Beasiswa Korea GIST (Jenjang S2 dan S3) 2021

Banyak Peminat! Kenalan Lebih Dekat Dengan Beasiswa Korea GIST

Sobat Meddy ingin merasakan studi di Negeri Gingseng? atau memang sudah ada rencana kuliah di sana? Kebetulan, salah satu Universitas Korea ini sedang buka pendaftaran Beasiswa yang layak untuk kamu coba! Korea Selatan merupakan salah satu negara Asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik dan tentu banyak menjadi incaran pelajar internasional. Kali ini, Meddy akan membahas mengenai beasiswa Korea Selatan yang sedang dibuka di tahun 2021 ini, yakni beasiswa Gwangju Institute of Science and Technology (GIST). Yuk baca sampai habis ya!

Universitas Korea

Siapa sih yang tidak mau berkuliah di Korea? Korea Selatan adalah salah satu negara Asia yang menjadi tujuan yang semakin menarik dan populer untuk studi di luar negeri. Negara ini telah menarik perhatian banyak mahasiswa internasional karena kualitas hidupnya, universitas terkemuka, dan banyak kursus bahasa Inggris. Korea Selatan masih berpegang teguh pada tradisi, tetapi juga mengikuti kehidupan modern. Kota-kota seperti Seoul menyediakan lingkungan yang aman dan menyenangkan. Pemerintah Korea telah menetapkan target 200.000 siswa internasional pada tahun 2020. Dan negara ini juga sepertinya memudahkan mahasiswa internasional untuk belajar di sini nantinya.

Bahkan jika kamu ingin mendapatkan gelar master di Korea, Anda tetap membutuhkan skor TOPIK. Jika jurusan yang kamu pilih adalah Bahasa Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris, dosen kamu akan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa alternatif mu. Namun perlu diingat bahwa Dosen mu adalah orang Korea dan walau sebagian besar dapat berbicara bahasa Inggris, tetapi mereka tidak dapat memahami dengan sempurna. Oleh karena itu, disarankan untuk menguasai bahasa Korea dengan baik sebelum memutuskan untuk belajar di sana.

Beasiswa di Universitas Korea

Gwangju Institute of Science and Technology (GIST) berlokasi di Gwangju, Korea Selatan dan mendapatkan peringkat ke-9 sebagai universitas terbaik di Korea. GIST merupakan universitas yang berfokus pada pengajaran Sains dan teknik.

Saat ini, GIST memberikan kesempatan melalui program beasiswa untuk mahasiswa internasional dengan jenjang S2 dan S3. Adapun, waktu yang dibutuhkan untuk program S2 biasanya 2 tahun, sedangkan S3 adalah 4 tahun. Untuk program Master dan PhD yang terintegrasi (Integrated Program) waktunya maksimal 7 tahun untuk menyelesaikan kuliah.

Program Beasiswa Ini

GIST membuka untuk sembilan jurusan, yaitu:

  1. Life Science
  2. Electrical Engineering and Computer Science
  3. Materials Science and Engineering
  4. Earth Sciences and Environmental Engineering
  5. Physics and Photon Science
  6. Chemistry
  7. Biomedical Science and Engineering
  8. Integrated Technology
  9. AI Graduate School (PhD and Integrated degree only)

Cakupan Beasiswa

Berikut ini daftar cakupan beasiswa yang akan didapatkan para awardee:

  1. Biaya kuliah fully funded sebesar 3.415.000 (Rp. 42.135.000,-) WON per semester
  2. Tunjangan siswa sebesar 140.000 WON (Rp.1.727.000,-) per bulan untuk jenjang S2 dan 295.000 WON (Rp.3.639.000,-) per bulan untuk jenjang S3 (harus menyelesaikan setidaknya 9 SKS pada semester sebelumnya)
  3. Tunjangan makan 100.000 WON (Rp. 1.233.000,-) perbulan 
  4. Asuransi kesehatan
  5. Pengembalian biaya pesawat dari negara asal ke Korea Selatan

Persyaratan Pendaftar

Kemudian, berikut persyaratan bagi pendaftar beasiswa GIST:

