprehensif, dan inklusif, yang disediakan oleh pemerintah Turki.

6. Tunjangan Bulanan

Hal terbaik tentang beasiswa Turki adalah memberikan berbagai manfaat yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan mudah, tunjangan bulanan adalah salah satunya. Tunjangan ditawarkan kepada siswa untuk membantu mengimbangi biaya. Skema tunjangan bulanan untuk siswa adalah sebagai berikut:

  • Tunjangan bulanan untuk mahasiswa sarjana: 700 TL ($ 103)
  • Tunjangan bulanan untuk mahasiswa pascasarjana (Magister): 950 TL ($ 140)
  • Tunjangan bulanan untuk mahasiswa Ph.D: 1400 TL ($ 206)

Persyaratan Beasiswa Turkiye Burslari Scholarships

Sistem aplikasi online Turki menerima aplikasi online dari seluruh dunia, dan siswa yang memenuhi syarat kuliah kedokteran di Turki dapat mendaftar. Batas waktu untuk pengajuan aplikasi Beasiswa Turki adalah Februari 20 setiap tahun. Semua kandidat yang bersedia disarankan untuk membaca instruksi dengan benar.

A. Persyaratan Dokumen

Adapun persyaratan dokumen mengenai beasiswa kedoteran turki, seperti:

  • NIK (Kartu Tanda Penduduk atau Dokumen)
  • Paspor yang sah
  • Semua Transkrip Akademik 
  • Foto kandidat terbaru (Pastikan wajah Anda harus terlihat di foto)
  • Sertifikat kelulusan (Sementara) atau sertifikat Diploma
  • Skor tes bahasa (jika diperlukan)
  • Nilai ujian internasional (jika diperlukan)
  • Pernyataan tujuan untuk aplikasi beasiswa Turki
  • Surat niat untuk beasiswa Turki
  • Dokumen proposal penelitian atau contoh karya tulis Anda (hanya untuk mahasiswa Ph.D.)

B. Persyaratan Penerima Turkiye Burslari Scholarships

Bagi penerima beasiswa kedokteran Turki, adapun persyaratan penerimaan beasiswanya, seperti:

1.Kriteria umur maksimal bagi pendaftar beasiswa:

  • Tidak lebih dari 21 tahun bagi yang berminat mendaftar untuk jenjang S-1
  • Tidak lebih dari 30 tahun bagi yang berminat mendaftar untuk jenjang S-2
  • Tidak lebih dari 35 tahun bagi yang berminat mendaftar untuk jenjang S-3
  • Tidak lebih dari 45 tahun bagi yang berminat mendaftar beasiswa penelitian

2. Nilai minimum untuk masing-masing jenis program dan beasiswa berbeda satu sama lain, yaitu:

  • Bagi pendaftar jenjang pendidikan sarjana S1, nilai minimum ijazah pendidikan sebelumnya 70% dari 100%
  • Bagi pendaftar jenjang master dan doktor, nilai minimum ijazah pendidikan sebelumnya 75% dari 100%
  • Bagi pendaftar jurusan kedokteran, nilai minimum ijazah pendidikan sebelumnya 90% dari 100%

3. Pendaftar dapat berasal dari seluruh negara di dunia.

4. Status pendaftar: sudah lulus atau akan lulus sebelum Agustus 2022.

5. Bukan warga negara Turki atau sudah terdaftar di Universitas yang ada di Turki.

 

Bagi sahabat Meddy yang bersedia dan memenuhi syarat dapat mengunjungi situs web resmi untuk melamar program beasiswa Turki. Aplikasi untuk Beasiswa Pemerintah Turki 2022 akan diterima sebelum batas waktu 20 Februari 2023. Jika pendaftaran beasiswa 20 Februari 2022 sudah ditutup, sahabat Meddy tidak perlu khawatir, karena sahabat Meddy bisa mempersiapkan pendaftaran dan seleksi berikutnya pada tahun 2023.

Baca juga: Hebat! Ini Perjalanan Nazihah Meraih Beasiswa Pemerintah Turki (YTB)

Mediamaz Scholar

Apakah Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila Sobat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami dan akan memberikan layanan konsultasi beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top