Beasiswa ke Luar Negeri 2021 - 2022

Informasi Beasiswa Kuliah Luar Negeri 2021 – 2022

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki rencana untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa? Beasiswa ke luar negeri merupakan langkah penting demi mencapai aspirasi karier kamu, sobat Meddy. Meski demikian, hal ini sudah pasti akan menguras banyak biaya. 

Jangan ragu, karena saat ini sudah banyak program beasiswa dan universitas yang menawarkan beasiswa ke luar negeri untuk calon mahasiswa atau mahasiswa asal Indonesia. Kami telah mengumpulkan beragam informasi perihal beasiswa ke luar negeri, melalui informasi dan daftar ini, kamu pun akan belajar perihal berbagai jenis beasiswa dari berbagai belahan dunia dan tentu akan membantu kamu dalam meraih cita – cita. 

 

 

Daftar Beasiswa dan Manfaatnya

Daftar beasiswa, hal ini yang harus disiapkan sebelum kamu mendaftar. Kita mulai dari pengertian beasiswa itu sendiri ya. Beasiswa merupakan salah satu jenis bantuan dana yang diberikan kepada seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan, baik itu yang masih menjalani pendidikan di sekolah ataupun kuliah. Biasanya, beasiswa itu sendiri diberikan atas dasar yang berbeda – beda loh. Nggak cuman dilihat dari prestasi akademis tapi prestasi Non – akademis pun juga bisa menjadi pertimbangan.

Dengan kamu daftar beasiswa, kamu tentu akan mendapat berbagai manfaat dari adanya program beasiswa ini, secara garis besar dapat membantu para penerima beasiswa tersebut untuk bisa terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi meskipun memiliki tingkat perekonomian yang kurang memenuhi dan tentu dapat membantu meringankan beban orang tua yang membiayainya, sehingga dapat membuat siswa atau mahasiswa untuk lebih ingin meningkatkan intensitas belajar.

Untuk mendaftar beasiswa tentu membutuhkan sertifikat bahasa / TOEFL atau IELTS sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dilampirkan. Setiap skor yang harus dicapai pun berbeda – beda sesuai kebutuhan masing-masing universitas dan penyelenggara beasiswa. 

Mediamaz Scholar menyediakan layanan preparation and trial test TOEFL/IELTS untuk kamu yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti tes TOEFL/IELTS. Hasil dari trial test pun akan kamu peroleh secara langsung, sehingga kamu dapat mengukur kemampuan kamu sebelum mengikuti tes resminya. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menghubungi tim marketing kami di sini

BACA JUGA: Beasiswa Korea GIST (Jenjang S2 dan S3) 2021

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Di negara – negara maju seperti Australia, UK, Irlandia, US, Kanada, atau New Zealand, pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia bisa berkompetisi untuk merebut beasiswa unggulan setiap tahunnya. Berikut kami berikan cara mendapatkan beasiswa S1 luar negeri:

  1. Memiliki prestasi akademik

Prestasi akademik adalah salah satu modal penting supaya kamu dapat kuliah dengan beasiswa S1 luar negeri. Hal tersebut terbukti dari persyaratan yang dicantumkan dari beberapa penyedia beasiswa S1 luar negeri.

2. Riset lembaga penyedia beasiswa S1

Saat masih mengenyam bangku SMA, kamu mungkin menemukan berbagai lembaga penyedia beasiswa S1 luar negeri, baik dari informasi guru, orang tua atau bisa dari website – website di internet.

3. Persiapkan surat rekomendasi

Cara selanjutnya yang harus dilakukan agar kamu mendapatkan beasiswa S1 luar negeri adalah mempersiapkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi dinilai memegang peranan penting dalam proses beasiswa. Sebab, surat tersebut berisi bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa dari lembaga penyedianya.

4. Belajar membuat CV, motivation letter, dan essay

Jika kamu ingin lolos beasiswa S1 luar negeri, kamu juga harus mempersiapkan dokumen dan memahami bagaimana cara membuat CV dan motivation letter. Dua unsur tersebut bisa dibilang menjadi salah satu dokumen yang harus dipersiapkan saat mengajukan beasiswa.

