Beasiswa LPDP ke Rusia

Sekarang Kamu Bisa Kuliah Gratis di Rusia Pakai LPDP, Cek Syaratnya Disini!

Dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Pendidikan juga dipakai oleh banyak negara dalam mempromosikan kebudayaan serta pariwisata di negaranya kepada masyarakat internasional. Salah satu negara yang menjadi tujuan dalam melanjutkan pendidikan yaitu Luksemburg. Dikenal sebagai negara terbesar di dunia, Rusia memiliki banyak keunggulan yang bisa sahabat Meddy dapatkan jika memilih kuliah di sini. Sahabat Meddy tidak perlu pusing mengenai biaya, saat ini ada banyak beasiswa yang tersedia dengan berbagai keuntungan. Salah satunya yaitu beasiswa Kuliah LPDP. 

Beasiswa Kuliah di Negara Rusia

Memiliki ibukota di Moskow, Rusia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Negara ini memiliki suhu udara yang ekstrim, ketika musim dingin suhu udara terendah bisa mencapai -40 derajat celsius. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan sahabat Meddy dapatkan jika memilih Rusia sebagai negara tempat melanjutkan pendidikan.

  • Pendidikan di Rusia terkenal sebagai salah satu yang terbaik. Istilah Made in Rusia diakui oleh banyak orang kualitasnya. Bagi sahabat Meddy yang tertarik dengan sains dan teknik, maka Rusia merupakan negara yang tepat. Lulusan Rusia dihormati oleh pengusaha di seluruh dunia.
  • Sistem pendidikan di Rusia cocok untuk semua orang. Terdapat kurang lebih 450 universitas terakreditasi dengan sekitar 17.500 program gelar di Rusia. Universitas umum berfokus pada studi ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu. Sementara itu, universitas ilmu terapan sangat berorientasi pada praktik. Jika sahabat Meddy lebih tertarik pada mata pelajaran artistik, kamu dapat mendaftar di perguruan tinggi seni, film atau musik.
  • Terdapat banyak program studi yang menggunakan bahasa Inggris. Ini merupakan kabar baik bagi para siswa internasional yang belum bisa berbahasa Rusia.
  • Program gelar sarjana di Rusia biasanya bebas biaya kuliah di universitas negeri. Beberapa program gelar master datang dengan biaya kuliah, namun tidak semahal di negara lain.
  • Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya hidup di Rusia terjangkau.  Para siswa dapat menerima potongan harga di bioskop, museum, gedung opera, bioskop, kolam renang, dan institusi lainnya. Yang harus dilakukan adalah menunjukkan ID siswa.
  • Rusia adalah negara yang aman. Polisi dapat diandalkan. Di Rusia, sahabat Meddy dapat bergerak bebas siang atau malam tanpa harus mengambil tindakan pencegahan khusus.
  • Tinggal di Rusia, berarti sahabat Meddy berada di tengah Eropa dan dikelilingi oleh banyak negara. Hanya dalam beberapa jam perjalanan kereta api atau pesawat, sahabat Meddy dapat mengalami budaya dan bahasa yang sama sekali berbeda.

Baca Juga: Kuliah di Luksemburg dengan Beasiswa LPDP, Yuk Persiapkan Dirimu!

Universitas Penyelenggara Beasiswa Kuliah

Tahun 2022, terdapat 3 universitas dari Rusia yang masuk ke daftar LPDP.

  • Lomonosov Moscow State University – semua subjek
  • National Research Tomsk Polytechnic University – Engineering – Petroleum
  • St.Petersburg Mining University – Mining & Mineral Engineering 

Beasiswa Kuliah: Program LPDP

Bagi sobat Meddy yang tertarik dengan beasiswa LPDP, Kalian bisa mulai mendaftar secara online melalui situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: Di sini.

Selanjutnya, melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran. Terakhir, pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi atau pendaftaran.

Jadwal pendaftaran sampai pengumuman beasiswa LPDP tahap dua:

  • Jadwal pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2: 4 Juli-5 Agustus 2022
  • Seleksi Administrasi: 8-19 Agustus 2022
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022
  • Seleksi Bakat Skolastik: 29 Agustus – 10 September 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: 15 September 2022
  • Seleksi Substansi: 26 September – 4 November 2022
  • Pengumuman: 11 November 2022

Persyaratan Beasiswa Kuliah di Negara Rusia

Syarat untuk mendaftar LPDP dibagi menjadi dua yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan umum antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat atau sarjana untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  3. Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
  4. Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
  5. Pendaftar yang telah menyelesaikan Studi Magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa Magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan Studi Doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa Doktor.
  6. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman resminya di sini
  7. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  8. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan Program Studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  9. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut: Kelas Eksekutif, Kelas Khusus, Kelas Karyawan, Kelas Jarak Jauh, Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri, Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.
  10. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin terlampir).
  11. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.
  12. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  13. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan Doktor.
  14. Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah (jika ada)

Baca Juga: Kuliah Dengan Beasiswa LPDP S2 Di Denmark? Ini 3 Universitas Tersedia Semua Jurusan

 Persyaratan khusus Beasiswa Reguler sebagai berikut:

  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu:
  2. Pendaftar jenjang pendidikan Magister berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun
  3. Pendaftar jenjang pendidikan Doktor berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.
  4. Melampirkan Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  5. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir)
  6. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:
  7. Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  8. Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  9. Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program Magister Penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  10. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan Ijazah dan Konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman resminya di sini.

Syarat Tes Bahasa Inggris

  1. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:
  2. Pendaftar program Magister Dalam Negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 500, TOEFL® iBT 61, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.
  3. Pendaftar program Magister Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80; PTE Academic 58; atau IELTS™ 6,5.
  4. Pendaftar program Doktor Dalam Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 530, TOEFL® iBT 70, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.
  5. Pendaftar program Doktor Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94; PTE Academic 65; atau IELTS™ 7,0.
  6. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  7. Melampirkan surat usulan mengikuti Beasiswa LPDP sekurang-kurangnya dari Pejabat Eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah bagi pendaftar yang berstatus CPNS/PNS, atau sekurang-kurangnya dari Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/TNI AU bagi pendaftar yang berstatus anggota TNI, atau sekurang-kurangnya dari Pejabat yang membidangi SDM pada Mabes POLRI bagi pendaftar yang berstatus anggota POLRI.

Jadi, apa yang bisa Meddy bantu?

Bagi sobat Meddy yang tertarik untuk mengikuti beasiswa LPDP 2022, tetapi masih bingung dan membutuhkan bantuan khusus untuk persiapan beasiswa LPDP 2022 tersebut? Sahabat Meddy tidak perlu khawatir, karena Meddy senantiasa membantu kamu untuk memberikan layanan terbaik seperti mempersiapkan dokumen penting, penguasaan bahasa atau membutuhkan bentuk konsultasi lainnya. Semuanya bisa sobat Meddy dapatkan di Mediamaz Scholar. Tunggu apalagi? Yuk, cek website resmi kami di sini. Semoga sukses. Terima kasih, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top