Beasiswa Luar Negeri S1

Informasi Beasiswa Luar Negeri S1 2021/2022

Sobat Meddy, siapa sih yang nggak mau kuliah di luar negeri? Tentu mau dong yaaa. Terlebih jika kamu berkesempatan mendapatkan beasiswa luar negeri, pasti jadi kebanggaan untuk diri sendiri, bukan. Faktanya, kini banyak sekali program beasiswa luar negeri yang dibuka untuk pelajar Indonesia dari jenjang S1, S2 hingga S3. Untuk sobat Meddy yang saat ini masih duduk di bangku SMA/ Sedejarat dan memiliki rencana atau keinginan kuliah di luar negeri, yuk cek informasi selengkapnya mengenai beasiswa luar negeri S1 dan kamu juga bisa temukan daftar beasiswa luar negeri S1 yang tersedia di artikel berikut.

Jenis – Jenis Beasiswa Luar Negeri S1

Di Indonesia, ada beberapa negara yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa untuk mencari beasiswa. Negara tersebut di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Turki. 

Universitas dari masing-masing negara ini, sering kali menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional terutama Indonesia. Selain universitas, dari pemerintah pun tidak jarang juga menyediakan program beasiswa dengan cakupan beasiswa yang cukup menggiurkan untuk dicoba.  Untuk jenis – jenis beasiswa yang tersedia, sebagai berikut:

1. Beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

Beasiswa ini seperti: Beasiswa penghargaan, beasiswa bantuan. beasiswa penelitian, beasiswa non-akademik, beasiswa ikatan dinas

2. Beasiswa berdasarkan cakupan pembiayaan

Beasiswa ini seperti: beasiswa penuh (Full Scholarship), beasiswa sebagian (Partial Scholarship)

3. Beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan atau pihak penyedia

Jenis beasiswa ini, seperti: beasiswa dari pihak swasta, beasiswa dari pemerintah, beasiswa perguruan tinggi, dan beasiswa dari komunitas, organisasi atau yayasan

Kamu masih bingung bagaimana persiapan dokumen untuk mendaftar beasiswa? Tenang! Mediamaz Scholar menyediakan layanan perihal persiapan dokumen beasiswa. Kamu akan dibantu oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam mendaftar beasiswa, jadi nggak perlu khawatir dengan informasi yang diperoleh. Untuk jam konsultasi pun fleksibel atau sesuai dengan kebutuhan kamu loh.  Kami juga memiliki layanan lainnya yang bisa kamu manfaatkan seperti konsultasi beasiswa, kelas bahasa hingga preparation test TOEFL/IELTS. Untuk mempermudah kamu dalam mencapai cita – cita bisa kuliah di luar negeri, kamu bisa langsung menghubungi tim marketing kami di sini

Perbedaan Fully-Funded Scholarship dengan Partially Scholarship

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa program beasiswa luar negeri S1 terbagi menjadi berbagai macam bentuk dan jumlah. Bagian ini, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan beasiswa Fully-Funded dengan beasiswa Partially. Beasiswa fully-funded merupakan beasiswa penuh yang meliputi keseluruhan biaya atau secara penuh. Biasanya beasiswa penuh ini bersumber dari pemerintah seperti pemerintah Indonesia (beasiswa LPDP), beasiswa pemerintah negara tujuan atau perusahaan tempat bekerja. Dan komponen biaya yang diberikan meliputi, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya tiket, tiket pesawat PP, biaya penelitian di lapangan dan biaya lainnya.

Sedangkan untuk beasiswa partially, beasiswa ini meliputi sebagian pembiayaan namun tidak menanggung keseluruhan dana yang diperlukan selama studi. Seperti contoh ada yang hanya berlaku setahun dan ada yang berlaku sampai durasi program pendidikannya selesai. Beasiswa partially umumnya berasal dari universitas, institusi pendidikan, institusi riset. Untuk komponen biayanya meliputi biaya pendidikan atau biaya akomodasi selama berkuliah, atau potongan biaya lainnya dengan durasi yang beragam.

Baca Juga: 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Keunggulan Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Setelah kamu daftar beasiswa, mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan, dan memperoleh beasiswa tersebut tentu kamu akan memiliki keuntungan tersendiri dengan terpilihnya kita sebagai penerima beasiswa. Apa saja sih, keunggulan setelah kita mendapat beasiswa? Keep scrolling.

1. Menjadi sebuah prestasi yang menonjol

Dengan kamu daftar beasiswa sesuai dengan prestasi yang kamu raih, dan kamu berhasil mendapatkan beasiswa tersebut, bisa diartikan jika kamu memiliki keunggulan dalam bidang yang kamu tekuni di antara teman – teman lainnya. Pemberi beasiswa tentu memiliki nilai tersendiri sehingga mereka tidak segan untuk memberikan beasiswa itu ke kamu. Ketika kamu menerima beasiswa, dapat menjadi nilai plus ketika nanti kamu akan melamar pekerjaan di masa yang akan datang sehingga kamu memiliki perbedaan di antara pelamar lainnya.

2. Mendapat dukungan keuangan

Dalam program beasiswa yang ditawarkan biasanya terdapat dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa full (Full Scholarship) dan beasiswa setengah (Partial Scholarship). Apa bedanya dari kedua beasiswa ini? Bedanya beasiswa partial hanya mendanai beberapa kebutuhan akademik, seperti biaya pendidikan dan biaya perjalanan, sementara biaya hidup jika kamu mendapat beasiswa di luar negeri tidak termasuk dalam pendanaan. Sedangkan, beasiswa full mendanai semua kebutuhan akademik mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup hingga biaya asuransi. 

