Solusi Lengkap Beasiswa Luar Negeri – Mediamaz Scholar

logo - mediamaz scholar

Mediamaz Scholar

Member Of Mediamaz Group

Halo Sobat Meddy! Beasiswa MEXT jadi favorit yang jadi incaran pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia. Jepang yang dikenal sebagai Negara Sakura menjadi pilihan untuk belajar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mereka tertarik belajar di Jepang karena Negara Matahari Terbit tersebut dianggap aman. Selain itu, orang Indonesia banyak yang tertarik dengan seni dan kebudayaan pop Jepang seperti film animasi manga misalnya.

Artikel terkait : Beasiswa MEXT Untuk Lanjutin Studi ke Jepang!

Kesukaan orang Indonesia terhadap hal-hal yang berbau Jepang mulai dari film hingga musik secara langsung maupun tidak langsung juga menumbuhkan kecintaan terhadap negara Jepang itu sendiri. Dengan demikian, mereka ingin pergi ke Jepang bukan hanya untuk belajar tapi juga mengenal lebih dalam kebudayaan Jepang. Bahkan, dengan belajar ke Jepang, orang dapat melihat dan mempunyai pengalaman secara langsung kehidupan di Jepang dengan mata dan kepala sendiri.

beasiswa mext jadi favorit

Kata dari UNESCO juga menunjukkan bahwa Jepang menempati posisi ketujuh dengan jumlah mahasiswa internasional, yakni mencapai sekitar 150 ribu. Lantas mengapa pelajar memilih Jepang sebagai negara tujuan studi?

1. Kualitas pendidikan yang tinggi

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kualitas pendidikannya terkenal sangat tinggi dan sangatlah kompetitif. Berbagai universitas dan institut di Jepang pun terkenal dengan keunggulannya dalam berbagai bidang, mulai dari teknologi, biologi, hingga kedokteran sekalipun. Popularitas ini dibuktikan dengan berbagai hasil riset yang dilakukan dan bahkan berdampak pada tingginya peringkat perguruan tinggi di Jepang dalam skala global.

2. Semua serba disiplin

Hal yang satu ini juga tidak perlu diragukan lagi. Orang-orang Jepang terkenal sangat disiplin dan teratur. Hal ini dimulai dari hal-hal kecil seperti ketepatan waktu, etika saat mengantre, dan lain sebagainya. Karenanya, menjalani hidup di Jepang akan membuat seseorang terbiasa berlaku teratur dengan tidak mengambil apa yang menjadi hak orang lain. Maka, budaya dan gaya hidup ini akan membantu membentuk kepribadian yang baik pula. Kedisiplinan yang sesuai koridor akan membuat seseorang jadi lebih stres karena tahu apa yang akan dilakukan, tapi pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, hingga menjadi lebih produktif.

Artikel terkait : Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula Paling Mudah

3. Ada kesempatan kerja bagi mahasiswa internasional

Sedang keuntungan kuliah di Jepang yang terakhir ialah adanya peluang untuk meneruskan bekerja di Jepang. Kesempatan ini terbuka cukup lebar. Hal ini justru tidak mudah diperoleh di beberapa negara lain, seperti berbagai negara di kawasan Eropa. Kebanyakan bidang pekerjaan yang dibuka adalah dalam ranah teknik, informatika, investasi perbankan, dan pendidikan. Meski begitu, beberapa bidang lainnya juga membuka kesempatan walau tidak sebesar empat bidang tersebut. Namun tak tanggung-tanggung, beberapa pekerjaan bahkan ada yang memang dikhususkan bagi mahasiswa internasional

Artikel terkait : Rahasia Sistem Pendidikan Yang Menjadikan Jepang Sebagai Negara Maju

Beasiswa MEXT jadi favorit memberikan beasiswa dengan berbagai macam fasilitas yang meliputi biaya studi hingga selesai, tunjangan/biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas. Ada beberapa program yang bisa dipilih yakni Specialized Training College (Senshu), College of Technology (Kosen), Undergraduate (Gakubu), Teacher Training (Non-gelar), Japanese Studies (Non-gelar), dan Research Students (S2, S3). Masing-masing program mempunyai persyaratan yang berbeda.

Artikel terkait : Kisah Fathia Fairuza, Pelajar Sidoarjo yang Sukses Kuliah Hingga ke Jepang dan Amerika

Sistem seleksi beasiswa mext jadi favorit dari tahap Primary Screening dan Secondary Screening. Tahap Primary Screening meliputi seleksi dokumen, ujian tulis (ujian dalam bahasa Inggris kecuali ujian bahasa Jepang), dan ujian wawancara. Sedangkan pada tahap Secondary Screening, kandidat setiap negara akan melewati seleksi akhir oleh MEXT. 

Tujuan dari program beasiswa ini yaitu pemerintah Jepang ingin memberikan kesempatan kepada para pelajar internasional untuk memperoleh pendidikan di universitas terbaik di Jepang, mempererat hubungan persahabatan yang positif dan kuat antar negara, pertukaran pelajaran melalui program beasiswa dan membangun kerjasama dengan para penerima beasiswa MEXT.

