beasiswa

Persiapkan Dirimu Untuk Beasiswa Pemerintah Rusia 2022, Segera Dibuka Loh Tahun ini!

Rusia merupakan negara yang memiliki populasi penduduk terbanyak di dunia dan menempati posisi urutan ke-9 menurut Worldometer (2016) dengan 146 juta jiwa penduduk. Dengan informasi demografi yang ditunjukkan. Bukan tidak mungkin, jika negara Rusia sangat menginginkan peningkatan yang ingin disegerakan. Baik itu dari segi sosial, budaya, politik, ekonomi dan terkhususnya di bidang pendidikan dan memberikan akses beasiswa rusia 2022. Kontribusi yang diberikan negara Rusia untuk dunia global terus diupayakan. Salah satunya melalui bidang pendidikan. Usaha dan upaya oleh pemerintah dalam meningkatkan sektor pendidikan yang dimaksud adalah penyelenggaraan beasiswa Rusia untuk tahun 2022. Dengan menyiapkan beasiswa, pemerintah Rusia secara langsung maupun tidak langsung akan ikut berpartisipasi mendukung peningkatan sistem pembelajaran dalam negeri dan luar negeri.  

Pada kesempatan kali ini, Meddy ingin ngasih info ke kalian semua loh tentang informasi beasiswa Rusia tahun 2022 yang akan dibuka tahun ini. Selain itu, Meddy juga ingin ngasih info tentang cara mendaftar, berkas-berkas yang harus disiapkan, timeline pendaftaran, cakupan beasiswa, serta syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mendaftar beasiswa Rusia 2022.

beasiswa rusia 2022

Beasiswa Rusia yang Akan Buka Tahun 2022

Negara yang memiliki bentang wilayah 175.215.150 km dengan luasan kekuasaan yang menyelimuti eropa timur hingga asia utara ini bisa disebut-sebut sebagai negara adidaya kedua selain negara Amerika Serikat loh! Bagaimana tidak? Negara Rusia mempunyai banyak sumber daya yang dikelola. Sumber daya alam hingga sumber daya manusianya diperhatikan dengan sangat baik. Pemerintah selaku pemegang kekuasaan tertinggi yang mempunyai otoritas mengatur dinamika masyarakat ini tentunya tidak ketinggalan memikirkan bagaimana caranya agar warga negara Rusia bisa bersekolah hingga ke tahapan universitas.

Namun jangan khawatir sobat Meddy. Pemerintah tidak hanya memberikan beasiswa ke masyarakat lokal nya saja, melainkan kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki niatan berkuliah dan bersekolah di Rusia juga bisa ikut mendaftar Beasiswa Rusia tahun 2022 yang saat ini akan segera dibuka! 

Sebagai tuntutan dunia global dalam konferensi SDG’s (Sustain Development Goals) yang diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya. Negara Rusia akan ikut membantu peningkatan indeks peningkatan kapasitas hidup masyarakat yang salah satu indikatornya adalah Pendidikan. Bidang pendidikan bagi pemerintah Rusia bagai hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Sehingga dalam hal ini, untuk lebih memajukan sistem pendidikan pengajaran negara Rusia dan memperkenalkan metode pembelajaran negara Rusia. Pemerintah Rusia di tahun ini memberikan kesempatan kepada masyarakat internasional, salah satunya adalah warga negara Indonesia untuk ikut mendaftar beasiswa rusia 2022 yang akan diselenggarakan pada bulan November loh !

Baca Juga : Beasiswa HSE University Rusia 2022

beasiswa 2022

Beasiswa Pemerintah Rusia 

Pemerintah Rusia setiap tahunnya akan menyelenggarakan dan menawarkan beasiswa kepada pelajar lokal dan pelajar internasional untuk mendaftar dan ikut berpartisipasi dalam kontestasi kegiatan memajukkan sistem pembelajaran Negara Rusia. Beasiswa yang ditawarkan meliputi sekolah S1-S2 dan S3. Bagi sobat Meddy yang ingin mendaftarkan beasiswa pemerintah Rusia tahun 2022 ini diwajibkan belajar maksimal hingga 4 tahun ya! untuk S2 sobat Meddy akan diberikan batas maksimal waktu 2 tahun dan sobat Meddy yang ingin mendaftar beasiswa untuk sekolah S3, maka beasiswa pemerintah Rusia akan menyanggupinya sampai 5 tahun ya!

Adapun tujuan pemberian beasiswa  kepada warga negara internasional ini selain untuk ikut berpartisipasi dalam memenuhi tuntutan dunia global. Melainkan juga sebagai ajang kerja sama kepada negara-negara sahabat negara Rusia yang memiliki hubungan diplomatik, hubungan dagang, dan hubungan kerja sama lainnya. Dengan penyelenggaraan beasiswa ini tentunya, antar hubungan dari negara-negara tersebut hubungannya akan semakin erat.

Saat ini, pelajar dari negara Indonesia yang melakukan studi pembelajaran di negara Rusia hampir mencapai 300 orang loh sobat Meddy! bukan angka yang terbilang kecil untuk pendaftaran beasiswa bukan? Untuk tahun kemarin, yang menerima beasiswa dari pelajar Indonesia mencapai 150 orang loh! Tentunya, ini adalah kesempatan emas bagi sobat Meddy yang ingin mengeksplorasi negara Rusia dengan melakukan studi belajar di negara tersebut.

