Beasiswa Pemerintah Rusia

Peluang Banget! Beasiswa Ini Bisa Buat Kamu Kuliah Gratis di Negeri Beruang Merah

Bagi kamu yang selalu menunggu informasi seputar beasiswa, pastinya ketika ada berita penerimaan beasiswa langsung buru-buru senang dan semangat untuk cari tahu lebih dalam lagi, kan? Nah, di artikel ini Meddy mau menginformasikan salah satu beasiswa pascasarjana di rusia yang fenomenal! Kenapa fenomenal? Karena, beasiswa ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah rusia lho. Buat kamu yang berniat untuk merasakan kuliah di rusia. Yuk, kita bahasa beasiswa rusia yang dimaksud. Stay tune!

Beasiswa di Rusia

beasiswa-luar-negeri
Pict Originally By Pixabay.com

Apa yang sobat Meddy pikirkan ketika dengar kata “Rusia”, apakah presiden nya yang dikenal sebagai sebagai kepala negara paling seram? Atau teringat kartun Masha and The bear?. Tahukah kamu bahwa Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki destinasi yang indah. Salah satu termpat yang sering didatangi oleh para turis wisatawan adalah Benteng Kremlin di Moscow dan Red Square nya yang sangat cantik kalau dilihat malam hari. Namun, tahukah kamu bahwa tidak hanya destinasi di Rusia saja yang menjadi alasan para turis datang.

Pendidikan di negara Rusia ini juga diperhatikan lho! Menurut pemerintah Rusia, pendidikan merupakan pilar atau fondasi utama untuk membentuk rakyat yang siap ‘tempur’. Wah, terdengar menakutkan ya! Namun, karena pola pikir masyarakat yang menjunjung tinggi pendidikan, maka dari itu banyak beasiswa-beasiswa yang diselenggarakan pemerintah rusia bagi warganya atau bagi warga asing yang berminat untuk merasakan sistem belajar di Rusia.

Pemerintah Rusia telah membuka pendaftaran beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 bagi mahasiswa asing untuk tahun ajaran 2022/2023. Setiap tahun, memang pemerintah Rusia biasa membuka pendaftaran program kuliah berbeasiswa untuk para mahasiswa asing termasuk Indonesia.

Baca Juga : Beasiswa LPDP untuk Kamu yang Mau Belajar di Rusia, Yuk Disimak!

Beasiswa Pascasarjana

Beasiswa rusia memiliki  jumlah kuota yang diberikan untuk pelajar Indonesia selama beberapa tahun terakhir terhitung sebanyak 161 orang. Periode pendaftaran beasiswa Pemerintah Rusia biasanya dibuka setiap bulan Desember atau Januari. Namun, menariknya kali ini dimulai lebih cepat loh!

Semua jenjang pendidikan untuk mahasiswa asing akan didahului program bahasa Rusia di fakultas persiapan (podgotovitelby fakultet atau podfak) selama setahun. Untuk memilih program studi, calon mahasiswa bisa melihatnya di kolom Direction of training. Pada bagian University List, masukkan enam universitas dan urutkan sesuai dengan skala prioritas. Lalu, pilih bahasa yang dikuasai dan tingkat kemahirannya pada bagian Language Proficiency. Pastikan pula memberikan centang pada opsi Need to study at the preparatory department (faculty). Sekadar mengingatkan, Deadline untuk pengumpulan berkas sampai 1 November 2021.