  1. Mahasiswa internasional dari seluruh negara bisa mendaftar program beasiswa ini
  2. Pendaftar untuk jenjang S2 harus memiliki gelar sarjana
  3. Pendaftar untuk jenjang S3 harus memiliki gelar master
  4. Bersedia menyelesaikan 9 SKS atau mata kuliah di setiap semester agar mendapatkan biaya kuliah dan biaya hidup
  5. Bersedia mendapatkan nilai IPK minimal 3.0 agar mendapatkan tunjangan mahasiswa internasional

Dokumen yang Dibutuhkan

Tahap persiapan yang terakhir adalah dokumen. Berikut daftar dokumen yang harus kamu persiapkan:

  1. Formulir pendaftaran online
  2. Ijazah dan transkrip nilai S1 (bagi pendaftar S2)
  3. Ijazah dan transkrip nilai S2 (bagi pendaftar S3)
  4. Dua surat rekomendasi (format surat rekomendasi dapat didownload disini)
  5. Salinan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL IBT minimal 80, IELTS minimal 6.5, TOEIC minimal 700, TEPS minimal 600, atau New TEPS minimal 327)
  6. Salinan paspor

Deadline untuk pendaftaran: 15 Oktober 2021. Untuk Official website formulir online https://www.gist.ac.kr/

Visa untuk Penerima Beasiswa

Kamu bisa mendapatkan visa pelajar di kedutaan besar atau konsulat Korea Selatan setelah mendapatkan surat penerimaan mahasiswa baru (Letter of Acceptance) dari universitas yang dituju. Secara umum, mahasiswa yang akan berkuliah di universitas di Korea Selatan harus mempunyai visa D-2, siswa yang akan mendapatkan pelatihan (sekolah bahasa, pelatihan kebudayaan, dan pelatihan perusahaan) harus mempunyai visa D-4.

Visa Pelajar (D-2)

Diperuntukkan untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan formal (S1, S2, atau S3) di sekolah vokasi, universitas, sekolah pascasarjana, atau lembaga penelitian setara sekolah khusus atau mahasiswa yang sedang meneliti di bidang khusus.

Visa Pelatihan Umum (D-4)

Siswa yang belajar bahasa Korea di sekolah bahasa yang didirikan oleh universitas
WNA yang menerima pelatihan di lembaga pendidikan di luar lembaga pendidikan atau lembaga penelitan yang tidak termasuk kategori visa mahasiswa internasional (D-2)
Peneliti internasional yang meneliti teknis atau kemampuan di lembaga penelitian negeri maupun swasta
WNA yang meneliti atau menerima pelatihan atau magang (on-the-job training) di perusahaan dengan investasi asing atau multinasional

Korea Selatan terkenal dengan IT, teknologi dan hiburan. Seoul, ibu kota Korea Selatan, juga masuk dalam 10 kota pelajar terbaik di dunia. Biaya kuliah dan hidup Korea lebih murah daripada universitas Inggris di AS, Kanada, dan Inggris. Tidak seperti negara lain, mahasiswa Korea umumnya tidak memiliki biaya kuliah yang berbeda dengan mahasiswa lokal.

Mahasiswa internasional diperbolehkan bekerja part-time setelah belajar selama 6 bulan. Selain di kafe atau restoran, di beberapa universitas juga tersedia banyak lowongan kerja untuk mahasiswa. Kamu juga bisa mencoba pekerjaan seperti mengajar bahasa Inggris atau menjadi guru les orang asing jika kamu kebetulan pintar bahasa Inggris. Para Sanbae (kakak kelas) di Korea terkenal sangat ramah. Mereka bersedia mendengarkan keluh kesah, memberikan nasihat yang bakal membantumu, hingga traktir makan siang, minum, dan bahkan makan malam. Di Korea ini disebut dengan Neari Sarang atau descending love.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai program beasiswa GIST 2021. Bagi sobat Meddy yang ingin mendaftar beasiswa ini tapi masih bingung perihal persiapan dokumennya, tenang! Kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. lebih lanjut, hubungi tim marketing kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top