aspek-sosial

Tempuh Pendidikan di Korea Melalui GKS 2022

Drama korea memang asik untuk mengisi waktu luang kita nih. Tau ga sih, selain serial televisinya, pendidikan di Korea juga ga kalah bagusnya. Bayangin aja kamu menuntut ilmu dengan suasana di drama pasti seru deh. Kabar yang lebih bagusnya lagi, ada beasiswa Global Korea Scholarship di Korea yang masih on going statusnya dan bisa kamu ikuti sekarang nih. Tanggal pendaftaran bergantung pada setiap universitas yang dituju. Namun, rata-rata universitas di Korea buka pendaftaran mulai dari tanggal 4 April 09:00 AM (KST) hingga 22 April 18:00 (KST) 2022. 

Kenapa Memilih Kuliah di Korea Selatan

Berikut ini beberapa asalan kenapa sobat Meddy wajib mempertimbangkan Korea Selatan sebagai negara tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Lulusan universitas Korea Selatan memiliki gelar yang diakui secara internasional.
  2. Negara Korea Selatan merupakan pusat dari berbagai inovasi dan kemajuan teknologi. Dengan berbagai inovasi dan kemajuan teknologi yang dimilikinya, Korea Selatan mengubah ekonominya dari salah satu negara termiskin di dunia menjadi salah satu yang paling makmur selama beberapa dekade terakhir.
  3. Tidak seperti Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jepang, dan Australia yang mahal, universitas dan lembaga pendidikan di Korea Selatan menawarkan berbagai pelatihan berkualitas tinggi di lingkungan yang menguntungkan tanpa membebankan biaya yang berat.
  4. Selain biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif rendah, beberapa program beasiswa adalah motivasi lain untuk melanjutkan studi di Korea Selatan. Ini sudah termasuk pembebasan biaya kuliah, mencakup tiket penerbangan pulang pergi dan tunjangan lainnya.
  5. Sebagai siswa internasional, sobat Meddy memiliki kesempatan untuk mencari pekerjaan paruh waktu untuk mendanai pendidikannya di Korea Selatan.
  6. Korea adalah surga bagi para pecinta makanan. Ada begitu banyak jenis makanan lezat yang menggoda dengan aroma dan tekstur yang luar biasa tersebar di semua tempat. Sobat Meddy tidak akan pernah kehabisan pilihan. Dari Kimchi yang nikmat dan Haejangguk yang gurih hingga Japchae yang sehat dan Naengmyeon.
  7. Sebagian besar universitas di Korea Selatan mengadakan pelajaran bahasa Korea di samping mata pelajaran utama mereka. Sobat Meddy juga dapat memilih pusat pembelajaran publik atau swasta yang menawarkan kelas bahasa Korea. Dan dapat memilih kursus bahasa Korea mulai dari tingkat pemula hingga mahir, tergantung pada pengetahuan bahasa Korea sobat Meddy saat ini. Kelas ini pun ada yang gratis dan berbayar.
  8. Setelah menyelesaikan studi, sobat Meddy memiliki kesempatan untuk tinggal di Korea Selatan dan mencari pekerjaan. Undang-undang di sana mengizinkan siswa internasional untuk menetap selama mereka ingin tinggal, tetapi sobat Meddy memang memerlukan visa yang valid.

Persyaratan Global Korea Scholarship

  1. Bukan merupakan Warga Negara Korea. Pendaftar wajib memiliki kewarganegaraan selain Korea. Bagi siswa yang memiliki ayah/ibu Warga Negara Korea tidak dapat mendaftar program ini.
  2. Sudah atau akan lulus SMA dalam waktu dekat. Siswa yang akan lulus dalam waktu dekat wajib mengirimkan sertifikat yang menyatakan bahwa siswa tersebut akan segera lulus.
  3. Memiliki nilai yang cukup. Peserta diharapkan memiliki nilai rata-rata setidaknya 80 atau masuk ke dalam ranking 20 besar di kelas.
  4. Berumur tidak lebih dari 25 tahun (minimal lahir setelah 1 Maret 1997)
  5. Sehat jasmani dan Rohani. Pendaftar wajib menunjukan surat yang menyatakan bahwa dirinya bebas dari narkoba. Serta pendaftar tidak sedang menderita gangguan mental yang tidak memungkinkan untuk belajar di Korea.

Tunjangan

  1. Biaya pendidikan. Pihak penyelenggara akan memberikan peserta beasiswa tunjangan pendidikan meliputi biaya tes dan sekolah bahasa yang akan ditempuh sebelum masuk ke universitas, hingga biaya perkuliahan peserta.
  2. Asuransi kesehatan
  3. Uang saku sebesar KRW 900,000 per bulan 
  4. Biaya Transportasi. Mencakup biaya perjalanan menuju Korea berupa tiket pesawat kelas ekonomi, serta perjalanan saat penerima beasiswa menuju lokasi tempat tinggal di Korea
  5. Tempat tinggal. Peserta akan mendapatkan tunjangan tempat tinggal senilai 200,000 KRW

Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Form application
  2. Personal Statement
  3. Study Plan
  4. Surat rekomendasi dari sekolah
  5. SUrat persetujuan
  6. Penilaian medis pribadi
  7. Akta lahir
  8. Fotocopy surat kependudukan 
  9. Ijazah
  10. Transkrip nilai

Note:

  1. Dokumen-dokumen resmi diharapkan sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah ke Bahasa Inggris atau Korea.
  2. Dokumen yang dikumpulkan tanpa keterangan fotocopy haruslah dokumen asli dan dokumen-dokumen fotocopy harus merupakan dokumen fotocopy yang sudah dilegalisir.

Dokumen Opsional untuk Seleksi Global Korea Scholarship:

  1. Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris atau Korea. Pendaftar yang memiliki sertifikat TOPIK (Test of Proficiency in Korean) minimal level 3 akan memiliki plus point sebanyak 10%
  2. Paspor
  3. Fotocopy penghargaan 

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link disini. Jika halaman termuat dalam bentuk Bahasa Korea, kamu bisa pilih tulisan “English” atau “Other Language: kemudian :Indonesia” di pojok kanan atas website. 

Pertimbangan Pihak Penyelenggara Global Korea Scholarship

Penilaian terhadap dokumen pendaftar dilakukan oleh panitia berbeda dari pihak penyelenggara. Namun, jika ternyata terdapat beberapa pendaftar memiliki kesetaraan dalam penilaian, maka pihak penyelenggara akan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Memiliki keturunan Korea (dari nenek dan sebagainya)
  2. Berasal dari keluarga yang kurang mampu
  3. Mendaftar ke Natural Science and Engineering department
  4. Memiliki prestasi tingkat nasional
  5. Memiliki sertifikat kemahiran bahasa.

Baca juga: Mau Tinggal di Korea Selatan? Kamu Wajib Tahu Deretan Faktanya!

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Untuk terjemahan dokumen-dokumen persyaratan beasiswa dan konsultasi beasiswa, kamu bisa percayain itu ke Mediamaz Scholar untuk proses yang lebih efektif, aman, dan terpercaya loh. Mediamaz Scholar sudah memiliki banyak pengalaman dalam konsultasi beasiswa dan memiliki banyak penerjemah tersumpah yang tentunya profesional. Tunggu apa lagi? kamu bisa hubungi Mediamaz Scholar di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top