Saat ini, kamu bisa dengan mudah belajar membuat CV dan motivation letter lewat contoh – contoh yang ada di internet atau belajar langsung dengan ahlinya. Selain itu, kamu juga harus belajar bagaimana membuat essay yang cemerlang. Sebab, beberapa kasus ada juga lembaga penyedia beasiswa yang meminta essay kepada peserta.

5. Apply beasiswa

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengajukan beasiswa ke lembaga yang sudah kamu. Pastikan, dokumen yang dipersiapkan sudah lengkap. Periksa kembali semuanya sebelum benar – benar mengirim dokumennya.

Jangan lupa memberikan tanda tangan serta kontak yang bisa dihubungi, Selain itu, kamu hanya tinggal memperbanyak doa agar berkas kamu lolos ke tahapan selanjutnya.

Beasiswa ke Luar Negeri 2021 - 2022

Beasiswa ke Luar Negeri untuk Mahasiswa Indonesia

Berikut ini adalah daftar beasiswa ke luar negeri yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia, dan selalu dibuka setiap tahunnya!

  1. Beasiswa LPDP Scholarship

LPDP merupakan program beasiswa yang berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dari Kementerian Keuangan RI untuk berkuliah di berbagai negara. Cakupan dari beasiswa LPDP mencakup beasiswa kuliah di berbagai perguruan tinggi terbaik dunia loh, seperti California Institute of Technology (Caltech), Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, Princeton University, Stanford University dan universitas terbaik lainnya.

        2. Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals

Beasiswa satu ini berbentuk fellowship dari Hubert H. Humphrey Fellowship Program dengan memberikan biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanan bagi tenaga profesional asal Indonesia yang sedang meniti karier.

Para penerima beasiswa ini akan mempelajari program pendorong karier selama 10 bulan di universitas – universitas Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam program ini. Fellowship untuk Indonesia dari Hubert H. Humphrey Fellowship Program mewajibkan pelamar telah lulus dari S1 dan berpengalaman minimal 5 tahun di sektor publik.

       3. GREAT Scholarship

Beasiswa GREAT ini berasal dari British Council yang merupakan beasiswa luar negeri yang menyediakan bantuan dana minimal £10,000 untuk biaya kuliah calon mahasiswa internasional yang mengikuti program pascasarjana 1 tahun di UK.

Universitas yang bekerjasama dalam pemberian beasiswa GREAT diantaranya Imperial College London, Newcastle University, University of Bristol, University of Edinburgh, dan masih banyak lagi.

       4. Australia Awards

Program beasiswa ini menawarkan beasiswa ke universitas – universitas di Australia. Beasiswa ke luar negeri ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, dan biaya hidup untuk berbagai program akademik.

Beasiswa luar negeri Australia Awards berfokus pada penyediaan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa di berbagai negara berkembang di wilayah Indo-Pacific yang ingin berkontribusi untuk pembangunan negara asal masing-masing sekembalinya dari studi.

BACA JUGA: Beasiswa Jepang – MEXT UR University of Tokyo (Jenjang S2 dan S3)

Dokumen yang Harus Disiapkan

Ketika mendaftar Beasiswa, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Sebelum kamu mengajukan beasiswa untuk ke jenjang pendidikan kamu selanjutnya, ada beberapa dokumen yang mesti kamu siapkan, loh! Dan harus menjadi perhatian kamu banget, supaya tidak gagal pada tahap awal atau tahap administrasi. Daftar beasiswa, hal ini yang harus disiapkan seperti dokumen – dokumen:

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai
  2. Essay atau Motivation Letter
  3. CV (Curriculum Vitae)
  4. Surat Rekomendasi
  5. Hasil Tes TOEFL / IELTS (Sesuai dengan kebutuhan universitas masing-masing)

Demikian, informasi mengenai beasiswa ke luar negeri untuk mahasiswa Indonesia yang bisa kamu daftar nih sahabat Meddy. Jangan lupa untuk selalu update mengenai program beasiswa yang dibuka di halaman resmi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top