3. Mendapat jaringan yang luas

Keunggulan lain yang akan kamu dapat ketika memperoleh beasiswa adalah memiliki peluang untuk mendapatkan jaringan yang luas. Mereka para penerima beasiswa lain tentu berasal dari latar belakang yang berbeda, bahkan warga negara jika kamu mendapat beasiswa untuk keluar negeri. Hal tersebut tentu membuat jaringan pertemanan kamu menjadi semakin luas. Dengan luasnya jaringan pertemanan, akan memicu kamu untuk memiliki pemikiran yang lebih terbuka.

Beasiswa Luar Negeri S1 2021 - 2022

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri S1

Beasiswa menjadi kunci dan jalan utama bagi mereka seorang pelajar yang mempunyai keterbatasan dalam persoalan biaya. Kini kamu tidak perlu khawatir akan kesempatan mendapatkan beasiswa. Di negara – negara maju seperti Australia, UK, Irlandia, US, Kanada, atau New Zealand, pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia bisa berkompetisi untuk merebut beasiswa unggulan setiap tahunnya. Berikut kami berikan cara mendapatkan beasiswa S1 luar negeri:

  • Memiliki prestasi akademik

Prestasi akademik adalah salah satu modal penting supaya kamu dapat kuliah dengan beasiswa S1 luar negeri. Hal tersebut terbukti dari persyaratan yang dicantumkan dari beberapa penyedia beasiswa S1 luar negeri.

  • Riset lembaga penyedia beasiswa S1

Saat masih mengenyam bangku SMA, kamu mungkin menemukan berbagai lembaga penyedia beasiswa S1 luar negeri, baik dari informasi guru, orang tua atau bisa dari website – website di internet. 

Melansir dari Goabroad, cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri adalah melakukan riset terlebih dahulu semua lembaga penyedia beasiswa yang kamu temui. Pelajari jenis beasiswa yang diberikan oleh lembaga penyedia beasiswa S1 luar negeri.

  • Persiapkan surat rekomendasi

Cara selanjutnya yang harus dilakukan agar kamu mendapatkan beasiswa S1 luar negeri adalah mempersiapkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi dinilai memegang peranan penting dalam proses beasiswa. Sebab, surat tersebut berisi bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa dari lembaga penyedianya. 

  • Belajar membuat Curriculum Vitae, motivation letter, dan essay

Jika kamu ingin lolos beasiswa S1 luar negeri, kamu juga harus mempersiapkan dokumen dan memahami bagaimana cara membuat CV dan motivation letter. Dua unsur tersebut bisa dibilang menjadi salah satu dokumen yang harus dipersiapkan saat mengajukan beasiswa.

Baca juga: Beasiswa Jepang – MEXT UR University of Tokyo (Jenjang S2 dan S3)

Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri

Berikut daftar beasiswa S1 luar negeri yang bisa kamu daftarkan nih sobat Meddy, yuk di cek:

1. Jardine Scholarship Award

Buat kamu yang ingin kuliah di Inggris, khususnya di Cambridge University dan Oxford University bisa daftar beasiswa ini. Program beasiswa ini didanai oleh Jardine Foundation dengan memberikan cakupan beasiswa yang cukup beasiswa yakni pembiayaan berupa biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, asuransi kesehatan, serta biaya penerbangan PP Indonesia – Inggris. Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 22 Oktober 2021, untuk informasi lengkapnya cek di halaman resmi Jardine Scholarship ya. 

2. Beasiswa Kotzen

Program beasiswa ini cocok buat kamu yang ingin kuliah di Amerika Serikat. Beasiswa Kotzen adalah program beasiswa untuk mahasiswa jenjang S1 di Simmons University. Cakupan beasiswa yang disediakan berupa biaya kuliah penuh, asrama, tunjangan tahunan sebesar Rp 42 juta serta tunjangan penelitian. Pendaftaran beasiswa Kotzen masih akan dibuka hingga 1 Desember 2021. Untuk info selengkapnya, bisa klik halaman ini

3. Beasiswa Ton Duc Thang University

Ton Duc Thang University (TDTU) merupakan universitas ternama di Vietnam. Nah, buat kamu yang mau kuliah di Vietnam bisa kok mengikuti beasiswa yang ditawarkan TDTU yang ditujukan untuk mahasiswa internasional jenjang S1. Cakupan beasiswa yang disediakan berupa biaya kuliah serta program kursus bahasa Vietnam khusus bagi pendaftar yang memilih perkuliahan dengan bahasa Vietnam sebagai bahasa pengantar. Ada juga cakupan beasiswa bagi mahasiswa yang perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris. Pendaftaran beasiswa TDTU akan berakhir 15 Oktober 2021. Informasi lengkapnya bisa kamu cek di laman Official Website TDTU.  

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi mengenai beasiswa luar negeri S1 yang bisa kamu coba loh sobat Meddy. Untuk informasi update mengenai beasiswa lainnya atau bantuan konsultasi beasiswa kamu bisa hubungi Mediamaz Scholar ya. Temukan informasi mengenai beasiswa luar negeri dan beasiswa lainnya di halaman resmi kami dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top