Timeline Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Rusia

Biasanya, beasiswa pemerintah Rusia dari tahun-tahun sebelumnya buka di awal Desember hingga Januari. Untuk tahun-tahun ini, pemerintah Rusia memberikan informasi lebih lanjut terkait jadwal yang akan diselenggarakan pada tahun 2023. Jadwal ini mengikuti jadwal ditahun sebelumnya saat beasiswa pemerintah Rusia 2022. Adapun jadwal tersebut adalah sebagai berikut :

1 September 2022 – 1 November 2022 (Pendaftaran)

Cakupan Beasiswa 

Mungkin banyak pertanyaan yang terlintas dipikiran sobat Meddy tentang cakupan beasiswa pemerintah Rusia yang ditawarkan? Sobat Meddy jangan khawatir ya! Tentunya, beasiswa yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah akan meruanglingkupi hidup kamu dan membantu kamu untuk bisa bertahan hidup di negara Rusia. Adapun cakupan dari beasiswa pemerintah Rusia sebagai berikut :

  • Biaya tunjangan hidup sehari-hari
  • Biaya kursus bahasa
  • Bebas biaya kuliah dengan pilihan universitas dan jurusan yang Kamu Inginkan

Syarat Pendaftaran Beasiswa 

Untuk melakukan pendaftaran pada beasiswa pemerintah Rusia tidak terlalu susah kok sobat Meddy! kalian hanya perlu menyanggupi dan menyiapkan beberapa dokumen yang harus kalian lengkapi. Adapun syarat pendaftaran ini akan ditunjukkan juga kepada siswa sekolah, dan mahasiswa kuliah yang sudah lulus S1, S2 dan S3. Adapun syarat mendaftar beasiswa pemerintah Rusia untuk tahun ini adalah sebagai berikut ya sobat Meddy!

  • Menyiapkan berkas dokumen pendaftaran 
  • Mendaftar beasiswa pemerintah Rusia secara mandiri
  • Bersedia membayar untuk proses dokumen pengiriman ke negara Rusia
  • Bersedia untuk melakukan proses wawancara di pusat kebudayaan Rusia, Jakarta.
  • Bagi siswa yang ingin mengikuti program S1, persiapkan nilai Ijazah SMA/SMK dengan nilai raport SMA/SMK minimal 8,5. Untuk program S2, persiapkan nilai ijazah kuliah kalian minimal dengan IPK 3,2. Untuk program S3, kalian harus menjadi lulusan program S2 dari negara Rusia terlebih dahulu.
  • Bersedia mengikuti pelatihan bahasa rusia selama 1 tahun untuk pendaftaran sekolah S1-S2 ataupun S3.
  • Bersedia untuk komitmen belajar dengan sungguh-sungguh jika resmi diterima oleh beasiswa pemerintah Rusia

Tata Cara Mendaftar Beasiswa 

Sebelum kamu siap untuk mengikuti beasiswa pemerintah Rusia tahun ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tata cara mendaftar beasiswa pemerintah Rusia ya Sobat Meddy ! untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa tahapan dan melalui beberapa jalan yang akan aku coba jelasin dibawah ini ya!

  1. Melakukan tahap registrasi di website https://education-in-russia.com/
  2. Isikan formulir pendaftaran diri kamu 
  3. Login ke email kamu dan verifikasi email kamu
  4. Masuk ke profile
  5. Pilih My Application
  6. Isikan formulir mu dengan minat jurusan dan fakultas yang ingin kamu daftar
  7. Kamu sudah mendaftarkan dirimu untuk Apply Beasiswa loh
  8. Kamu juga bisa cek info selengkapnya tentang pendaftaran beasiswa pemerintah tahun 2022 di sini

Kelengkapan Persyaratan Dokumen Pendaftaran Beasiswa 

Adapun kamu juga harus melengkapi berbagai macam persyaratan-persyaratan kelengkapan dari dokumen yang akan kamu ajukan. Tentunya ini berkaitan dengan profil data diri kamu dan background latar belakang keluarga kamu. Setidaknya, kamu harus mengolah dokumen pendaftaranmu sebagai berikut ya sobat Meddy!

  1. Fotocopy Ijazah terakhir
  2. Fotocopy Paspor
  3. Sertifikasi dokumen kesehatan (surat pernyataan bahwa kamu sehat jasmani)
  4. Fotocopy akte kelahiran
  5. Foto berwarna dengan latar belakang warna putih
  6. Surat pernyataan orang tua atau wali yang menyatakan mengizinkan kamu mengikuti program beasiswa

beasiswa rusia 2022

Bagaimana Meddy Bisa Membantu Sobat?

Apabila sobat Meddy membutuhkan layanan seperti konsultasi beasiswa, membantu mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk kegiatan beasiswa di luar negeri. Mediamaz Scholar adalah solusi yang tepat untuk membantu sobat semuanya.

Mediamaz Scholar hadir dan senang untuk membantu sobat Meddy dalam mengikuti proses persiapan menuju masa depan yang cerah dan menambah pengalaman baru. Dengan hadirnya penerjemah tersumpah yang sudah berpengalaman dalam menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, sobat Meddy tak perlu pusing mempersiapkan kelengkapan dokumen. Cek layanan kami disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top