Beasiswa Korea 2021 - KAIST Undergraduate Scholarship Program

Beasiswa S1 Korea Selatan – KAIST Undergraduate Scholarship Program

Korea termasuk negara yang paling banyak diminati oleh para pelajar internasional. Dengan sistem pendidikan yang terbilang berkualitas, tentu karena kebudayaannya yang paling banyak dijadikan alasan. Korea pun juga tersedia cukup banyak program beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar internasional termasuk Indonesia dan tentu semua jenjang. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi salah satu beasiswa Korea Selatan yakni Program KAIST International Student Scholarship yang rutin ditawarkan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Beasiswa KAIST ditujukan bagi lulusan SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 pada sejumlah program studi yang disediakan oleh KAIST. Kali ini Meddy akan menjelaskan ke kalian beasiswa S1 Korea Selatan KAIST. Yuk, disimak!

Serba Serbi Beasiswa S1 Korea Selatan KAIST

Berikut ini merupakan berbagai penjelasan mengenai beasiswa S1 KAIST mulai dari program beasiswa hingga berbagai dokumen yang dibutuhkan jika sobat Meddy tertarik untuk mendaftar beasiswa yang satu ini.

Baca juga: Makanan Korea Selatan yang Wajib Dicoba! Ada Apa Saja Ya?

1. Program Beasiswa S1 KAIST

KAIST adalah singkatan dari Korea Advanced Institute of Science and Technology. Universitas yang satu ini terletak di Daejeon, Korea Selatan. KAIST didirikan pada tahun 1971 oleh pemerintah Korea. Di samping itu, tujuannya adalah untuk mempromosikan sains dan teknik yang berorientasi pada penelitian. Selain itu, juga telah diakui secara internasional dalam pendidikan bisnis.

Faktanya, Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) merupakan salah satu universitas ternama di Korea Selatan yang masuk ke dalam peringkat Top 40 terbaik di dunia versi QS World University Ranking. Kampus ini berfokus dalam bidang sains, teknik, dan teknologi.

Kemudian, berikut ini berbagai pilihan jurusan dan program studi di KAIST yang bisa sobat Meddy pilih:

  1. College of Natural SciencesPhysics, Mathematical Science, Chemistry
  2. Life Science & Bioengineering: Biological Sciences
  3. College of EngineeringMechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil & Environmental Engineering, Bio & Brain Engineering, Industrial Design, Industrial & Systems Engineering, Chemical & Biomolecular Engineering, Materials Science & Engineering, Nuclear & Quantum Engineering
  4. Business: Business and Technology Management

2. Cakupan Beasiswa Korea Selatan KAIST

Selanjutnya, berikut cakupan yang akan sobat Meddy dapatkan, jika mendapatkan beasiswa KAIST ini:

  1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama masa studi S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi
  2. Tunjangan hidup sebesar 350000 KRW per bulan
  3. Asuransi kesehatan nasional

3. Persyaratan Bagi Pelamar Beasiswa KAIST

Selanjutnya, berikut ini merupakan informasi persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa Korea Selatan KAIST:

  1. Siswa dari negara, bangsa, atau benua mana pun diizinkan dan didorong untuk mengajukan beasiswa.
  2. Pelamar beasiswa harus telah menghadiri sekolah menengah atau total pendidikan 16 tahun.
  3. Pelamar yang memiliki kewarganegaraan ganda tidak akan dianggap memenuhi syarat untuk 0 mengajukan beasiswa.
  4. Pemohon harus mempertahankan IPK 2,7 dari 4,3 setelah tahun pertama belajar di KAIST.
  5. Pelamar berkebangsaan Korea tidak akan dianggap memenuhi syarat untuk melamar program beasiswa ini, kecuali, mereka telah mengikuti pendidikan mereka dari negara lain.
  6. Pelamar dari negara lain, yang telah menyelesaikan pendidikan sampai SMA dari Korea.

4. Dokumen yang Dibutuhkan

Tahap terakhir yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah dokumen pendaftaran, berikut dokumen pendaftaran yang harus sobat Meddy siapkan dari jauh-jauh hari:

  1. Transkrip Nilai SMA
  2. Fotokopi Paspor/KTP
  3. Laporan Aset Keuangan
  4. Formulir aplikasi
  5. Surat rekomendasi
  6. Proposal penelitian
  7. Surat Niat
  8. Surat motivasi
  9. Rencana belajar
  10. CV untuk beasiswa (opsional)
  11. Sertifikat Fakta
  12. Sertifikat Kehilangan Kewarganegaraan Korea

Biaya yang tidak ditanggung oleh beasiswa KAIST yaitu biaya asrama per bulan, biaya makan, serta biaya perjalanan ke Korea. Karena itu para penerima beasiswa Korea Selatan KAIST dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri. Untuk mendaftar sobat Meddy bisa langsung mengunjungi laman resmi, pendaftaran akan dibuka 1 September 2021, hingga 23 Oktober 2021.

Baca juga: Mau Tinggal di Korea Selatan? Kamu Wajib Tahu Deretan Faktanya!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, artikel berbagai informasi mengenai beasiswa Korea Selatan KAIST 2021 untuk mahasiswa internasional, mulai dari program studi yang tersedia hingga dokumen-dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri ya, terutama ke Korea Selatan. Bagi sobat Meddy yang masih bingung cara membuat CV beasiswa hingga motivation letter atau dokumen lainnya, sobat Meddy bisa menggunakan layanan konsultasi kami. Sobat Meddy akan diberikan arahan oleh tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi tim kami di sini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top