Cakupan Beasiswa:

Kemudian, untuk cakupan beasiswa yang akan diberikan sebagai berikut:

  1. Tuition fee
  2. Biaya persiapan bahasa

Persyaratan Dokumen Beasiswa di Rusia

Berbeda denagn persyaratan beasiswa di Rusia sangatlah mudah asal masih ada kuota yang tersisa untuk sobat Meddy. Tahapan terakhir yang harus kamu persiapkan adalah dokumen, berikut persyaratan dokumennya:

    1. Form aplikasi (education-in-Russia.com
    2. Paspor (masa berlaku tidak kurang dari 3 tahun saat pendaftaran)
    3. Ijazah (yang dilegalisir) nilai rata-rata 8,5 (S1) dan IPK minimal 3,00 (S2 & S3)
    4. Transkrip nilai (S2 & S3)  yang dilegalisir
    5. Akte kelahiran
    6. Medical Certificate (yang memiliki riwayat penyakit TBC, HIV/AIDS dan Hepatitis tidak diperbolehkan)
    7. Surat pernyataan dan pendanaan
    8. Surat jaminan
    9. Motivation Letter
    10. Abstrak
    11. Kartu Keluarga
    12. Khusus S3 diwajibkan mengupload surat resmi dari kampus dan profesor yang dituju (Rusia)

Baca Juga : Lomonosov Moscow State University adalah ITB nya Rusia? Simak Ulasannya!

Selain itu, untuk mendaftar perkuliahan atau beasiswa Rusia, kamu tidak perlu menguasai bahasa Rusia terlebih dahulu. Karena setibanya di rusia kamu akan diberikan waktu selama 1 tahun untuk belajar bahasa Rusia. Dan pastinya ini adalah salah satu program yang diberikan oleh mahasiswa asing dari pemerintah Rusia. Hal lain yang memudahkan para calon mahasiswa adalah kamu tidak perlu untuk melakukan tes atau ujian masuk! Karena persyaratan yang diwajibkan adalah nilai rata-rata mu harus mendapatkan nilai 7 atau B. Unituk mendapatkan visa pun, kamu tidak perlu membayar dana deposit atau menunjukkan bukti gaji seperti beasiswa-beasiswa lain. Persyaratan beasiswa Rusia ini terbilang cukup mudah daripada beasiswa lainnya lho! Jadi tidak heran kalau tanpa kalian tahu, ternyata banyak orang indonesia yang memilih beasiswa Rusia ini.

Fakultas dan Jurusan yang di Tawarkan di Beasiswa Pascasarjana

Berikut Meddy akan berikan sejumlah fakultas di universitas-universitas Rusia:

1. Teknik

  1. Teknik Mekatronika dan robotik
  2. Teknik Nuklir
  3. Teknik Perkapalan
  4. Teknik Mesin
  5. Teknik Kimia
  6. Teknik Nanoteknologi
  7. Teknik Elektro
  8. TeknikMaterial
  9. Teknik Sipil
  10. Teknik Lingkungan

2. Ilmu Alam (Science)

  1. Matematika
  2. Biologi
  3. Fisika
  4. Geologi
  5. Kimia
  6. Astronomi
  7. Geografi

3. Humanities

  1. psikologi
  2. jurnalisme
  3. filosofi
  4. sosiologi
  5. humaniora
  6. Advertising & Public Relation
  7. Sports
  8. Mass Communication

4. Manajemen dan Bisnis

  1. HumanResource
  2. Ekonomi
  3. Perhotelan
  4. Akuntansi

Beasiswa pascasarjana ini bisa kamu dapatkan dengan dua jalur. Ada beasiswa jalur universitas di Rusia, keuntungan mendaftar beasiswa jalur ini adalah kamu akan mengetahui universitas mana yang akan kamu tuju. Dan, untuk jalur beasiswa lainnya adalah melalui PKR atau Pusat Kebudayaan Rusia. Untuk jalur ini, pastinya akan ada regulasi yang berubah-ubah. Untuk itu selain mencari informasi di sini, cobalah untuk mencari informasi lebih lengkap di laman aslinya  Di sini

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai beasiswa Pemerintah Rusia 2021. Setelah kamu melihat informasi diatas, apakah kamu berniat untuk mencoba beasiswa rusia ini? Jika kamu mau mendaftar beasiswa tersebut, yuk persiapkan segala dokumen nya! Masih bingung perihal dokumen? Tenang! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top