1. Specialized Training College (Senshu)

Pertama, Specialized Training College dengan masa belajar 3 tahun memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Setara dengan jejang diploma, Specialized Training College membuka pendaftaran setahun sekali pada pertengahan bulan April – akhir Mei. Pilihan jurusan yang bisa dipilih yaitu Civil Engineering, Information Processing, Cosmetology, Social Welfare, Accounting and Bookkeeping, Fashion Design, Manga and Illustration, Film dan Video, Animation, dan lainnya.

Artikel terkait : Rekomendadi Anime Studio Ghibli Untuk Belajar Bahasa Jepang 

Persyaratan mendapatkan beasiswa Specialized Training College yakni: 1) Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat; dan 3) Nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) murni minimal 80. Persyaratan nilai tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

2. College of Technology (Kosen)

Kedua, College of Technology dengan masa belajar 4 tahun adalah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan program 5 tahun untuk lulusan SMP di Jepang. Penerima beasiswa Monbukagakusho akan masuk sebagai siswa di tahun ketiga. Setelah lulus, penerima beasiswa mendapatkan gelar “Jun Gakushi” (Associate Degree). Pilihan jurusan yang ada yakni Materials Engineering, Communication and Network Engineering, Maritime Engineering, Electrical and Electronic Engineering, dan sebagainya.

Artikel terkait : Kupas Tuntas Perbanding Dua Top Beasiswa MEXT Jepang dan GKS Korea

Persyaratan mendapatkan beasiswa program College of Technology yakni: 1) Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat, jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); dan 3) Nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) murni minimal 80. Persyaratan nilai tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Undergraduate (Gakubu)

Ketiga, Program Undergraduate ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S-1. Dengan masa belajar 5 tahun, program Undergraduate memberikan pilihan jurusan yang terbagi menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Persyaratan mendapatkan beasiswa program Undergraduate yakni: 1) Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat; dan 3) Nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) murni minimal 84. Persyaratan nilai tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Teacher Training (Non-gelar)

Keempat, guru yang aktif mengajar di sekolah formal baik swasta maupun negeri merupakan sasaran program Teacher Training. Dengan masa belajar 1 tahun 6 bulan, Teacher Training membuka pendaftaran setahun sekali pada awal Desember hingga awal Januari. Program Teacher Training bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang sesuai bidangnya.

Persyaratan mendapatkan beasiswa program Teacher Training yakni: 1) Berusia maksimal 34 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Minimal lulusan S1/D4; 3) Guru di lembaga pendidikan formal (SLB, SD, SMP atau SMA dan sederajat; dan 4) Pengalaman mengajar sebagai guru di sekolah formal minimal 5 tahun.

5. Japanese Studies (Non-gelar)

Kemudian, Japanese Studies dengan masa belajar 1 tahun adalah program pertukaran pelajar yang pendaftarannya dibuka setahun sekali pada awal Desember sampai awal Januari. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang dan memperdalam pemahaman tentang kebudayaan Jepang.

Persyaratan mendapatkan beasiswa program Japanese Studies yakni: 1) Berusia maksimal 29 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Mahasiswa aktif jenjang S1 jurusan sastra/pendidikan/bahasa/budaya Jepang; 3) Minimal mahasiswa semester 3; dan 4) Direkomendasikan dari perguruan tinggi tempat belajar saat ini.

6. Research Students (S2, S3)

Selanjutnya, pada awal April hingga akhir April setiap setahun sekali, Research Students merupakan program persiapan sebelum melanjutkan ke jenjang pasca sarjana. Dengan masa belajar 2 tahun, Research Students memberikan kesempatan pada kandidat untuk dapat melanjutkan ke jenjang master/doktor apabila lulus ujian masuk universitas.

Artikel terkait : Anime Indonesia yang Menakjubkan, Sering Dikira Buatan Jepang

Persyaratan mendapatkan beasiswa program Japanese Studies yakni: 1) Berusia maksimal 34 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan; 2) Lulusan D4/S1/S2; 3) IPK diutamakan 3.2 ke atas; dan 4) Diutamakan TOEFL-PBT, ITP min. 570 / TOEFL-IBT min. 80 / IELTS min. 6.5 / TOEIC LR min. 820 / TOEIC SW min. 300 / JLPT min. N2. Persyaratan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui lebih detail dan lengkap tentang beasiswa MEXT jadi favorit,  kamu bisa mengakses situs EMB Japan. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang atau Japan Student Services Organization (JASSO).

Nah, itulah beberapa informasi terkait fakta beasiswa MEXT yang jadi favorit dan incaran pelajar internasional. Udah siap belum, nih, mengejar mimpi belajar di negeri Sakura? Jadi, tenang saja kalau kamu masih bingung untuk urus persiapan semua dokumennya, kamu bisa hubungi konsultan Meddy untuk gabung Program Kelas Persiapan Luar Negeri yang Tersebar di 20 Negara, konsultasi beasiswa, Kelas TOEFL IBT & ITPIELTS, dan TOEIC di Mediamaz Scholar. Nggak hanya itu, ada juga pelayanan terbaik lainnya dengan jaminan harga termurah se-Indonesia seperti Jasa Penerjemah TersumpahJasa TranslatorJasa Proofreading. Yuk, langsung hubungi kami by WhatsApp atau DM Ke Instagram @Mediamazscholar. Thanks ya Sob!

Mediamaz Translation Service telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
Scroll to Top